Senin, 22 Januari 2018
Wadaw!

Peneliti Bilang Kim Jong-un Ternyata Seorang ‘Otaku’, Loh!

via: Wikipedia(Sumber: Istimewa)

Genmuda – Kalo Kawan Muda inget lagi, predikat ‘Otaku’ atau orang yang hobi sama anime atau manga, biasanya deket sama orang pendiam dan punya dunia mereka sendiri. Keberadaan mereka juga gampang ditemuin lewat penampilan dan gaya hidup yang penuh dengan Jepang-jepangan. Tapi stereotipe tersebut nampaknya akan terbantahkan lewat sosok pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un.

Yup, meski dikenal sebagai pemimpin paling kontroversial di jaman now, ternyata sebuah peneliti menemukan bahwa Kim Jong Un dulunya adalah seorang otaku. Temuan itu diungkap dalam program TV di Jepang, Yabai Hanashi The World (Pembicaraan Paling Berbahaya di Dunia).

Dilansir dari Anime News Network, dalam acara tersebut petinju profesional Jepang, Daiki Kameda berkesempatan mengunjungi ibukota Swiss, Bern, dimana pemimpin tertinggi Korut itu pernah kuliah dengan nama samaran pada tahun 90an.

Di sana Kameda bertemu sama Gabriel Mayer, seorang yang khusus meneliti kehidupan keluarga Kim Jong Un, mulai dari ayah, kakek, hingga saudara kandungnya. Mayer mengungkapkan bahwa saat di Bern, Jong-un adalah fans berat NBA, terutama Kobe Bryant dan Michael Jordan. Kecintaannya sama basket juga tersalurkan dengan membaca manga, “Slam Dunk.”

via: Narvii

Selain doyang baca manga karangan Takehiko Inoue itu, Jong-un diketahui juga menyukai manga “Dragon Ball” karya Akira Toriyama. Mayer menambahkan karena lebih sering baca manga ketimbang kuliah, beberapa narasumber yang pernah mengenalnya mengatakan bahwa Jong-un termasuk mahasiswa miskin dan punya nilai akademik yang buruk di kampusnya.

Setali tiga uang sama sang kakak, adik perempuannya, Kim Yo-jung juga dikenal sebagai penggemar berat manga “Sailor Moon” saat kuliah di luar negeri. Sedangkan beberapa media asing pernah mengungkap kalo sang ayah, Kim Jong-un merupakan seorang penggila film-film Hollywood dan punya koleksi sekitar 10 ribu film. Wadaw!

Tentunya fakta tersebut beda banget sama berbagai kebijakan Kim Jong-un yang selama ini dikenal gak mau kompromi sama negara lain, termasuk pada Amerika Serikat dan sekutunya. Eniwei, kalo doi emang otaku, bisa jadi fashion dan gaya rambutnya terinspirasi sama seragam geng-geng Jepang di manga “Slam Dunk” atau “Crows Zero.” “Who knows, right?”

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.