Selasa, 18 Juni 2019

Genmuda – Dari sekian banyak jenis pakaian yang kamu punya di lemari, dijamin salah satunya pasti celana jeans. Bahkan, bisa jadi celana jeans tersebut udah kamu pakai selama bertahun-tahun sampai-sampai udah belel atau robek sana-sini.

Belanja celana jeans engga jarang emang bisa jadi pengalaman yang bikin capek dan nyebelin. Engga heran, walau masih mampu beli yang baru, banyak orang akhirnya malah susah payah ngelakuin apa aja demi pertahanin celana jeans lama mereka, engga peduli seburuk apa kondisinya.

Singkatnya, kalo kamu udah punya celana jeans favorit, kamu pasti engga bakal rela buat ngelepas celana jeans kamu gitu aja. So, daripada kamu ngabisin waktu nyari celana jeans baru yang mahal tapi engga cocok sama kamu, mending kamu sulap aja celana jeans lama kamu dengan 5 cara berikut ini:

1. Tambal

Celana jeans dengan tambalan pada dasarnya udah jadi gaya klasik yang ngetren dari jaman dulu. Kamu gunain aja kain dari kaos, blus, atau kemeja flannel dan gunain kain tersebut sebagai tambalan buat celana jeans kamu. Kalau pengen hasil jahitan yang lebih bagus dan maksimal, ada baiknya kamu pakai mesin jahit. Tapi, kamu juga bisa kok ngejahit sendiri pakai tangan, asal kamu banyak-banyak sabar aja.

2. Robek

Kebalikan dari cara yang pertama, cara yang kedua ini bisa kamu lakuin kalau celana jeans kamu robeknya cuma sedikit. Daripada nanggung, mending kamu bikin robekannya jadi agak lebih besar. Ingat, selalu potong dari sisi ke sisi, bukan atas bawah. Jangan lupa juga buat rapiin benang-benangnya kalau kamu engga pengen robekannya kelihatan jelas banget.

3. Tambah risleting di pergelangan kaki

Cara yang satu ini sebenarnya bisa kamu terapin kalo kamu perlu bagian pergelangan kaki yang agak lebih lebar atau pengen nutupin robekan di bagian tersebut. Namun demikian, kamu jelas harus ngegunain mesin jahit supaya hasil jahitannya maksimal. Kalo kamu engga bisa ngegunain mesin jahit dan udah kepepet banget, ya mau engga mau kamu harus minta tolong ke tukang jahit.

4. Warnain ulang

Berhubung tukang wantek sekarang udah jarang banget, kamu beli aja pewarna kain kualitas tinggi buat ngewarnain celana jeans kamu sendiri. Pertama-tama, kamu isi dulu ember yang cukup besar dengan air yang panas banget. Abis itu, tuangin pewarnanya secukupnya dan aduk sampai tersebar merata di air. Selanjutnya, rendam celana jeans kamu selama satu jam, aduk sesekali. Buat hasil terbaik, gunain sesuatu yang berat buat mastiin celana jeansnya engga ngambang.

5. Kasih pemutih

Kalo celana jeans kamu engga sengaja kena noda yang engga hilang-hilang setelah dicuci berkali-kali, akalin aja dengan pemutih. Kamu bisa aja cuma nyipratin pemutihnya ke celana jeans kamu atau ngegunain teknik yang hampir mirip dengan tie die. Kalo kamu ngegunain teknik yang serupa dengan tie die, kamu harus terlebih dulu ngikatin area-area tertentu pada celana jeans kamu sebelum ngerendam di pemutih dan nyuci dengan air hangat. Selamat mencoba, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer