Rabu, 25 April 2018

Genmuda – Ujian Nasional telah menjadi cerita minggu lalu bagi anak-anak kelas XII pada 16 April. Namun, para senior SMA belum bisa bernapas lega karena SBMPTN masih menanti engga lama lagi.

Seperti tahun sebelumnya, seleksi masuk perguruan tinggi terdiri dari dua ujian. Pertama, tes potensi akademik yang merupakan sejenis psikotes. Kedua, tes pemahaman materi yang merupakan ujian pengetahuan keras.

Mengutip penghimpunan data soal seleksi masuk perguruan tinggi negeri sejak 2012 hingga 2017 dari Zenius, ada beberapa materi pelajaran yang dominan pada tiap mata uji. Keterangan lengkapnya ada di bawah ini.

Tes Potensi Akademik

via: Zenius
(Sumber: Zenius)

Ada tiga materi yang paling banyak keluar pada tes ini. Materi aritmetika dasar muncul 69 kali, materi verbal muncul 53 kali, sementara materi pola gambar muncul 49 kali.

Matematika Dasar

via: Zenius
(Sumber: Zenius)

Bersyukur, lah. Materi paling populer kelas X dan XII muncul terbanyak pada SBMPTN. Meski membingungkan dan bikin stres, engga ada salahnya perdalam materi persamaan kuadrat, fungsi kuadrat, serta baris dan deret karena muncul lebih dari 10 kali.

Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Materi dua mata ujian paling favorit ini engga berubah sejak 10 tahun lalu. Tiap beberapa soal pasti mengacu pada satu atau dua paragraf panjang. Jadi, pertanyaan dari bacaan adalah jenis soal yang bakalan muncul.

Matematika IPA (Saintek)

via: Zenius
(Sumber: Zenius)

Sama kayak Matematika Dasar, persamaan kuadrat paling sering muncul dengan total kemunculan 22 kali antara 2012-2017. Materi trigonometri muncul 19 kali.

Pada posisi ketiga, ada materi fungsi kuadrat, integral, sukubanyak, turunan, dan peluang yang masing-masing muncul 11 kali.

Fisika (Saintek)

via: Zenius
(Sumber: Zenius)

Materi usaha dan energi keluar sebanyak 9 kali, materi gerak lurus muncul 8 kali, sementara materi listrik dinamis dan elektromagnet masing-masing muncul 7 kali.

Berdasarkan data, kemunculan materi pelajaran Fisika terbilang merata. Kecuali, beberapa materi yang gak muncul sama sekali, yaitu gerak melingkar beraturan, besaran, satuan, dan vektor.

Biologi (Saintek)

via: Zenius
(Sumber: Zenius)

Dari SMP, materi struktur dan fungsi tumbuhan paling sering dibahas. Materi itu muncul 13 kali pada ujian masuk PTN. Materi ciri makhluk hidup dan perannya, serta materi sistem organ manusia muncul 12 kali.

Kimia (Saintek)

via: Zenius
(Sumber: Zenius)

Perdalam deh pemahaman materi stoikiometri, struktur atom, sistem priodik, ikatan kimia, dan kesetimbangan. Soalnya, itu adalah deretan materi mata ujian Kimia yang muncul lebih dari 10 kali.

Sejarah (Soshum)

via: Zenius
(Sumber: Zenius)

Lain dari materi UNBK yang kebanyakan fokus pada masa sebelum Orde Baru dan Reformasi (1965 – 1998), materi seleksi masuk PTN justru lebih fokus pada bagian itu.

Materi keduanya adalah politik etis dan pergerakan nasional (1901 – 1945). Materi Kerajaan Islam (Abad 7 – Abad 20), Pendudukan Jepang (1942 – 1945), serta Kerajaan Hindu – Buddha (Abad 4 – Abad 16) juga perlu dipahami.

Sosiologi (Soshum)

via: Zenius
(Sumber: Zenius)

Topik ujian paling sering muncul pada mata ujian Sosiologi adalah tentang keragaman budaya. Materi konflik dan integrasi sosial muncul 13 kali; materi struktur, diferensiasi, serta stratifikasi sosial muncul 11 kali; sementara materi perubahan sosial muncul 9 kali.

Ekonomi (Soshum)

via: Zenius
(Sumber: Zenius)

Materi ekonomi terpopuler adalah soal bisnis. Maka, materi permintaan dan penawaran muncul 15 kali. Materi ilmu ekonomi dan permasalahanya muncul 8 kali sama kayak materi konsep pasar dalam perekonomian. Sementara itu, materi pendapatan nasional muncul 7 kali.

Geografi (Soshum)

via: Zenius
(Sumber: Zenius)

Berhubung penampang wilayah Indonesia lebih banyak air daripada daratan, maka materi hidrosfer paling sering muncul, yaitu sebanyak 9 kali. Materi litosfer muncul 8 kali sementara materi atmosfer muncul 7 kali.

Lengkap tuh. Di atas tadi adalah kemungkinan materi-materi apa aja yang bakalan sering muncul di SBMPTN 2018. Coba kamu pelajari yang paling sering muncul dan kamu perdalam materi yang gak kamu suka.

Terus, jangan ragu buat menjawab soal ujian sebanyak-banyaknya karena tahun ini gak ada pengurangan nilai. Selamat berjuang, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.