Minggu, 19 Agustus 2018

Genmuda – Ratusan orang memadati Hall A, JCC Senayan, pada Sabtu (10/2) sore. Mereka semua sangat antusias datang ke acara “LAFFestival 2018” persembahan Berlian Entertaiment dan Hype Festival Asia. Kendati akses parkir ke tempat lokasi agak cukup jauh, namun pihak panitia telah menyediakan free shuttle bus di beberapa titik lokasi.

Mengusung tema “Love, Hope, dan Passion”, pagelaran ini juga dibagi dalam tiga panggung sesuai nama temanya. Memasuki Hall Cendrawasih ada ‘Movie Area’ yang dilengkapi oleh bean bag sehingga para penonton bisa santai menikmati tiga panggung LAFFestival sekaligus secara bergantian.

Dari pantauan Genmuda.com, sejumlah penonton udah lebih dulu dateng ke lokasi acara meski pintu utama baru dibuka sekitar pukul 18.00 WIB. Salah satu Kawan Muda yang sempet Genmuda.com wawancarai adalah Rani (21). Mahasiswi UNJ ini mengaku udah dateng ke JCC sejak jam lima sore bareng temen-temennya, supaya bisa nonton penampilan CL di panggung Love yang baru akan dimulai pukul 23.30 WIB.

“Aku berlima sama temen, selain penasaran sama CL kita juga pengen nonton Raisa.” tambah Rani.

Dibuka dengan manis oleh Andien

©Genmuda.com/2018 Liki
Andien tampil penuh emosional dalam lagu “Pulang” di LAFFetival 2018 ©Genmuda.com/2018 Liki

Andien tampil di atas panggung Love dengan tema “Metamorfosa 2.0”. Ibu dari Anaku Askara Biru itu tampil cukup enerjik untuk menghibur para ‘Sahabat Setia’. Diselingi curhat pada lagu-lagunya, ia juga sempat terbawa suasana saat membawakan lagu “Pulang.” Sorakan dan tepuk tangan penonton seolah memberikan semangat lebih baginya.

“Maaf, aku sedikit terbawa suasana.” kata Andien dengan mata berkaca-kaca.

Rehat sejenak, Andien langsung kembali mengajak Sahabat Setia-nya kembali sing a long lewat lagu “Warna”, “Metamorfosa”, hingga ditutup oleh lagu “Moving On”.

Pindah ke panggung Hope, Yura dan Tuan-Tuan juga gak kalah keren membawakan lagu-lagu dengan aransemen berbeda. Salah satu kolaborasi Yura paling spesial di malam itu adalah saat dia berduet dengan Reza Rahadian.

Yup, aktor serba bisa itu kali pertama tampil bersama Yura membawakan lagu “Pekat” yang mereka tulis berdasarkan curhat mereka selama dua tahun terakhir. Selepas Reza turun panggung, Yura masih lanjut dengan lagu “Intuisi” dan “Cinta dan Rahasia”.

Di panggung “Passion” tampil pula Kahitna versi cewek dengan nama Kahitsna. Lala Karmela, Radhini, dan Mikha Tambayong dipercayai menjadi lead vokal dalam grup garapan Ava Victoria. Sejumlah hits Kahitna berhasil mantap mereka bawakan, contohnya “Cinta Sudah Lewat” dan “Cerita Cinta”.

Tercatat sekitar 30-45 menit para musisi di LAFFestival manggung. Sedangkan tiap panggung punya jeda masing-masing 15-30 menit.

Musisi lebih menarik ketimbang ‘Live Movie Reality’

©Genmuda.com/2018 Liki
Raisa tampil di atas Panggung Love LAFFestival 2018 ©Genmuda.com/2018 Liki

Kosep berbeda juga dibawain sama Raisa yang langsung disambut sama Your Raisa lewat lagu “Jatuh Hati” tepat pukul 20.00 WIB. Dengan gaun warna merah muda dan jaket biru, Raisa kembali melantunkan lagu “Love you longer”, “Sang Rembulan”, “Kita Usai di Sini” dan “Cinta”. Kesan berbeda anggun dan melow ditampilkan lewat lagu “Tuduhnya Wanita” yang spesial ia tulis untuk para wanita di dunia.

