Rabu, 25 April 2018
National[IS]me

Pengen Berantas Korupsi? Kamu Harus Siap Hadapi 5 Ancaman Ini!

via kompas.comPenyidik KPK Novel Baswedan (kiri) didampingi oleh Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif. (Sumber: kompas.com)

Genmuda – Ingetin Kawan Muda aja biar gak lupa. Kasus penyiraman air keras ke salah satu senior KPK, Novel Baswedan terjadi 11 April 2017. Sampai tulisan ini dibuat, Rabu (14/3/2018), kasusnya masih runyam.

Saat itu, Novel Baswedan disiram air keras oleh dua orang gak dikenal yang berkendara dengan sepeda motor. Kejadian berlangsung di sekitar rumahnya area Kelapa Gading Jakarta, selepas beliau Salat Subuh di Masjid.

Tim investigasi khusus telah dibentuk. Pak Jokowi udah menuntut-nuntut. Sketsa wajah dua pelaku penyiraman juga udah dirilis Polri. Namun, belum ada yang ditangkap, dipidanakan, apalagi terbukti bersalah atas kasus itu.

Kayak gitu lah cobaan berat kalo kamu pengen gabung ke KPK untuk lawan korupsi. Selain kasus Novel, ada juga ancaman-ancaman di bawah ini yang harus dilewati.

1. Teror bom

via metrotvnews.com
(Sumber: metrotvnews.com)

Juli 2015, kediaman Afief Julian Miftach mendapat teror. Penyidik KPK itu menemukan benda yang dilengkapi detonator dan diletakkan di depan pagar rumah. Benda mencurigakan itu langsung dilaporin ke Polsek Bekasi Selatan.

Setelah diperiksa, rangkaian detonator tersebut hanya tersambung ke gumpalan berisi stereofoam dan gak punya daya ledak. Namun, tetap aja itu jadi ancaman.

2. Penghancuran mobil

via viva.co.id
(Sumber: viva.co.id)

Bukan cuma sekali, Afief pernah beberapa kali diancam teror lain. Ban mobilnya pernah ditusuk hingga bolong dan mobilnya disiram air keras. Untunglah, penyidik yang pernah gabung ke polisi itu selamat sampai sekarang.

3. Ancaman pembunuhan

via kompas.com
Ini Bambang Widjojanto, Wakil Ketua KPK. (Sumber: kompas.com)

Bambang Widjojanto, Wakil Ketua KPK membenarkan adanya ancaman pembunuhan terhadap sejumlah penyidik yang menangani kasus dugaan korupsi Komjen Budi Gunawan (BG), sekitar 2015.

Terornya juga merembet hingga ke keluarga. Ancaman itu akhirnya bikin sejumlah penyidik batal ngasih kesaksian dalam sidang BG di Jakarta.

4. Diancam langsung di depan muka

via arah.co
Antasari Azhar mencium cucunya. (Sumber: arah.co)

Mantan Ketua KPK, Antasari Azhar pernah diancam di depan muka oleh seorang “pengantar pesan” yang dia sebut sebagai pengusaha media. Di hadapan Pak Antasari, dia meminta supaya Pak Antasari gak melakukan tindakan hukum kepada seseorang.

Antasari menolaknya. Sosok “pengantar pesan” itu kemudian meminta Pak Antasari berhati-hati. Gak sampai sebulan, Pak Antasari dijeblosin ke penjara atas tuduhan pembunuhan terhadap pengusaha bernama Nasrudin Zulkarnaen.

5. Teror santet

via viva.co.id
Ratu Atut Chosiyah. (Sumber: viva.co.id)

Menyusul ditangkapnya Ratu Atut Chosiyah yang saat itu masih jadi Gubernur Banten, KPK kebanjiran teror santet. Juru Bicara KPK saat itu, Johan Budi bilang, “Kami berpikiran positif saja, menyerahkan semua kepada Tuhan Yang Maha Esa.”

Hidup anggota KPK emang kayak superhero yang selalu diancam super villains. Gimana, gengs? Berani jadi superhero di dunia nyata dengan gabung ke KPK? Mereka pasti butuh keahlian kamu, loh! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.