Jum'at, 19 Juli 2019

Genmuda –  Perubahan mood, mendadak galau, sensitif, dan ngomel-ngomel sendiri kayak lagi PMS bukan cuma fenomena yang terjadi pada cewek tapi juga cowok. Soalnya, level hormon di dalam tubuh cowok pun dapat berubah-ubah, sob.

Pada cowok, fenomena itu terjadi dengan nama IMS alias ‘Irritable Male Syndrome.’ Saat mengalaminya, level hormon Testosteron biasanya sedang rendah sehingga bikin cowok ngerasa insecure kayak cewek yang lagi PMS.

Masih belum percaya? Ini dia 6 fakta yang bisa mempengaruhi cowok pas lagi ‘dapet’ IMS.

1. Perubahan hormon berlansung tiap hari

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Perubahan hormon itu terjadi tiap hari. Situs Cosmopolitan.com tahun 2013 bilang kalo level testosteron pada cowok paling tinggi waktu baru bangun tidur. Tapi seiring bertambahnya usia hormon tersebut biasanya makin berkurang.

2. Makin tua makin rendah hormonnya

via buzzfeed.com
(Sumber: buzzfeed.com)

Melengkapi pendapat di poin pertama, Situs Web MD bilang kalo level testosteron juga berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Tiap tahun, hormonnya berkurang sekitar setengah persen loh.

Karena itu, cowok yang makin tua keliatan cenderung makin gampang baper dan mudah tersinggung. “Rendahnya [hormon] testosteron memang membuat mood makin jelek, meski tidak selamanya orang tua punya mood yang buruk,” tulis situs Web MD.

3. Efeknya sulit keliatan

(Sumber: Istimewa)
(Sumber: Istimewa)

Karena fluktuasi atau naik-turunnya hormon cowok susuai dengan bertambahnya usia, perubahan sikap tersebut jarang banget keliatan pada cowok, apalagi secara kasat mata. Tentunya itu beda banget sama sikap cewek yang berubah drastis waktu hormon estrogen dan progesteron mulai berubah tiap bulan alias kalo lagi dapet.

4. Tapi, pasangannya gampang banget menyadari hal itu

via xclusivetouch.co.uk

Meski begitu, Boldsky bilang kalo pasangan si cowok sih biasanya bisa tau kapan cowoknya lagi IMS. Sebanyak 45% cewek bilang kalo mereka ngeliat perubahan itu pada cowoknya tiap bulan.

5. Jangan panik, IMS bisa diobati

via cosmopolitan.com
(Sumber: Istimewa)

Tenang sob, efek berkurangnya testosteron bisa diobati secara medis. Ronald Swerdloff, pakar National Institute on Aging, Amerika Serikat bilang kalo ada bukti perawatan medis bisa mengatasi efek IMS. Caranya pun engga bisa langsung pulih cepat, tetapi harus dilakukan terapi dan gaya hidup yang sehat.

6. Biasanya diungkapin dalam dua cara

via: Metro.co.uk

Terakhir nih guys, kegalauan cowok yang lagi IMS bisa muncul dengan dua cara. Ada yang langsung mengekspresikan amarahnya, ada pula yang cuma bisa dipendam sendiri. Pastinya semua itu punya efek masing-masing ya.

“Ketika dipendam, efeknya bisa bahaya buat kesehatan batin. Kalau emosinya meledak, bisa membahayakan orang terdekat dan hubungan sama pasangan,” seperti diungkapkan Daily Mail.

Itulah yang terjadi di dalam tubuh cowok kalo mereka suka mendadak ngomel-ngomel engga jelas atau jadi gampang sensitif. Kalo udah kayak gitu gitu, saran dari penulis sih coba aja ngertiin cowok kamu. Karena engga cuma cewek loh yang mau dimengerti. He-he. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.