Senin, 11 Desember 2017
HiburanSeleb

Saking Ikoniknya, 7 Artis Ini Kebagian Peran yang Sama di Banyak Film

Fedi Nuril (tengah) didampingi aktris Laudya Cynthia Bella (kiri) dan Raline Shah (kanan) menghadiri Gala Premier "Surga Yang Tak Dirindukan," Juli lalu. (Sumber. ANTARA FOTO)

Genmuda – Kawan Muda percaya gak kalo akting keren aktor atau aktris berdampak buat waktu yang lebih lama daripada project filmnya? Karakter yang diperanin dengan baik pasti nempel terus sama pemerannya.

Misalnya, Tom Hanks yang berkali-kali meraih peran kapten, baik itu kapten tentara, kapal penangkap udang, kapal kargo, atau kapal terbang. Tessa Thompson lain lagi. Karakter cewek angkuh udah melekat di sosoknya.

Situasi Hollywood dan industri perfilman Indonesia gak jauh beda. Artis Indonesia yang sukses peranin sebuah karakter pasti ditawarin main film lain dengan peran serupa. Misalnya aja, artis-artis kayak di bawah:

1. Fedi Nuril: Cowok di antara lebih dari satu cewek

via ayatayatcinta2.com
Fedi Nuril (cowok sendiri) di antara aktris “Ayat-Ayat Cinta 2” (Sumber: ayatayatcinta2.com)

Karena akting pasnya di “Ayat-Ayat Cinta” (2008), Fedi Nuril dipanggil lagi sebagai cowok di antara banyak cewek. Kadang, sampe menjalin cinta segi banyak, kayak di “5 CM” (2012) dan “Surga yang tak Dirindukan” (2015).

Padahal, akting doi sebagai cowok cool setia kawan juga keren, kok. Misalnya, saat cowok kelahiran 1982 itu pertama dikenal luas lewat film “Mengejar Matahari” (2004). Wajib kamu tonton.

2. Dian Sastro: Cewek tipikal ketua OSIS

via Istimewa
Dian Sastro berperan sebagai Kartini. (Sumber: Istimewa)

Kayak apa sih karakter ketua organisasi itu? Pastinya cerdas dan tegas. Kebayang dong sosok Cinta di “Ada Apa dengan Cinta” pertama (2002) dan kedua (2016). Karakter itu pun Dian Sastro ke film “Kartini” (2017).

Namun demikian, alumni jurusan Filsafat UI itu juga bisa berakting karakter merana. Coba deh nonton “Pasir Berbisik” (2001). Akting Dian nge-feel dan nyatu banget sama aktris senior Christine Hakim.

3. Adinia Wirasti: Cewek tangguh

via grid.id
Adinia Wirasti. (Sumber: grid.id)

Lulusan New York Film Academy ini sukses nampilin karakter cewek keras waktu jadi Karmen di film “AADC” pertama dan kedua. Karakter yang gak jauh beda juga dia peranin di film “Critical Eleven” (2017).

Akting doi sebagai karakter berwatak lembut dan asik juga keren, kok. Salah satunya, di film “Cek Toko Sebelah” (2016), ketika doi peranin Ayu, seorang istri kalem yang tabah hadapi suami bersumbu pendek.

4. Nicholas Saputra: Cowok pendiam yang puitis

©Genmuda.com/2017 Fanny
©Genmuda.com/2017 Fanny

Karakter pendiam dan puitis melekat pada akting Nicholas Saputra juga karena film “AADC.” Waktu itu, doi berperan sebagai Rangga. Sosok pendiam macam itu pun kebawa-bawa hingga film “Gie” (2005) dan “Interchange” (2016).

Kalo pengen ngeliat sosok lain cowok kelahiran 1984 itu, langsung aja nonton “Janji Joni” (2005).  Doi berperan sebagai pengantar rol film bioskop (pekerjaan yang sekarang kayanya udah punah) yang bertekad kerja tepat waktu demi nyenengin seorang gadis.

5. Shareefa Daanish: Cewek horor

via gruemonkey.com
Shareefa Daanish di film “Macabre.” (Sumber: gruemonkey.com)

Apalah film horor, thriller, dan slasher anak muda tanpa Shareefa Daanish. Cewek yang didaulat sebagai suksesor Suzanna sebagai “Ratu Horor Indonesia” ini punya andil di film “Kesurupan” (2008), “Takut” (2008), “Macabre” (2009), dan “Danur” (2017).

Padahal, aktingnya sebagai cewek-tidak-horor juga lucu, kok. Coba aja liat penampilannya di “Lovely Luna” (2004), film yang bikin nama cewek kelahiran London ini melejit.

6. Alex Abbad: Strange man

via matasinemaid.com
Alex Abbad (kiri) dan Bunga Citra Lestari (kanan) di film “My Stupid Boss.” (Sumber: matasinemaid.com)

Style mantan VJ MTV ini emang nyentrik banget di luar layar lebar. Doi gak ragu nabrak-nabrakin fashion item. Gayanya seolah ngebawa baju konsep di fashion show ke kehidupan sehari-hari.

Dan, akting doi pun gak jauh-jauh dari cowok unik. Contohnya, saat doi jadi penjahat pincang di film “The Raid 2: Berandal” (2014), jadi penjahat cemen di “Merantau” (2009), dan pastinya jadi bapak rumah tangga work-a-holic di film “My Stupid Boss” (2016).

7. Yayan Ruhian: Crazy bad ass

via Istimewa
Yayan Ruhian jadi yakuza otaku di “Yakuza Apocalypse.” (Sumber: Istimewa)

Sejak kemunculannya di film “Merantau” (2009), akting Kang Yayan sebagai cowok bad ass terus melekat. Ekspresi, bentuk badan, dan gerakan silatnya seolah dicetak untuk peranin jenis karakter itu.

Praktisi silat di dunia nyata itu pun terus peranin sosok cowok sakti berkepribadian “unik,” baik di film Indonesia kayak “The Raid” (2011) dan “The Raid 2” (2014). Atau, di film luar negeri macam “Yakuza Apocalypse” (2015) dan “Beyond Skyline” (2017).

Pemeran yang gak masuk daftar ini bukan berarti gak bisa akting. Karena, bisa aja doi jago meranin berbagai karakter. Misalnya, kayak Leonardo DiCaprio dan Reza Rahadian. Jadi, mana nih aktor dan aktris favorit kamu? (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas

Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.