Selasa, 22 Oktober 2019

Genmuda – Yok, gengs! Sebelum Genmuda.com bahas lebih lanjut, apakah lo pernah mendengar istilah NFC? Pernah kepo gak buat cari tau fungsinya dan kenapa sekarang banyak smartphone flagship yang menyematkan fitur itu? Mau tau? Yaudah, mendingan langsung aja lo simak informasi berikut ini.

Apa itu NFC?

via: Tenor

NFC adalah singkatan dari Near-Field Communication yang merupakan komunikasi nikrakabel yang memanfaatkan sistem RFID (Radio Frequency Identification) untuk saling bertukar data pada jarak yang dekat yakni sekitar 4 inci. Sama halnya dengan Bluetooth atau Wi-Fi fungsinya mungkin hampir sama, tapi kecepatannya yang bikin beda.

Dengan teknologi NFC, smartphone bisa langsung mentransfer data dalam hitungan persekian detik. Lo juga gak perlu utak-atik smartphone lo karena fitur NFC dapat berkerja secara otomatis.

Sesuai namanya NFC bekerja lewat sistem transmisi sinyal radio jarak pendek dan gak memerlukan energi listrik besar dalam pengoperasiannya. Sejauh ini ada dua jenis NFC yang sering digunakan, yakni NFC tag pasif dan NFC tag yang terdapat pada smartphone.

Apa fungsinya?

Karena zaman sekarang makin banyak orang yang tergantung sama smartphone, NFC gak cuma berfungsi untuk mengirim data atau dokumen doang, tapi juga banyak hal dalam kehidupan lo. Dengan adanya NFC sekarang banyak layanan perbankan yang menjadikan NFC sebagai e-money pengganti kartu debit saat berbelanja.

Gak cuma itu, di sejumlah negara maju. NFC pada smartphone bisa dijadikan tiket pengganti alat transportasi loh. Cukup menempelkan NFC di smartphone ke NFC tag pasif dan voila, lo bisa melakukan perjalanan tanpa ribet. Tentunya fitur ini bisa dilakuin selama lo punya saldo yang cukup ya.

Selain itu NFC juga berfungsi sebagai alat keamanan di rumah atau kantor untuk pengganti kartu fisik. Sejumlah perusahaan juga menjadikan NFC untuk mempromosikan produk atau informasi yang mereka inginkan dengan hanya menempelkan NFC di smartphoe dengan NFC tag pasif.

Terus penting gak punya smartphone yang ada NFC-nya?

via: Youtube

Jawabannya jelas penting gengs, mengingat gaya hidup zaman sekarang yang serba digital NFC bakal mempermudah hidup lo. Selain masalah pembayaran, NFC juga mulai digunakan untuk mengganti tiket fisik acara konser atau seminar.

Melalui perjalanan panjang terciptanya NFC, fitur ini juga telah melewati berbagai uji keamanan sehingga sangat aman untuk dipakai. FYI, NFC juga mendapatkan sertifikasi khusus saat melakukan download data melalui TSM (Trusted Service Manager) sehingga melindungi semua data yang dimiliki oleh konsumen.

So, sekarang lo udah tau dong apa itu NFC dan fungsinya untuk apa? Semoga membantu ya. (sds)

Comments

comments