Selasa, 16 Juli 2019

AdvertisementGenmuda – Smartphone jadi barang wajib yang pasti dibawa-bawa sama Kawan Muda setiap hari. Mau kamu pergi ke sekolah, kampus, kantor, atau cuma ke kamar mandi doang, mungkin kurang lengkap kalo gak bawa smartphone.

Kebutuhan gaya hidup milenial yang serba digital emang jadi alasan kuat buat nemuin smartphone ideal ‘yang kamu banget’. Gak lucu dong, kalo dikit-dikit smartphone lowbat, kamu selalu bawa charger, pusing cari colokan, sering nge-lag, dan hal-hal ribet lainnya. Yakan?

Nah, tepat di bulan kasih sayang ini, Samsung baru aja merilis smartphone anyar mereka yang tau banget sama kebutuhan kamu, namanya Samsung Galaxy M20. Penasaran seperti apa spesifikasi dan performanya? Langsung aja simak review lengkapnya di bawah ini!

Unboxing

Samsung bisa dibilang gak setengah-setengah buat kasih kamu smartphone kece dengan harga terjangkau. Dari segi kemasan sih gak terlalu spesial, tapi begitu boxnya dibuka kamu bakalan ‘paham’, kenapa smartphone ini layak diperhitungkan.

Unit smartphonenya masih terbungkus rapih. Di sini Samsung membekali perangkat M20 dengan sebuah earphone, kabel USB type-C, dan adapter fast charging. Yup, meski harganya relatif terjangkau, tapi teknologi fast charging yang identik dengan smartphone premium bisa kamu rasain di Samsung Galaxy M20.

Desain

©Genmuda.com/2019 Liki
©Genmuda.com/2019 Liki

Mengusung layar 6,3 inch panel PLS TFT dengan resolusi Full HD+ (2.340 x 1080 pixel) menghasilkan kualitas gambar dan warna yang gak bikin mata kamu sakit. Seperti halnya tren smartphone kekinian, ini adalah smartphone pertama Samsung yang mengusung desain layar berponi atau yang mereka sebut infinity-V desain. Tepat di posisi poninya terdapat kamera selfie dengan resolusi 8 MP.

Untuk memudahkan saat digenggam tangan kamu, di samping kanan terdapat tombol volume dan kunci. Sedangkan di sisi kiri terdapat slot micro SD up to 512 GB dan Dual SIM Card. Bergeser ke sisi bawah terdapat jack audio 3,5mm, microphone, dan speaker.

©Genmuda.com/2019 Liki
©Genmuda.com/2019 Liki

Lanjut ke bagian belakang terdapat dual kamera di kiri atas lengkap dengan lampu flash. Persis di atas logo Samsung terdapat finger print yang letaknya pas dengan posisi jari telunjuk kita.

Body M20 dilapisi oleh plastik polikarbonat. Tapi bukan berarti tampilannya keliatan cupu ya, karena finishing glossy-nya bikin tampilan smartphone tetep kelihatan kece dan gak murahan. Bobotnya sendiri relatif ringan yakni 186 gram. Singkatnya desain yang ditawarkan cocok buat gaya anak milenial.

User Experience

©Genmuda.com/2019 Liki
©Genmuda.com/2019 Liki

Pertama kali Genmuda.com mengoperasikannya, M20 berjalan cukup mulus. Dibekali sistem operasi Android 8.1 Oreo dengan user interface Samsung Experience 9.5 kamu bakal familiar sama sistem navigasi yang ditawarkankan. Sejumlah aplikasi bawaan dari Samsung, Google, dan Office juga telah terpasang di dalamnya.

Untuk dapur pacu Galaxy M20 menggunakan prosesor Exynos 7904 octa-core dengan RAM 3GB. Untuk ukuran kelas dan kompetitornya, performa M20 jelas gak bakal ngecewain kamu. Sejumlah aplikasi populer di kalangan anak milenial berjalan mulus tanpa nge-lag. Asli.

