Minggu, 18 November 2018

Genmuda – Ada banyak contoh kejadian nyebelin yang bisa merusak mood. Selain macet dadakan karena pekerjaan jalan, tulisan “insufficient storage” (atau sejenisnya) yang terus-terusan muncul di Android, tanda kalo ponsel mulai kepenuhan.

Lebih nyebelinnya, tanda itu masih juga muncul setelah menghapus banyak foto serta video dari ponsel. Jadi, harus apa lagi, dong?

“Masa iya harus factory reset! Males abis. Nanti ponselnya harus diatur dari awal lagi.”

Jangan panik gitu, dong. Sebenernya ada kok cara untuk longgarin kapasitas ponsel yang udah mulai kepenuhan tanpa harus ribet. Coba aja ikuti 7 tips ini secara baik dan benar.

1. Hapus cache

Via ubergizmo
(Sumber: ubergizmo)

Cache adalah data kecil yang sengaja disimpen setiap aplikasi supaya gak lama loading saat dibuka lagi. Masalahnya, data yang didownload secara otomatis ini gak terhapus dengan sendirinya. Jadi, hapus semua cache tiap aplikasi, apalagi kalo aplikasinya jarang dipake.

2. Bersihkan file di folder “Download”

Besar kemungkinan folder “Download” di Android lo berisi file sisa dari proses mendownload sebuah aplikasi. Atau bisa juga berisi file yang diunduh sama salah satu aplikasinya. Apapun itu, hapus filenya (termasuk file yang hidden) supaya gak makan tempat.

3. Nyalakan fitur backup foto

Via wikihow
(Sumber: wikihow)

Ponsel Android zaman sekarang pasti menyediakan fitur backup foto ke Google Drive secara otomatis. Aktifkan fitur itu kemudian hapus foto yang telah di-backup biar ponsel lo punya ruang napas lebih banyak buat nyimpen file lain.

4. Hapus file yang didownload aplikasi streaming

Cek lagi. Kali aja lo pernah mendownload lagu langsung dari Spotify atau nyimpen video langsung dari YouTube. Hapus aja kalo udah jarang dipake. Disimpen malah menuh-menuhin ponsel, kan?

5. Hapus offline area dari Google Maps

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Ide Google Maps untuk menyimpan data satu area ke dalam ponsel sebenarnya baik. Hanya, belum semua ponsel punya kapasitas penyimpanan besar. Soalnya, satu area aja bisa memakan storage. Kecuali ponsel lo kuat menyimpannya, kalo enggak mendingan hapus aja.

6.Hapus aplikasi gak penting

Aplikasi mana yang gak penting? Tentu aplikasi yang paling jarang dipakai. Lo bisa menemukan daftarnya dari PlayStore atau dari Android lo langsung.

7. Hapus file di LOST.dir

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Colokin Android ke PC dan pastiin semua filenya bisa dibaca sama komputer/laptop. Buka penyimpanan Android dari file explorer. Cari folder LOST.dir. Terus, hapus semua file dari folder itu tapi jangan hapus foldernya. Selesai, deh.

Cara terakhir yang paling ampuh supaya ponsel lo gak terus-terusan merengek kepenuhan storage ya dengan beli Android baru dengan penyimpanan lebih besar. Hehehe.. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.