Rabu, 12 Desember 2018

Genmuda – Tren me-reboot karya lawas nampaknya masih jadi peluang cukup menjanjikan buat berbagai perusahaan film hingga teknologi. Setelah tahun lalu Nintendo me-reboot konsol NES dan SNES dalam bentuk mini, sekarang giliran Sega yang jajal cara serupa.

Dalam acara Sega Fest 2018, Sabtu (14/4), pemain lama dalam bisnis video game asal Jepang itu mengkonfirmasi akan membuat Mega Drive Mini dalam rangka memperingati 30 tahun konsol tersebut. Nantinya reboot Mega Drive Mini bakal mengusung fitur ‘plug and play’ alias tinggal lo colok doang ke TV.

Belum ada kepastian kapan dan games apa aja yang akan nongol dalam paket bundling Mega Drive Mini. Belajar dari kasus NES dan SNES, Sega kayaknya bakal memasukan puluhan game populer mereka, mengingat konsol mini yang di-reboot lebih dianggap sebagai barang koleksi.

Barang kali lo belum tau, Sega pertama kali merilis Mega Drive di Jepang pada 29 Oktober 1988 dan di Amerika pada 14 Agustus 1989. Pada kejayaannya konsol dengan dominasi warna hitam itu terjual sebanyak 30 juta unit di seluruh dunia.

Dan sebagaimana Genmuda.com pernah tulis, Sega Mega Drive mini gak akan dibuat langsung oleh Sega, mereka ngasih lisensi ke ATGames selaku produsen dari Tiongkok untuk ngebuat konsol ini. Bahkan Sega Mega Drive udah dijual sejak tahun 2012 lalu dan hingga saat ini udah beberapa kali direvisi oleh ATGames.

Selain kabar tersebut dalam acara itu Sega juga resmi memasukan 15 games klasik mereka yang tersedia untuk Nintendo Switch pada musim panas 2018. “Sonic”, “Phantasy Star” hingga “Thunder Force IV” jadi tiga game teratas yang dibawa oleh Sega, sedangkan sisanya akan diinformasikan lebih lanjut.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.