Minggu, 22 Oktober 2017
Gaya HidupTeknomotive

Psst, Masukin 16 Kode Ini Kalo Mau Periksa Setingan Rahasia Smartphone, Gaes!

©Genmuda.com/2017 TIM©Genmuda.com/2017 TIM

Genmuda – Segampang-gampangnya sebuah smartphone dikustomisasi, selalu ada setingan rahasia yang sengaja developer simpan jauh dari jangkauan pengguna. Bukan buat nipu, itu dilakuin supaya ponsel tetep stabil tanpa error meski sering diutak-atik.

Menu rahasia tersebut dipake buat ngatur kinerja hardware dan OS smartphonenya. Misalnya, mengontrol reseptor penerimaan sinyal, ngatur intensitas LCD, atau mengetes Bluetooth. Dengan kata lain, mengelola pengaturan yang sensitif.

Bahasa yang dipake pun sangat teknis buat orang awam. Genmuda.com gak menyarankan kamu mengutak-atiknya terlalu jauh, tapi kalo penasaran, ini 16 kode rahasianya. Masukin kode itu ke virtual phone keypad layaknya mau menelepon orang.

1. *#06# (Cek IMEI)

Kode ini berguna banget ketika beli ponsel baru di counter bukan distributor resmi. “Hubungi” kode itu, kode IMEI akan muncul di layar. Pastiin nomornya sama dengan yang tertera dalam menu “About Phone,” di fisik luar ponsel, di kartu garansi, dan di boksnya.

Kalo beda sedikit aja, patut dicurigai ada kecurangan. Mungkin, boksnya ditukar, kartu garansinya palsu, atau lebih gawatnya lagi ponselnya rekondisi. Kode rahasia ini berfungsi di hampir semua merk smartphone.

2. *3001#12345#* (Field test)

via Istimewa
Menu rahasianya di iPhone 6 (Sumber: Istimewa)

Sebelum iPhone 6 dibungkus untuk dijual, ponselnya harus diuji berkali-kali. Kalo lolos berdasarkan daftar “ujian” di menu ini, maka ponselnya siap dikirim ke seluruh dunia.

3. *#*#6484#*#* (atau) *#*#64663#*#* (Hardware test menu)

Pengguna Android masukin kode ini kalo pengen ngebuka menu pengujian hardware. Pengalaman aja, nih. Kode yang ribet ini teruji di Xiaomi Redmi 1S, tapi gak berfungsi di iPhone.

Pada menu rahasia ini, segala setingan hardware ponsel bisa diuji, mulai dari touchscreen hingga speaker dan GPS-nya. Pada Xiaomi Mi4i, menu ini bisa dikunjungi dengan mengetuk berkali-kali pilihan “Kernel Version” di “Settings.”

4. *#0# (Service menu)

Mirip kayak menu sebelumnya, service menu juga berfungsi untuk menguji hardware dan software ponsel. Apabila ada kejanggalan saat mengetes kelayakannya, maka ponsel itu harus diservis.

5. *#*#4636#*#* (Usage statistics)

Sesuai namanya, kode rahasia ini bikin ponsel kamu nampilin informasi detil mengenai penggunaan baterai, nomor telepon sim card terpasang, besaran sinyal, ping, dan masih banyak lagi dalam bentuk angka. Bukan grafik seperti yang biasa ini kamu liat di setingan ponsel.

6. *#*#197328640#*#* (Mengkatifkan test mode)

Mode ini mengubah ponsel jadi mode uji coba. Berguna kalo kamu pengen menguji kecocokan kartu SIM luar negeri terhadap ponsel kamu.

7. *#*#232339#*#* (Test Wireless LAN)

Jangan banting dulu ponsel kamu kalo tiba-tiba kehilangan sinyal Wifi. Cek dulu pake kode ini.

8. *#*#0842#*#* (tes getaran dan backlight)

Di antara semua fitur Android, fitur getaran adalah yang paling jarang rusak. Jadi, kode ini gak bakalan banyak dipake.

9. *#*#2664#*#* (tes touchscreen)

Seberapa tangguhkah touchscreen ponsel kamu dalam merespons satu, dua, tiga, empat, hingga lima sentuhan jari? Cek pake menu rahasia ini.

Via: Giphy

10. *#12580*369# (Info hardware dan software)

Detil perangkat lunak dan keras ponsel kamu bisa ditemukan di sini.

11. *#9090# (Diagnostic information)

Sumpah. Hati-hati mencet menu yang nerangin kondisi sistem smartphone kamu ini karena salah sedikit bisa bikin ngebrick. Alias, ponsel kamu gak guna lagi sehingga fungsinya sama aja kayak bata.

12. *#9900# (System dump mode)

Hapus data-data penting-gak penting di dalam Android kamu berdasarkan pilihan yang muncul setelah masukin kode rahasia ini, genks.

13. *#301279# (HSDPA/HSUPA Control Menu)

Buka menu itu, maka kamu bisa menyalakan terus atau malah mematikan fungsi HSDPA / HSUPA (generasi 3,5G atau 3G+) di ponsel kamu.

14. *#7465625# (Mengecek status penguncian jaringan)

Setelah masukin kode rahasia itu, layar ponsel bakal nunjukin info mengenai dikuci atau gak dikuncinya jaringan SIM Card terpasang.

YOLO

15. *#*#7780#*#* (Mengembalikan data ponsel ke setingan pabrik)

Fungsi “Factory Reset” emang tersedia di setingan ponsel. Tapi, pake aja kode rahasia ini kalo mau lebih keren.

16. *#*#273282*255*663282*#*#* (instant backup)

Kode superpanjang ini penting banget dipake kalo pengen menyelamatkan semua file media di ponsel.

Semua kode di atas berfungsi di Android. Cuma poin nomor satu dan dua aja yang juga berfungsi di iPhone. Selamat mencoba, gaes. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.