Minggu, 24 Juni 2018

Genmuda – Piala Dunia 2018 Russia tinggal menghitung hari. Sejak artikel ini diturunkan, Genmuda.com percaya bahwa pasti ada di antara Kawan Muda yang udah ikutan taruhan buat nentuin negara mana yang bakal keluar jadi juara.

Kalo kamu bisa nentuin sendiri timnas mana yang kamu jagoin itu masih enak, tapi gimana kalo timnya harus diundi lebih dulu? Masih untung kalo kamu dapetin tim unggulan macam Jerman, Brazil, Prancis, atau Argentina. Tapi gimana kalo sebaliknya?

Gak usah sedih-sedih banget gengs, selain tim unggulan masih ada kok tim-tim kuda hitam yang selalu kasih kejutan dalam gelaran Piala Dunia. Gak percaya? Nih, Genmuda.com kasih tau 5 diantaranya!

1. Kolombia

via: fifa schedule
(Sumber: Istimewa)

Kalombia emang bukan tim favorit, namun dalam catatan babak kualifikasi mereka justru berada di posisi dua setelah Brazil. Dari 15 kali pertandingan pasukan Los Cafeteros udah menang 7 kali, seri 4 kali, dan kalah 4 kali.

Faktor lain yang bikin tim ini lebih solid di piala dunia Russia gak lepas dari tangan Jose Nastor Pekerman yang udah menangani timnas Kolombia sejak 2012. Berada di grup H bersama Senegal, Polandia, dan Jepang, James Rodriguez cs. diprediksi bakal menyegel dua tiket untuk lolos dari fase grup.

2. Kroasia

via: Fifa
(Sumber: Getty Images)

Kroasia yang berada di grup D, harus bersaing dengan Islandia, Argentina, dan Nigeria. Walau gak berada di grup yang terbilang receh, performa anak-anak asuhan Zlatko Dalic ini justru terbilang konsiten ketimbang Argentina yang harus lolos pada menit-menit akhir babak kualifikasi.

Data statistik menunjukan jika Kroasia baru kalah satu kali dari 5 laga sejak ditangani Dalic sejak Oktober 2017. Ketimbang Argentina, materi pemain tim berjulukan Vatreni ini justru lebih merata. Mulai Luka Modric, Ivan Rakitic, Mateo Kovacic, Mario Mandzukic, Ivan Perisic dan Dejan Lovren. Masa lolos dari fase grup aja masa gak bisa, yakan!

3. Swiss

via: Fifa World Cup
(Sumber: Istimewa)

Sama kayak Kroasia, Swiss berada di grup E yang relatif berat bersama Brazil, Serbia, dan Kosta Rika. Meski demikian, Rossocrociati diprediksi bakal lolos minimal sampe babak 16 besar.

Sejak ditangani oleh Vladimir Petkovic setelah piala dunia 2014, Swiss punya raport cukup mentereng. Dari 38 laga, mereka berhasil meraih 24 kemenangan dengan rasio menang 63,16%. Komposisi pemainnya juga gak kalah kece, mulai dari Lichtsteiner, Denis Zakaria, Granit Xhaka, sampe Xherdan Shaqiri.

4. Uruguay

via: todaysoccerresults
(Sumber: Istimewa)

Uruguaz juga masuk dalam daftar tim underdog. Wakil dari Amerika Latin satu grup dengan Mesir, Saudi Arabia, dan tuan rumah Rusia. Nah, bicara pengalaman Uruguay yang udah juara dunia 2 kali dipastikan bisa melenggang ke babak 16 besar.

Racikan skuat Oscar Tabarez pada piala dunia 2018 terbilang merata. Di bekalang ada duet Diego Godin dan Jose Gimenez, sedangakn lini tengahnya ada Matias Vecino dan Rodrigo Bentacur. Urusan ngejebolin gawang lain Uruguay punya duet Luiz Suarez dan Edison Cavani yang terbukti subur di La Liga dan Ligue 1.

5. Portugal

via libero.pe
(Sumber: libero.pe)

Kemenangan Portugal atas Prancis di Piala Eropa tahun 2016 gak lantas mencatatkan mereka sebagai tim unggulan. Tapi kalo ngelihat keberhasilan mereka di Euro, gak menutup kemungkinan Cristiano Ronaldo cs. kembali memberi kejutan.

Mengisi posisi grup B, bereng Spanyol, Iran, dan Maroko, peluang Portugal sebenernya cukup terbuka sampe babak 16 besar. Belum lagi, skuat mereka gak cuma bertumpu sama CR doang. Masih ada Gelson Martins, Goncalo Guedes, Bernardo Silva, Andre Silva, dan Ricardo Quaresma. Masa juara bertahan Eropa kalah di babak awal? Gak seru dong. Yakan!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.