Rabu, 22 Mei 2019

Genmuda – Engga peduli sejenius apa otak kamu, yang namanya belajar dari TK sampai kuliah pada dasarnya emang engga mudah. Salah satu penyebabnya pun biasanya engga jauh-jauh dari kebiasaan belajar yang keliru, Kawan Muda.

Secara garis besar, tiap orang tentu punya kebiasaan belajarnya masing-masing. Ada yang cuma bisa belajar kalo suasananya hening, tenang, dan kondusif, tapi ada juga yang bisa tetap belajar walau di sekelilingnya ada preman yang lagi ngamuk ngacak-ngacak seisi ruangan. Beda-beda deh pokoknya.

Terlepas dari itu, ada pula sejumlah kebiasaan belajar yang berlaku cukup umum loh. Sebagian mungkin emang udah terbukti manjur, sedangkan sebagiannya lagi justru dianggap baik dan produktif padahal engga. So, engga peduli kamu belajar buat UTS, UAS, kuis, atau ulangan biasa, mending kamu hindari deh deh 5 kebiasaan belajar berikut ini kalo kamu benar-benar pengen dapet nilai bagus:

1. Nulis semua yang diomongin guru/dosen

Nulis catatan buat bahan belajar emang engga salah. Tapi, kalo kamu benar-benar nulisin semua omongan guru/dosen kamu, itu malah engga baik juga, Kawan Muda. Hal ini bukan cuma bakal bikin kamu kehilangan poin penting yang lagi dijelasin guru/dosen kamu, tapi juga ngurangin waktu kamu buat mahamin informasinya. Ingat, nulis informasi itu engga sama kayak nyimpan informasi.

2. Ngandelin hafalan definisi

via giphy.com

Percaya engga percaya, cuma ngehafalin materi engga bakal ngebantu kamu dalam jangka panjang loh. Kalo kamu pengen belajar istilah kunci, kamu jelas butuh lebih dari sekedar ngulangin definisinya.  Dengan kata lain, kamu seharusnya engga cuma ngulang-ngulang definisi istilah tertentu, melainkan tau pula gimana caranya ngegunain definisi tersebut dalam pertanyaan jawaban singkat pada ujian kamu.

3. Belajar di satu tempat doang

Poin yang ketiga ini pada dasarnya berhubungan dengan kemampuan kamu buat beradaptasi. Ibaratnya, kalo kamu keseringan belajar di satu tempat aja (misalnya kamar kamu), nantinya kamu bakal jadi lebih sulit buat belajar di lingkungan baru. Oleh karena itu, ada baiknya sekarang kamu mulai cari alternatif tempat belajar aja selain yang biasa kamu gunain. Lumayan loh, itu bakal bermanfaat buat otak kamu.

4. Belajar bareng teman

via Power, Poem, Prose - WordPress.com

Well, sebagian dari kamu mungkin sempat berpikir bahwa ngelakuin hal ini bakal seru abis dan kamu jadi engga berjuang sendirian alias ada yang senasib sepenanggungan sama kamu. Padahal, ujung-ujungnya hal ini bisa aja engga berjalan kayak yang kamu rencanain. Walau engga ada salahnya kalo kamu dan teman kamu saling tanya-jawab satu sama lain, sebaiknya hindari ngejadiin hal ini sebagai cara belajar kamu dan biasain belajar secara mandiri.

5. Cuma ngandelin satu metode belajar

Terlepas dari fakta bahwa otak kamu suka hal yang konsisten, itu sebetulnya cuma sampai batas tertentu aja. Otak kamu mampu nyimpan informasi lebih baik kalo kamu engga cuma belajar dengan semata-mata ngebaca ulang materi, ngapalin catatan terus-terusan, atau bergantung pada rangkuman aja. Coba deh gabungin semua metode tersebut atau coba cara baru. Selamat belajar, Kawan Muda! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer