Senin, 24 Februari 2020

Genmuda – Meski sangat engga dianjurin, ‘menilai buku dari sampulnya’ sering dilakuin orang waktu ketemu orang baru. Penilaian awal itu yang ngebekas banget dalam pikiran seseorang. Kalo kesan pertamanya positif, seterusnya bakal positif dan begitu juga sebaliknya.

Oleh sebab itu, banyak orang berdandan seoptimal mungkin waktu lagi blind date atau dicomblangin sama orang yang belom pernah dikenal sebelumnya. Sayangnya ada orang juga yang berpakaian lebay dan malah bikin ilfil calon gebetan yang lagi dicomblangin. Kamu engga kayak gitu kan?

Menurut sejumlah penelitian dan pendapat psikolog, ada 7 hal yang biasa diperhatiin orang dan dijadiin bahan penilaian kepada orang yang baru ditemuinya. Apa aja hal-hal yang dimaksud? Cek aja penjelasannya di bawah ini:

1. Jabat tangan

via tumblr.com

Jabat tangan cowok yang erat dan tegas bisa nunjukin pribadi tegas dan percaya diri. Sementara jabat tangan yang lembek bisa diartiin kalo sebenernya orang itu pengen cepet-cepet melarikan diri dari pertemuan.

2. Warna pakaian

Situs Psychology Today, tahun 2011 pernah bilang kalo tiap warna punya makna tersendiri dan warna pakaian sangat mempengaruhi penilaian seseorang. Bisa disimpulin kalo warna nunjukin identiitas dan sifat pemakainya.

Masih dalam sumber yang sama, disebutkan kalo warna hitam nunjukin pemakainya tuh artistik dan sensitif. Putih biasanya dipakai buat nunjukin diri sebagai sosok yang logis, detil, dan terorganisir.

Merah berarti periang dan gigih, sementara biru berarti harmonis. Warna yang nunjukin loyalitas ada di hijau, sementara kuning berarti bahagia. Ungu bukan berarti identik sama janda ya, tapi lebih kepada artistik dan cokelat artinya setia kawan.

3. Sepatu

via giphy.com

Medical Daily, tahun 2012 bilang kalo 90% karakteristik orang bisa ditebak melalui sepatu yang dipakainya. Sepatu mahal biasanya dipakai sama yang ambisius. Kalo mereka yang periang biasa memakai sepatu yang ngejreng. Sementara orang yang sederhana sukanya sama sepatu yang tetep rapih mesti engga harus baru atau mahal.

4. Mata

Dalam pergaulan sehari-hari, tiap kontak mata punya arti yang berbeda loh. Orang bisa tau kalo jenis tatapan lawan bicaranya. Tentu saja tatapan mata orang penasaran, kagum, sedih, perhatian, dan mesum tuh beda-beda. Cara buat mengontrol sorot mata berasal dari dalam diri sendiri, seperti kata pepatah orang Barat ‘Mata adalah jendela jiwa.’

5. Kebiasaan kecil

Kebiasaan kecil yang dilakukan berulang-ulang tuh bisa nunjukin kegelisahan seseorang. Contohnya adalah garuk-garuk kepala, gigit kuku, atau menggoyang-goyangkan kaki waktu lagi ngomong. Makin hal itu sering dilakuin, makin keliatan kalo kepercayaan diri doi tuh rendah banget.

Biarpun grogi level akut, dibawa santai aja. Karena orang bakalan ngerasa nyaman sama orang yang nyaman jadi dirinya sendiri. Siapa tau jokes kamu bikin ngakak dan ngasih first impression positif jadi keluar karena ngerasa santai.

6. Ketepatan waktu

via offcolortv.com

Ini penting banget nih. Kalo janjian ketemua sama orang jangan telat. Mau orang lama atau orang yang baru kenal, tepat waktu tuh penting. Kalo masih kopdar sama makcomblang aja udah telat, apa lagi waktu dateng ke pelaminan sama si doi. Engga bisa diandelin banget sih! Padahal kan tiap orang butuh pegangan. #Eaaa…

7. Tulisan tangan

Selanjutnya, tulisan tangan jadi hal yang diperhatiin meski orang jarang ada yang paham cara ngebaca kepribadian lewat tulisan. Kalo kata Daily Mail, tahun 2013 ada 5.000 karakteristik yang bisa terbaca dari tulisan tangan.

Singkatnya, kamu engga perlu bergaya terlalu necis, pakai aja pakaian yang nyaman dan lo banget, yang penting tetep percaya diri dan jadi diri sendiri supaya makin enak ngobrolnya. Menurut kamu, apa lagi yang diperhatiin orang waktu pertama kali ketemu gebetan? Langsung aja kasih komentar di bawah! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.