Mulai dari The SIGIT, Yuna, dan Charli XCX Tampil Penuh Kejutan di WTF 2017 | Genmuda.com
Home Hiburan Pengalaman ‘Aneh tapi Nyata’ Penampilan The SIGIT, Yuna, dan Charli XCX di WTF 2017
Pengalaman ‘Aneh tapi Nyata’ Penampilan The SIGIT, Yuna, dan Charli XCX di WTF 2017
Rekti mendalami banget nyanyiannya. ©Genmuda.com/2017 TIM

Pengalaman ‘Aneh tapi Nyata’ Penampilan The SIGIT, Yuna, dan Charli XCX di WTF 2017

Genmuda – Sebuah festival musik patut dihargai mahal bukan hanya karena lineup artisnya yang tenar, dekorasi mentereng, ataupun games-games seru yang ditawarkan. Tapi, juga yang bikin penontonnya punya cerita seru untuk dibahas sepanjang festival sampai nanti pulang ke rumahnya.

We The Fest 2017 di JI Expo Kemayoran, Jumat sore (11/8) menyajikan itu semua. Ketika festivalnya dibuka sama sayatan gitar ala-ala shoegaze dari Stars and Rabbit, ada banyak cerita di sana. Mulai dari tempat baru yang lebih gede hingga kisah-kisah yang mau Genmuda.com ceritain di bawah ini.

The SIGIT tanpa Black Amplifier: Keren tapi ada yang kurang

©Genmuda.com/2017 TIM
Begitu si Farri Icksan yang cool ini solo gitar, kelar dah idup lo. ©Genmuda.com/2017 TIM

Banyak yang beda dalam penampilan The SIGIT di WTF. Sejak kru nyiapin peralatan di atas panggung, penonton dibuat bingung sama kehadiran synthesizer. Padahal, band Bandung ini dikenal mirip band rock jaman dulu, yang alat musiknya drum, bass, gitar, dan mic buat vokalis.

Dengan suara unik synth ditambah animasi efek visual di latar panggung, penampilan Rekti Yoewono cs justru makin psychedelic. Meski Rekti sempet salah liat daftar lagu, The SIGIT main keren dari awal. Lagu “Conundrum” dari album “Detourn” (2013) dan “Alright” dari album “Visible Idea of Perfection” (2007) sih yang saik banget.

Ryan Pousson (22), cowok Australia yang dateng ke WTF bareng Sartika Said (23) langsung doyan sama band ini. Dalam Bahasa Inggris, cowok penggemar segala jenis musik itu bilang, “(The SIGIT) nge-rock banget. Aku bilang, sih, mereka layak disebut sebagai Led Zeppelinnya Indonesia.”

Hanya aja, penampilan mereka terasa ada yang kurang. Selama sekitar 60 menit main, mereka gak bawain lagu-lagu hits macam “Black Amplifier,” “Horse,” “Live in New York,” “Clove Doper,” dan “Soul Sister.” Padahal, lagu-lagu itu yang bikin hampir semua anak SMA tahun 2000-an pengen ngegigs rock n roll.

Juan (20), mahasiswa Indonesia di Exeter University Inggris yang lagi liburan ke WTF, bilang kalo “Gue masih aja terkesima dengan penampilan live SIGIT. Tapi, ada yang kurang karena mereka tidak bawain lagu lamanya.” Seperti halnya Juan, beberapa penonton pun bergumam “Yah? Udahan, nih?” ketika The SIGIT turun.

Sambil menikmati suasana WTF, Rekti bilang ke Genmuda.com kalo doi dan anak-anak emang sengaja bawain lagu yang jarang dimainin live. “Kalau salah songlist, itu baru benar-benar gak sengaja. Karena silau dan mata lagi rabun ayam, satu lagu di daftar jadi kelongkap,” cerita doi.