Setelah sukses bikin baper penonton, Yaya kemudian tampil powerfull membawakan lagu “This is Me” -yang dibawain sama Keala Settle buat soundtrack “The Greatest Showman”, disusul dengan lagu “Nyawa dan Harapan” dari Album Handmade. Di panggung lainnya D’Essentials of Groove dan NEV+ juga sukses membuat penggemarnya bergoyang.

Sebagaimana Genmuda.com pernah singgung, pada acara ini menghadirkan pula konsep ‘Live Movie Reality’ dengan film berjudul “Diantara Cinta & Guest List”. Sayang konsep tersebut serasa kurang menarik buat penonton.

Belum lagi waktu pemutarannya berbarengan dengan jadwal Raisa dan D’Essentials of Groove. Bahkan, banyak pengunjung yang gak mengetahui soal film yang dibintangi oleh Awkarin, Dimas Anggara, dan Lula Lahfah itu.

Kevin (22) contohnya, cowok asal Depok ini ngaku ke Genmuda.com sama sekali gak tau kalo di LAFFestival ada ‘live movie reality’. “Ada ya? Gue gak tau malah. Lagi asik nonton D’Essentials of Groove soalnya.”

Lain dari Kevin, ada juga Hanny (25) dan Ilham (27) yang kebetulan lagi duduk di Movie Area— tempat dimana filmnya diputar sejak pukul 20.00 WIB. “Kita sempet liat (filmya) di layar, tapi ya gak gimana-gimana sih. Aku pikir itu bagian dari acara, cuma emang karena ini acara musik ya, aku sih lebih prefer nonton musisinya di panggung.” papar Hanny.

Anne Marie dan CL sukses bikin penonton goyang

©Genmuda.com/2018 Liki
Anne Marie membawakan lagu “Heavy” di LAFFestival 2018 ©Genmuda.com/2018 Liki

Selepas Raisa, penonton di panggung Love relatif gak berkurang karena mereka ingin menonton penampilan Anne Marie. Memasuki pukul 21.45 WIB penyanyi asal Inggris itu tampil dengan atasan long sleeve crop top dan celana panjang hijau muda dengan menyanyikan lagu “Heavy”.

Umumnya penyanyi internasional, Anne menyapa penonton dengan bahasa Indonesia. “Selamat malam, nama gue Anne Marie.” ucap cewek 26 tahun itu dan disambut oleh teriakan histeris penonton. Gak cuma sampe di situ, ia juga mencoba mengucapkan “Aku cinta kamu”, meksi terdengar sangat susah dilafalkan oleh sang penyanyi.

Tampil untuk pertama kalinya di Indonesia, penyanyi yang pernah duet barenga Clean Bandit itu lanjut membawakan lagu “Then”, “Alarm”, dan single terbarunya bersama Marshmellow “Friends”. Hampir 10 lagu ia bawain di LAFFestival 2018.

Sebagai pamungkas Anne Marie beserta bandnya membawakan lagu “Rockabye” dan “Ciao Adios”. Sebelum berpamitan, ia juga sempat mengajak foto bersama penonton dari atas panggung.

©Genmuda.com/2018 Liki
CL menyapa penggemarnya di LAFFestival 2018 ©Genmuda.com/2018 Liki

Jelang dini hari, penonton justru makin ramai ingin menyaksikan penampilan CL di panggung Love. Dengan setelan senada dengan rambutnya yang berwarna pirang, mantan personil 2NE1 ini ngebakar semangat penonton lewat lagu “The Baddest Female”.

“Apa kabar Jakarta? Saya senang bisa kembali ke sini,” sapa CL kepada penonton di area panggung.

Tanpa basa-basa, CL langsung ‘ngegeber’ penampilan keduanya di Indonesia lewat lagu “Lifted”, “Come Back Home”, dan “Gotta Be You”. Meski semakin larut, penyanyi Korsel itu seperti gak kehabisan stamina usai bernyanyi sambil tengkurap. Gak heran kalo penonton yang mayoritas kaum hawa dibuat histeris olehnya. CL kemudian menutup kemeriahan LAAF Festival 2018 lewat lagu “Hello Bitches”, “Can’t Noboby”, dan “I am the Best”.

Selain musisi yang udah disebutkan di atas, ada pula penampilan dari Barasuara, The Brand New Heavies, serta penampilan spesial Jevin Julian bersama Random Brothers, Neonomora, Ramengvrl, dan Andini.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.