Kebutuhan multimedia seperti ngedit foto atau video dan main video game juga oke dijajal di Galaxy M20. Menariknya lagi nih untuk game-game berat, terdapat fitur game launcher yang bisa mengatur performa di tiap-tiap game, mau fokus di performa, penggunaan baterai, atau keduanya.

Sebagaimana Genmuda.com singgung sebelumnya, M20 juga kasih kamu ‘baterai badak’ berkapasitas 5.000 mAh yang diklaim bisa tahan selama 17 jam untuk memutar video atau streaming nonton drama Korea kesukaan kamu dari smartphone, dan tahan hingga 28,8 jam untuk talk time.

Saat dites dalam kondisi 100 persen, baterai M20 hanya berkurang 43 persen dalam durasi 6 jam untuk penggunaan game PUBG sampai browsing media sosial. Tentunya semua tergantung sama penggunaan kamu ya.

Didukung teknologi fast charging, pada kondisi baterai 0 persen akan terisi penuh dengan waktu sekitar 2,5 jam. Pastinya kapasitas baterai yang gede jadi nilai lebih yang bikin kamu masuk dalam golongan #SobatAntiLowbat. Mantul!

Terus kameranya gimana Genmuda.com? Santai gengs, kamera utama Samsung M20 juga udah tau kok sama kebutuhan kamu. Dilengkapi dual kamera (13 MP / f 1.9 dan 5 MP / f 2.2) akan membantu kamu dapetin gambar terbaik. At least, gak bakal ngecewain buat dipamerin di media sosial deh.

Mode panorama, profesional, beauty, live focus (untuk hasil bokeh), auto, sticker, dan continuous shot jadi fitur unggulan yang bisa kamu coba di kamera utama Galaxy M20. Misalnya kamu mau foto bareng sama geng kamu di ruangan sempit juga gak usah worry, karena smartphone ini udah dilengkapi dengan lensa Ultra Wide 120’. Untuk foto di malam hari ada juga dukungan low light camera yang membantu kamu menangkap gambar lebih jelas dan cerah dalam kondisi minim cahaya.

©Genmuda.com/2019 Liki
Hasil foto live focus pada Samsung Galaxy M20

Samsung M20 juga mendukung resolusi video hingga Full HD (1920×1080). So far, cukup pas lah buat ngerekam video untuk kebutuhan konten media sosial. Namun untuk mengurangi guncangan, Genmuda.com menyarankan kamu untuk menggunakan bantuan tripod.

Untuk urusan kamera selfie Samsung M20 menggunakan lensa 8MP. Fitur live fokus akan membantu kamu mendapatakan foto latar yang dibuat bokeh, sedangkan fitur selfie dan sticker jelas cocok buat kamu, khususnya cewek, yang pengen punya selfie terbaik atau selfie ‘unyu-unyu’.

Wrap-up

©Genmuda.com/2019 Liki
©Genmuda.com/2019 Liki

Di atas kertas Genmuda.com ngerasa kalo Samsung M20 punya performa yang menjanjikan di kelasnya. Hadir dalam dua varian warna, Blue Ocean dan Charcoal Black desain yang ditawarkan terlihat kekinian dan gak terkesan murahan.

Besarnya kapasitas baterai hingga 5.000 mAh dan teknologi fast charging turut mendukung perfoma smartphone untuk kebutuhan multimedia kamu sehari-hari. Hematnya kamu juga gak perlu repot-repot buat keseringan nge-cas dan bakal selalu siap jadi #SobatAntiLowbat.

Di Indonesia, Samsung Galaxy M20 dibanderol seharga 2,7 jutaan. Perangkat ini juga udah tersedia dalam program flash sale di sejumlah e-commerce tanah air seperti Lazada, BliBli, dan JD.id pada tanggal 14-21 Februari 2019. Jadi udah tau dong smartphone yang bisa menjawab semua kebutuhan dengan harga murah? Kalo mau jadi #SobatAntiLowbat langsung aja klik di sini.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.