Pengalaman Seru Faza Meonk Nerbitin Komik 'Si Juki: Petualangan di Korea Selatan' | Genmuda.com
Home Hiburan Pengalaman Seru Faza Meonk Nerbitin Komik ‘Si Juki: Petualangan di Korea Selatan’
Pengalaman Seru Faza Meonk Nerbitin Komik ‘Si Juki: Petualangan di Korea Selatan’
Faza Meonk luncurin komik "Si Juki: Petualangan di Korsel," di Popcon Asia, Sabtu (5/8). ©Genmuda.com/2017 TIM

Pengalaman Seru Faza Meonk Nerbitin Komik ‘Si Juki: Petualangan di Korea Selatan’

Genmuda – Si Juki yang biasanya cuma jalan-jalan antara kamar kos, toilet, dan warung makan kini piknik ke Korea Selatan bareng Juleha, sepupunya. Di negeri gingseng itu, mereka ketemu Red and Yellow, dua karakter dari kartun “Larva” yang jadi semacam tour guide dadakan mereka.

Keempat karakter lintas negara itu pun jelajahi lokasi-lokasi wisata di Korea Selatan yang populer berkat drama hits, mulai dari Winter Sonata (2002) hingga Goblin (2016-2017). Ada juga lokasi daerah perkotaan yang populer berkat aktivitas K-Pop, misalnya aja area Gangnam dan SM Town.

Pengalaman itu terangkum dalam komik “Si Juki Seri Jalan-Jalan: Petualangan di Korea,” yang rilis di Popcon Asia 2017, Sabtu (5/8). Hingga tersedia di berbagai toko buku pada 16 Agustus, komiknya bisa dipesan melalui penerbit Elex Media Komputindo lengkap dengan paket merchandise-nya.

Bukan cuma jalan-jalan

©Genmuda.com/2017 TIM
Ini si Juleha yang jalan bareng Juki. ©Genmuda.com/2017 TIM

Bagi kreator Si Juki, Faza Meonk, komik jalan-jalan ini jadi angin bukan cuma buat doi tapi juga bagi industri komik Tanah Air. “Selain rilis di Indonesia, komik ini juga akan rilis di Korea Selatan. Itu jelas jadi tanda bahwa karya orang-orang Indonesia bisa diterima negara lain, gak cuma sebaiknya,” kata Faza.

Secara lebih detil, Faza bilang kalo kolaborasi dengan kreator Red and Yellow animasi “Larva” yang berasal dari Negeri Gingseng sangat membantu perilisan bukunya di sana. Dan, cara itu pun bisa dilakuin komikus-komikus Indonesia yang berniat rilis buku di luar negeri.

“Kalau karakternya hanya Si Juki saja, orang-orang Korea belum tentu bisa menerima komik ini. Prosesnya pun jadi lebih mudah dengan munculin karakter Red dan Yellow. Dengan begitu, orang Korea bisa lebih kenal Juki dan pembaca di Indonesia makin akrab dengan Red-Yellow,” tutur Faza kepada Genmuda.com.

Kerjasama yang tiba-tiba

via Popconasia.com
Faza dan Walkot Seoul Park Won Soon dalam prosesi penobatan Duta Pariwisata Kehormatan Seoul. (Sumber: popconasia.com)

Semua kerjasama itu terjadi waktu Faza Meonk jalan-jalan ke Korea Selatan bareng tim Elex Media Komputindo. Faza awalnya berangkat karena pengen riset tentang kebiasaan, kelakuan, dan kondisi warga sana. Hasil riset itu, rencananya mau dibikin komik perbandingan orang Indonesia-Korea Selatan.

Kehadiran Faza di Korea Selatan dan niatnya bikin cerita Si Juki tentang negara itu ternyata juga rame diberitain media-media online sana. Kabar itu akhirnya sampai ke telinga tim Kantor Walikota Seoul, Ibu Kota Korea Selatan. Faza pun dapet undangan mendadak untuk temui Walikkota Park Won Soon.

“Saya sempet terkejut juga karena undangan itu gak ada di agenda perjalanan awal saya. Setelah ubah-ubah jadwal, saya pun penuhi undangan itu. Ternyata, saya dipanggil untuk dijadikan Duta Pariwisata Seoul,” tutur Faza. FYI, selain Faza, Gita Gutawa juga merupakan Duta Pariwisata Seoul, loh.

Pihak penerbit kemudian mengusulkan kerjasama pariwisata antara Faza dengan Pemkot Seoul, hingga akhirnya jadi komik Si Juki Petualangan di Korsel. “Biaya produksinya ditanggung mereka, asalkan Juki bisa mempromosikan daerah-daerah Wisata di sana,” tutur komikus yang bikin komiknya dibantu 3 asisten itu.

Gak mau stop di Korea

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

Setelah project Korea Selatan selesai, Faza bilang kalo doi berharap “Si Juki edisi Jalan-Jalan” gak berhenti. Doi masih pengen keliling negara-negara lain dan berkolaborasi sama kreator karakter ikonik negara itu.

“Saya berharap banget bisa berkunjung ke Jepang dan Si Juki bisa kolaborasi bareng Doraemon, Nobita, dan kawan-kawan. Untuk saat ini, mau fokus promoin komik edisi Korsel dulu,” kata Faza yang udah punya rencana untuk lanjutin seri jalan-jalannya akhir tahun ini.

Dengan tim yang dimilikinya sekarang, Faza bisa bikin dua komik edisi jalan-jalan tiap tahun. “Komik-komik Juki lainya akan dihandle sama tim saya. Jadi, episode di berbagai portal dan buku-buku Si Juki tetap rilis secara rutin,” rencana Faza.

Kenapa gak jalan-jalan keliling Indonesia dulu sih?

©Genmuda.com/2017 TIM
©Genmuda.com/2017 TIM

Faza bilang doi sebenernya pengen banget bikin komik jalan-jalan keliling Indonesia. Tapi, keinginan itu harus ditunda dulu berhubung kantor-kantor pemerintah daerah Pariwisata belum jalin kerjasama dengan penerbit.

“Padahal, saya pengen banget menjelajahi Wilayah Timur Indonesia, terutama di kota-kota yang jarang didatangi turis tapi potensi pariwisatanya bagus,” kata Faza Meonk.

Yah, Genmuda.com doain deh supaya Si Juki bisa jalan-jalan lagi dan komiknya laris hingga Planet Mars, bukan cuma di Bumi. Amiin. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.