Jum'at, 19 April 2024

Genmuda – Susunan klub fase grup Liga Champions 2016-2017 telah selesai diundi di Monako, Kamis (25/8) waktu setempat. Sejumlah tim kuat di tiap grup cukup merata dan untunglah engga ada ‘grup neraka’ yang diisi tim-tim favorit.

Paling engga, udah keliatan dua tim dari tiap grup yang punya peluang besar buat lolos dari fase grup. Biar engga penasaran lagi, inilah sebaran tim jawara Eropa dan prediksi sementara grupnya menurut berbagai pengamat dan tentunya Genmuda.com:

Grup A (Arsenal, Paris Saint-Germain, Basel, Ludogorets)

via multibet88.biz
Paris Saint-Germain (Sumber: Istimewa)

Berdasarkan statistik, jawara Ligue 1, Paris Saint-Germain (PSG) punya potensi paling besar buat bercokol di puncak grup ini. Sementara itu, Arsenal perlu berjuang cukup keras biar engga tergeser dan menjaga posisinya di urutan kedua. Kalo menurut prediksi situs International Business Times (IBT), Kamis, (25/8), Basel dan Ludogorets bakal kesulitan buat keluar dari urutan tiga dan empat.

Grup B (Benfica, Napoli, Dynamo Kiev, Besiktas)

via stuff.co.nz
Benfica FC (Sumber: stuff.co.nz)

Di grup ini, tiap tim bisa dibilang seimbang kekuatannya. Benfica (posisi 4 Liga Portugal), Napoli (posisi 2 Serie A Italia, Dynamo Kiev (jawara Liga Ukraina), dan Besiktas (jawara Liga Super Turki) perlu berjuang eksra keras buat ngerebutin posisi puncak di grup itu. Situs IBT memprediksi kalo Benfica dan Napoli yang berpotensi nempatin posisi 1 dan 2.

Grup C (Barcelona, Manchester City, Borussia Monchengladbach, Celtic)

via sports.yahoo.com
Barcelona FC (Sumber: sports.yahoo.com)

Udah jelas. Rival terkuat Barcelona di grup ini adalah Manchester City. Pelatih The Citizen, Pep Guardiola bakalan kontra sama tim yang ngebesarinnya mulai dari pemain hingga akhirnya jadi pelatih kece kayak sekarang. Sementara itu, Monchengladbach dan Celtic tinggal nunggu dua tim raksasa tadi kepeleset dari posisi dua. Situs ESPN Asia memprediksi kalo Barca yang bakal duduk di puncak grup.

Grup D (Bayern Munchen, Atletico Madrid, PSV Eindhoven, Rostov)

via sportsmaza.com
Bayern Munchen (Sumber: sportsmaza.com)

Munchen dan Atletico bakalan jadi dua tim yang bersaing ketat di grup ini. Situs IBT memprediksi Munchen yang bakal lolos di posisi puncak grup. Sementara ESPN Asia bilang kalo Atletico Madrid lah yang jadi jawara grupnya. Sementara jawara Liga Rusia Rostov bakal menguji kebolehannya dengan tim sekaliber PSV Eindhoven yang juga merupakan jawara di Liga Belanda.

Grup E (CSKA Moscow, Bayer Leverkusen, Tottenham, Monaco)

via goal.com
Tottenham Hotspur (Sumber: goal.com)

Leverkusen dan Tottenham diprediksi bakal ngandelin skuad mudanya buat berlaga di fase grup Champion League. Kedua tim itu juga lah yang berpotensi menduduki posisi 1 dan 2 grup E. Sementara itu, CSKA Moscow diprediksi bakal mengamankan posisi ketiga grup ini.

Grup F (Real Madrid, Borussia Dortmund, Sporting Lisbon, Legia Warsaw)

via mirror.co.uk
Real Madrid (Sumber: mirror.co.uk)

Pertandingan Madrid dan Dortmund boleh dibilang jadi big match di grup F. Madrid sih udah pasti dijagoin bakal lolos grup dan jadi juara Liga Champions (lagi). Meski begitu, Dortmund berkesempatan jadi kuda hitam yang ngelengserin Madrid dari posisi langganannya. Sementara itu, Lisbon dan Legia Warsaw diprediksi bersaing buat ngerebutin posisi tiga.

Grup G (Leicester City, Porto, Club Brugge, FC Copenhagen)

via footballgate.com
Leicester City (Sumber: footballgate.com)

Berdasarkan statistik, Leicester punya kesempatan paling besar buat lolos dari fase grup. Situs IBT malah bilang kalo jalannya bakal mulus mengingat Brugge dan Copenhagen berada jauh di bawah kelasnya. Sementara itu, FC Porto udah engga nunjukin taringnya lagi semenjak menjuarai Liga Champions pada tahun 2004.

Grup H (Juventus, Sevilla, Olympic Lyon, Dinamo Zagreb)

via italianfootballdaily.com
Juventus (Sumber: italianfootballdaily.com)

Kalo pemain Juventus nunjukin kehebatannya seperti waktu ngejuarai Serie A musim lalu dan ngebela timnas Italia di Euro 2016, mereka punya potensi besar ngejuarai grup H. Buat posisi dua, Sevilla dan Lyon diprediksi bakalan bersaing ketat. Sementara itu, Zagreb diprediksi bakal mengalami kesulitan lolos di grup ini.

Well, seperti itulah prediksi fase grup Liga Champions 2016-2017, gaes. Semoga aja final liga Champions kali ini engga ‘El Clasico’ lagi biar engga bosen. Menurut lo, tim mana nih yang bakal main bagus banget dan jelek banget di musim ini? Tulis aja komen lo di bawah. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.