Kamis, 17 Oktober 2019

Genmuda – Saat ngelihat anak kecil, sebagian orang ada yang berpendapat bahwa mereka adalah monster yang lucu. Hal itu pun sebetulnya sah-sah aja, soalnya dibalik kelucuannya anak kecil emang suka ngelakuin hal aneh yang bikin garuk-garuk kepala.

Setiap orang tentu pernah ngelalui tahap ‘jadi aneh’ di masa kecilnya. Namun demikian, aneh di sini pada dasarnya bukan berarti kita ngelakuin sesuatu yang menyimpang. Aneh yang Genmuda.com maksud lebih kepada cara kamu buat ngenalin lingkungan di sekitar kamu maupun diri kamu sendiri.

Dengan demikian, kalo kamu suka heran kenapa anak kecil kelakuannya suka ada-ada aja, kini kamu udah engga perlu pusing-pusing lagi, Kawan Muda. Hal-hal aneh yang kita lakuin sewaktu kecil sebenarnya merupakan hal yang sama sekali engga aneh. Berikut ini adalah 5 contoh dan penjelasannya:

1. Ngelepas-lepasin baju boneka

via toyboxphilosopher.com
(Sumber: Istimewa)

Ini lebih tepatnya bisa disebut sebagai nelanjangin boneka. Seiring bertambahnya usia, kita ngerasa ini aneh karena orang-orang cenderung ngaitin hal ini dengan hal-hal seksual. Padahal, anak kecil ngelakuin ini bukan semata-mata karena penasaran sama tubuh manusia, tapi justru karena anak kecil (khususnya balita) senang ngemanipulasi berbagai hal. Lain halnya kalo ada anak kecil yang suka telanjang, itu bisa jadi karena mereka engga nyaman sama pakaiannya atau mereka cuma lagi cari perhatian aja.

2. Punya teman khayalan

via Babysitting Academy
(Sumber: Istimewa)

FYI, di usia 7 tahun, sekitar 37% punya teman khayalan dan ini sebetulnya merupakan hal yang baik. Kehadiran teman khayalan bisa ngerangsang kreativitas, bahkan bisa jadi sumber kenyamanan bagi anak-anak yang ngalamin trauma. Dengan demikian, walau di kasus-kasus tertentu punya teman khayalan bisa nandain adanya kehadiran makhluk yang-namanya-engga-boleh-disebut, secara garis besar hal ini engga perlu dikhawatirin.

3. Sengaja nyakitin diri sendiri

via adweek.com
(Sumber: Istimewa)

Buat kamu aneh, tapi engga buat anak kecil. Saat anak kecil berulang kali ngebenturin kepalanya, itu merupakan cara aneh mereka buat ngelepasin stres saat mereka engga bisa ngekomunikasiin apa yang mereka pengenin. Sementara saat mereka nahan napas, itu cuma upaya mereka buat ngelampiasin amarah. So, sama sekali engga ada yang aneh ‘kan?

4. Ngerusakin mainan

via Pixar Wiki - Wikia
(Sumber: Istimewa)

Ini bukan berarti anak kecil yang bersangkutan bakal tumbuh jadi orang dewasa yang kejam loh ya. Justru, ini merupakan cara anak kecil buat ngetes seberapa besar kekuatan yang mereka punya. Khusus buat boneka, walau sejumlah peneliti yakin bahwa alasannya cuma karena bosan, beberapa peneliti lainnya percaya bahwa anak cewek ngerusakin bonekanya karena mereka tumbuh dengan ngelihat boneka kayak Barbie sebagai “figur kebencian”. Wah, rada serem juga ya…

5. Nancepin benda-benda ke hidung, telinga, mulut, dsb.

via redcross.org.uk
(Sumber: Istimewa)

Sebagai orang yang udah lebih tua, ngelihat anak kecil nancepin krayon ke telinga atau pensil ke hidung jelas merupakan hal yang bikin panik dan takut. Akan tetapi, buat anak kecil yang ngelakuin, ini cuma sekedar cara buat mahamin bahwa mereka punya tubuh dan bisa ngelakuin sesuatu terhadap tubuhnya itu. Intinya, ini adalah cara anak kecil buat nyari tau seluk-beluk tubuh mereka. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer