Senin, 19 Agustus 2019
Kekinian

Pengen S2 di Amerika? Segala Informasi Ada di U.S. Graduate School Fair 2016

©Genmuda.com/2016 GabbyBooth USAID di acara U.S. Graduate School Fair 2016 di Hotel J.W. Marriot Jakarta, Kamis (15/9) ©Genmuda.com/2016 Gabby

Genmuda – EducationUSA Indonesia dan Kedutaan Besar Amerika Serikat baru aja ngadain U.S. Graduate School Fair 2016 nih, Kawan Muda. Kegiatan pameran pendidikan Amerika tersebut berlangsung di Hotel J.W. Marriot Jakarta, Kamis (15/9).

Dibuka oleh Kuasa Usaha Ad-Interim Kedutaan Besar AS, Brian McFeeters, U.S. Graduate School Fair 2016 turut ngehadirin perwakilan dari sekitar 25 universitas dan lembaga pendidikan terkemuka Amerika. Pameran tersebut sama sekali engga dipungut biaya dan terbuka buat umum.

JSYK, U.S. Graduate School Fair 2016 merupakan kegiatan tahunan yang ngasih beragam informasi seputar program pascasarjana di Amerika. Lewat kegiatan itu, para calon mahasiswa yang berniat lanjut S2 di Negeri Paman Sam bisa berinteraksi langsung dengan para perwakilan universitas dan lembaga pendidikan terkemuka di sana, sehingga informasi yang diperoleh bisa lebih terperinci dan akurat.

Secara khusus, U.S. Graduate School Fair 2016 juga merupakan salah satu upaya EducationUSA Indonesia buat ngedukung kemitraan komprehensif di antara Indonesia dan Amerika. Tujuannya antara lain buat ngelipatgandain jumlah pelajar Indonesia yang nempuh pendidikan di Amerika.

©Genmuda.com/2016 Gabby
Kuasa Usaha Ad-Interim Kedutaan Besar AS, Brian McFeeters di acara U.S. Graduate School Fair 2016 di Hotel J.W. Marriot Jakarta, Kamis (15/9) ©Genmuda.com/2016 Gabby

Alasan Kedutaan Besar Amerika Serikat terlibat karena salah satu prioritas kami dalam kerja sama kami dengan Indonesia adalah kami menyebutnya hubungan orang dengan orang, yang berarti lebih banyak siswa Indonesia belajar di AS,” kata Kuasa Usaha Ad-Interim Kedutaan Besar AS, Brian McFeeters.

Menurut Pak McFeeters, saat ini kurang lebih ada sekitar 8.300 siswa Indonesia yang lagi nimba ilmu di Amerika. Jumlah tersebut beliau harap bakal terus bertambah ke depannya, demikian pula sebaliknya dengan jumlah siswa Amerika di Indonesia yang saat ini diperkirain ada sekitar 500 orang.

Lantas, universitas apa aja sih yang ada di U.S. Graduate School Fair 2016? Well, mulai dari American University, Michigan State University, sampai Yale University School of Management, semua bisa ditemuin di kegiatan kemarin. Namun demikian, secara khusus Genmuda.com sempat mampir ke booth University of Maryland, Baltimore (UMB) dan New York University (NYU) School of Professional Studies.

FYI, UMB nawarin program pascasarjana di bidang Health Sciences. Secara spesifik, di UMB Graduate School para mahasiswa bakal dilatih buat jadi peneliti dengan bekal pengetahuan pokok tentang kesehatan masyarakat. Walau Global Health System jadi salah satu program yang paling diminati mahasiswa asing, sebetulnya spesialisasi yang bisa dipilih ada banyak.

©Genmuda.com/2016 Gabby
Booth UMB di acara U.S. Graduate School Fair 2016 di Hotel J.W. Marriot Jakarta, Kamis (15/9) ©Genmuda.com/2016 Gabby

Lebih lanjut, persyaratan utama buat ngedaftar ke UMB Graduate School adalah skor TOEFL 80 (iBT), nilai S1 yang baik, dan ketertarikan kuat terhadap bidang kesehatan. Terkait beasiswa, mahasiswa asing biasanya bakal ditawarin beasiswa pendidikan dan beasiswa tempat tinggal.

Menariknya, Senior Associate Dean Graduate School UMB, Flavius R. W. Lilly, PhD, MA, MPH. ngungkapin bahwa saat ini di institusinya sama sekali engga ada mahasiswa dari Indonesia. Dirinya pun berharap kehadiran mahasiswa Indonesia nantinya bisa nambahin perspektif global buat mahasiswa Amerika maupun dari negara lainnya, soalnya “Indonesia negara terpadat keempat di dunia — tepat setelah AS — dan Indonesia merupakan rekan yang baik bagi Amerika.”

Lain halnya dengan NYU School of Professional Studies, program pascarjana yang ditawarin disana semuanya berbasis industri dan gelar terapan. Beberapa program tersebut antara lain Human Resource Management & Development, Public Relations & Corporate Communication, serta Integrated Marketing, yang merupakan program yang paling besar dan paling berkembang, dan Global Affairs, yang cukup diminati oleh banyak mahasiswa Indonesia.

Sementara itu, terkait proses penerimaan NYU School of Professional Studies, persyaratannya antara lain adalah biaya pendaftaran 150 dolar, IPK minimal 3.0, resume yang detail (termasuk pengalaman kerja, proyek riset, kegiatan organisasi, blog pribadi, dan kegiatan kerelawanan), dua surat rekomendasi dari profesor atau atasan. Terkait beasiswa, itu bakal tergantung pada kesempatan yang diperoleh para mahasiswa di negera asalnya atau dari masing-masing departemen di NYU.

©Genmuda.com/2016 Gabby
Booth NYU School of Professional Studies di acara U.S. Graduate School Fair 2016 di Hotel J.W. Marriot Jakarta, Kamis (15/9) ©Genmuda.com/2016 Gabby

“Mari pelajari program dan jaringan kami. NYU sangat besar dan punya banyak kesempatan untuk membangun koneksi, pekerjaan, dan menambah teman baru. Kami berlokasi di pusat kota dan New York City adalah kota terbaik, jadi menurut saya semua orang harus datang dan mengalaminya,” ujar Assistant Director of Admissions and Financial Aid NYU School of Professional Studies, Tamiah Brevard.

Engga ketinggalan, kayak yang Genmuda.com bilang di awal, selain perwakilan universitas Amerika ada juga sejumlah lembaga pendidikan yang turut berbagi informasi di U.S. Graduate School Fair 2016. Sebut aja salah satunya adalah EducationUSA Indonesia selaku pihak penyelenggara, yang merupakan layanan konsultasi gratis bagi para siswa yang ingin ngelanjutin pendidikan tinggi ke Amerika. Ada pula layanan lain kayak penjelasan soal pengajuan visa dan ikutan TOEFL. Banyak banget deh pokoknya informasinya!

Pertama-tama, EducationUSA pada dasarnya adalah sebuah situs web. Tapi, di @america dan 7 tempat lainnya di seluruh Indonesia kami memiliki penasihat EducationUSA purna waktu. Jadi, Anda bisa melakukan pertemuan tatap muka secara pribadi dan menjelaskan maksud Anda. Konsultasi kuliah biasanya memakan banyak biaya, namun ini gratis,” tambah Kuasa Usaha Ad-Interim Kedutaan Besar AS, Brian McFeeters.

So, buat kamu yang engga sempat datang ke U.S. Graduate School Fair 2016 kemarin, kamu engga perlu sedih, Kawan Muda. Kayak kata Pak McFeeters, kamu bisa langsung datang ke @america atau 7 tempat lainnya di mana kamu bisa ketemu langsung dengan para penasihat EducationUSA. Buruan siapin rencana pendidikan kamu gih, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer