Rabu, 19 September 2018

Genmuda – Brazil diprediksi juarai Piala Dunia 2018 dengan kemungkinan 21%. Peru dan Kolombia berpotensi menantang tim unggulan sebagai kuda hitam dengan kemungkinan angkat piala hingga 5%. Inggris tenggelam dengan kemungkinan menang cuma 4%.

Lembaga riset Gracenote memeroleh data itu setelah menyimulasikan Piala Dunia 2018 sebanyak 1 juta kali. Performa tiap negara sejak Piala Dunia 2014 juga diperhitungkan seperti halnya mereka memperhitungkan pengelompokan grup pada kompetisi tahun ini.

Brazil dipilih jadi nomor satu karena hanya kalah empat kali sejak Piala Dunia musim lalu, dan hanya kalah sekali sejak Juni 2016. Pesaing terberatnya: Spanyol, Jerman, dan Argentina selaku langganan pemenang Piala Dunia.

Seharusnya, di daftar itu ada Italia. “Namun, Italia tidak lolos seleksi sehingga tidak perlu diperhitungkan lagi performanya,” tulis laporan riset Gracenote itu. Puk-puk-puk. Penggemar Italia main sama penggemar Belanda dulu aja, ya.

Peru dan Kolombia: kuda hitam sejati

via Istimewa
James Rodriguez, pemain Kolombia. (Sumber: Istimewa)

Dalam 1 juta simulasi itu, Gracenote menemukan kemungkinan 47% juara Piala Dunia 2018 bukan berasal dari langganan juara, melainkan negara yang sama sekali gak terpikir. Misalnya, Kolombia dan Peru.

Kolombia diunggulin di Grup H di antara Polandia, Senegal, dan Jepang. Tim itu punya 77% kesempatan masuk 16 besar, 43% masuk perempat final, dan 21% masuk semi final.

Peru bukan favorit di Grup C. Prancis favoritnya. Tapi, Peru bisa ngasih perlawanan sengit. Kesempatannya masuk 16 besar bisa sampai 68%, masuk perempat final bisa 39%, dan bercokol di semifinal sampai 22%.

Inggris melempem

via azureedge.net
Marcus Rashford pemain Inggris. (Sumber: azureedge.net)

Sementara itu, negara yang menciptakan sepakbola, Inggris malah diprediksi melempem. Inggris akan dapat perlawanan sengit dari Belgia di grup G. Kemungkinan mengangkat piala cuma 4%.

Angkanya melempem bukan karena Inggris jelek, loh. Tapi, karena jalur Inggris ke final sangat gak diuntungkan. Pada babak perempat final aja, mereka udah bisa berhadapan sama Jerman atau Brazil.

Babak 16 didominasi Eropa dan Amerika Latin

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Simulasi 1 juta kali itu juga nyimpulin kalo negara Eropa dan Amerika Latin yang bakalan lolos fase grup. Dari Grup A, ada Uruguai dan Rusia. Di Grup B, ada Spanyol dan Portugal. Di Grup C, ada Prancis dan Peru. Grup D ada Argentina dan Kroasia.

Lalu, Grup E didominasi Brazil, sementara Swiss jadi runner up seadanya. Kalo Grup F, Jerman dan Meksiko jagonya. Nah, di Grup G ada Inggris dan Belgia. Terakhir, di Grup H ada Kolombia dan Polandia.

via Istimewa
Prediksi Juara Piala Dunia 2018. (Sumber: Istimewa)

(sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.