Yuna tetap di hati meski kesalahan teknis bikin keki

©Genmuda.com/2017 TIM
Penampilan elegan Yuna di panggung. ©Genmuda.com/2017 TIM

Saat bulan semakin tinggi di atas JIExpo, Yuna naik panggung juga sekitar 60 menit sambil bawain lagu-lagu hits, seperti “Places to Go,” “Crush,” dan “Used to Love You.” Dengan turban dan outer panjang sekaki, cewek kelahiran Malaysia yang meniti karier bermusik di Amerika Serikat ini nampil layaknya diva musik soul.

Penonton pun dibikin nge-groove berkat vokal powerful Yuna dan iringan band jago yang kompak. Meski begitu, penampilan doi bernasib seperti halnya penampilan The SIGIT: diwarnai insiden.

Saat Yuna lagi bawain lagu “Time” yang nyeritain dukungan nyokapnya, tiba-tiba terdengar suara distorsi berat seperti kabel jack korslet. Bising mendadak itu ngagetin Yuna sehingga doi berhenti nyanyi sementara musik terus main. Ketika doi menguasai diri lagi, lagunya dituntaskan.

Masalah teknis dari belakang panggung itu akhirnya kelar setelah konser berhenti selama sekitar 3-5 menit. Selama itu pula penonton nyemangatin Yuna supaya tetep tampil maksimal. Waktu senggang itu pun Yuna manfaatin buat ngenalin nama-nama personil band pengiring dan becanda ringan sama para fans.

“Kesalahan teknisnya sama sekali engga berpengaruh! Yuna tampil kuat banget. Ini kali pertama aku nonton live Yuna dan makin ngefans sama dia!” kata Naurah (20) dan Andika (21) kompakan.

Senada dengan cewek-cowok yang nonton konser berdempetan itu, Rizky Setiawan (22) juga bilang Yuna tampil pro banget. “Kalau dia manggung lagi di Indonesia, gue pasti nonton!” tuturnya semangat banget kayak orang abis lulus skripsi.

Charli XCX tampil sempurna, tapi perhatian penonton teralihkan

©Genmuda.com/2017 TIM
Charli XCX enerjik banget!
©Genmuda.com/2017 TIM

Aneh-tapi-nyatanya WTF tahun ini seolah gak ada habisnya. Setelah kejadian di konser The SIGIT dan Yuna memancing celoteh penonton, konser Charli XCX pun gak luput dari kejadian unik.

Bukan. Kejadiannya bukan berasal dari konser doi. Charli tampil kece badai dengan penampilan sangat sempurna, kok. Saking sempurnanya, suara vokal doi bener-bener tarasa seperti didenger dari rekamannya. Penampilannya juga konsisten tanpa fals padahal doi nyanyi sambil jejingkrakan.

Kejadian unik pada penampilan doi justru dateng dari bangku penonton, tepatnya di area VVIB. Pak Joko “Jokowi” Widodo nongol di area beranda pakai kaus lengan panjang kayak anak gaul sejati. SERIUS! PRESIDEN RI NONTON CHARLI XCX DI WTF 2017.

Dari jauh, Genmuda.com amati doi dateng bersama paspampres (yaiyalah!). Kehadiran dua negarawan itu jelas bikin penonton area kiri (deket beranda VVIB) beralih perhatian dari Charli ke Jokowi yang lagi dadah-dadah.

Ketika Pak Jokowi tertangkap kamera dan muncul di layar utama panggung, beberapa penonton area kanan sampai pindah ke area kiri. Meski penonton pada salah fokus, Charli tetep ngelanjutin konsernya, kok. Beberapa lagu yang doi bawain tuh “I Love It,” “Break the Rules,” “Boys,” “After the After Party,” “Fancy,” dan “Boom Clap.”

Dari tiga penampilan yang sempet Genmuda.com pantengin aja ada banyak cerita. Gimana kalo kamu dateng tiga hari berturut-turut. Pasti jadi kisah menarik buat anak-cucu nanti. (LEBAY!)

©Genmuda.com/2017 TIM
Pak Jokowi lagi menyapa penonton WTF dari tribun VVIB. ©Genmuda.com/2017 TIM

(sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.