Kamis, 15 November 2018

Genmuda – Biar sering diidentikkan sebagai sepatu tahan banting, gak semua sepatu boots cocok dipakai saat musim hujan. Ada boots yang fungsinya buat buat kerja lapangan, naik gunung, sekadar gaya, dan ada yang anti air.

Boots lapangan dan boots anti air biasanya yang paling cocok dipakai di musim hujan karena dibuat dari bahan yang menjaga kaki tetap kering. Selain itu, sol bawahnya dibuat pake desain anti slip biar gak terpeleset.

Sepatu naik gunung dan sepatu boots fashion nih yang justru lebih baik disimpan saat musim hujan. Soalnya, ada beberapa kendala yang menyusahkan saat sepatu itu kena cipratan atau tercelup ke genangan.

1. Bahannya gak pas

via: http://universe.byu.edu/
(Sumber: universe.byu.edu)

Lain dari boots kerja Wellington yang sepenuhnya terbuat dari karet anti air, sebagian material boots fashion terbuat dari bahan yang meresap air. Dari situ lah air merembes masuk hingga membasahi kaus kaki.

Sayangnya, sebagian besar desain sepatu boots fashion yang rapat di bagian bawah membuat air terperangkap di dalam.

2. Desain sepatu gak rapat

Coba deh lihat boots hasil produksi brand macam Timberland, Ralph Lauren, Gucci, Zara, H&M, Kate Spade, apalagi Dr Martens. Bootsnya engga begitu rapat di bagian atas karena ada ritsleting, tali, atau lidah sepatu yang emang mempercantik desain tapi mengurangi efek anti-air.

Celah-celah kecil itu kan gampang banget disusupi air sehingga pada akhirnya kaki kamu tetap jadi akuarium.

3. Sol yang licin

via: US Shop
(Sumber: Istimewa)

Beberapa merk juga masih ada yang memproduksi boots dengan sol relatif rata tanpa banyak gerigi. Saat dijejakkan ke jalan basah atau ke genangan air, sol itu engga punya gesekan cukup kuat sehingga licin.

Jadi, berjalan lah agak jauh dari orang yang pake boots fashion saat musim hujan biar gak ketiban ketika doi kepeleset.

4. Susah dibersihin

Sesuai tempat belinya, boots fashion sejatinya cuma cocok dipakai ke pusat perbelanjaan modern, bukan buat hujan-hujanan. Soalnya, materialnya kan dibuat dari bahan mahal, entah itu kulit asli, sintetis, suede, atau kanvas.

Ngebersihin sepatu kayak gitu juga perlu kehati-hatian dan ketelitian tinggi biar gak merusak detil-detil kompleks yang didesain di sepatu itu.

5. Harganya mahal gila

via: Business Insider
(Sumber: Business Insider)

Salah satu faktor yang perlu kamu pikir sih harganya. Boots fashion kan bisa digantungi price tag hingga jutaan rupiah. Masa iya sepatu sebergengsi itu cuma dipake untuk melalui hujan, sih?

Mending pakai sandal karet, sandal jeli, atau rain boots beneran yang beli dari toko perlengkapan outdoor, kan?

Gimana menurut Kawan Muda? Menurut kamu, alas kaki apa sih yang paling cocok dipakai untuk melewati hujan tanpa kepeleset, lepek, dan gak ngerusak sepatu? Share pendapat kamu di bawah ini, ya.

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.