Senin, 20 Mei 2019

Genmuda – Jaman sekarang, kalau engga hati-hati saat bermain di dunia maya, kita bisa jadi korban pencurian data maupun berbagai bentuk kejahatan online lainnya. Untungnya, sejumlah perusahaan teknologi terus berusaha ngelindungin kita dari ancaman-ancaman semacam itu, Kawan Muda.

Sejak beberapa waktu yang lalu, Facebook udah ngenalin sebuah fitur buat nyaring permintaan pesan yang kita terima. Dengan begitu, kita udah engga perlu lagi ngebaca pesan-pesan engga penting dan engga jelas dari akun-akun yang kerjaannya nge-spam doang. Engga ada lagi deh pokoknya pesan-pesan random kayak “Hai, boleh kenalan engga?” atau “Halo, mau ngobrol engga?” yang bakal kita terima.

(Screenshot: Genmuda.com/2016 Gabby)
(Screenshot: Genmuda.com/2016 Gabby)

Tapi, kamu tahu engga kalau Instagram, yang diakuisisi Facebook, juga punya fungsi yang sama persis? Well, sebenarnya wajar aja sih kalau kamu belum tahu, soalnya pesan apapun yang kamu terima di kotak masuk pesan yang udah di-filter itu engga bakal muncul sebagai notifikasi kayak pesan lainnya.

Meski begitu, kamu sekarang sih seharusnya udah lebih familiar sama kotak masuk Instagram-nya itu sendiri. Itu loh, yang langsung ada di pojok kanan atas layar sederetan sama logo Instagram kalau kamu buka feed Instagram. Kalau ada teman kamu yang ngirim pesan berupa foto atau tulisan, notifikasinya nanti bakal muncul dalam warna merah muda (dulunya oranye sebelum tampilan Instagram di-update).

Nah, kalau ada orang yang engga kamu follow di Instagram tiba-tiba ngirimin pesan secara pribadi ke kamu, pesan itulah yang nantinya bakal masuk ke kotak masuk rahasia kamu. Lantas, gimana cara nyari tahu apakah ada pesan masuk dari orang yang engga terhubung sama kamu di Instagram?

(Screenshot: Genmuda.com/2016 Gabby)
(Screenshot: Genmuda.com/2016 Gabby)

FYI, pertama-tama kamu klik dulu ikon folder kotak masuk yang ada di pojok kanan atas feed Instagram. Kalau udah, kamu bakal nemuin catatan berwarna biru dengan tulisan “Message request from…” di atas deretan pesan masuk kamu (itu kalau memang ada). Klik aja tulisan tersebut dan kamu bisa langsung ngelihat daftar permintaan pesan yang nunggu kamu.

Kalau kamu engga pengen dapat pesan dari si pengirim lagi di kemudian hari, klik aja pesannya dan pilih Decline. Sebaliknya, kalau kamu kenal sama si pengirim dan engga keberatan dapat pesan lagi dari doi, ya kamu tinggal klik Allow aja. Gimana, gampang dan simpel banget ‘kan caranya? Selamat mencoba, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer