Selasa, 19 Maret 2019

Genmuda – Siapakah trio alternatif rock yang merilis album perdana ‘Wa.. lah’ di tahun 1994 silam? Yak! NTRL. Band yang kini beranggotakan Bagus, Coki, dan Eno ini baru saja memuntahkan tembang ‘Mars Pekerja’ dalam rangka memperingati hari buruh yang jatuh pada bulan Mei setiap tahunnya.

Ya, sebelum panjang umur dengan formasi sekarang, NTRL sebelumnya dihiasi dengan gesekan gitar Miten dan gebukan drum Bimo, sampai akhirnya mereka memutuskan untuk keluar. 10 lagu yang dikemas dalam album ‘Wa… lah’ adalah buah keringat mereka.

Balik lagi ke single terbaru mereka, ‘Mars Pekerja’ dilepas pada Minggu (1/5) kemarin bertepatan dengan Hari Buruh. Sebelumnya, NTRL telah melepas ‘Sakit Jiwa’ beberapa waktu lalu sebagai single pertama mereka dari album ‘11/12’. Nah, baru berlanjut ke ‘Mars Pekerja’, dan video klipnya baru saja turun, disutradarai langsung oleh Gading Marten.

Memiliki tempo yang agresif, ‘Mars Pekerja’ mengisahkan keringat yang mengucur deras dari para pekerja yang mengadu nasib di kemilau kota. ‘Berdesak-desakan dalam angkutan kota, mencari sepiring nasi.’ Video lirik tersebut juga memperlihatkan jalan darat yang dilalui NTRL dari panggung ke panggung.

Dalam waktu dekat, NTRL akan menyambangi Halaman GOR Dharma Ayu, Jatibarang, pada 6 Mei 2016. Keesokan harinya, tanggal 7 Mei 2016, ketiga musisi kawakan itu juga akan mempromosikan album terbaru mereka di Ballroom Aston Hotel, Cirebon, dan 8 Mei 2016 di Plaza Senayan, Jakarta, dalam gelaran Jakcloth 2016.

’11/12′ sendiri merupakan album ke-12 NTRL sejak bergerilya dari tahun 1991. Nuansa album tersebut masih kental dengan unsur pop-punk. Lirik-liriknya pun terdengar singkat dan lugas. Menggandeng ORCA Records, album ’11/12′ milik Netral sudah bisa kamu dapatkan di beberapa toko musik di Indonesia.

Simak dulu nih video klip dari ‘Mars Pekerja’, Kawan Muda!

https://www.youtube.com/watch?v=jYtOKG_5J-s

(sds)

Comments

comments

Bobi Brilyan Bastenjar
Valar Morghulis