Selasa, 18 Juni 2019
Hiburan

Penantian Berakhir, Raisa Akhirnya Gelar ‘OPPO Raisa Handmade Tour’! (dan Sejumlah Hal yang Perlu Kamu Tau)

©Genmuda.com/2016 GabbyProject Officer Juni Concert, Chairi Ibrahim, Business Development Manager PT Juni Suara Kreasi, Adryanto Pratono, Raisa, dan perwakilan OPPO, Alina di konferensi pers 'OPPO Raisa Handmade Tour' di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (9/9) ©Genmuda.com/2016 Gabby

Genmuda – Menyusul perilisan album studio ‘Handmade’ pada bulan April yang lalu, kini Raisa akhirnya ngewujudin mimpinya buat ngegelar tur. Yup, Raisa bakal segera ngelangsungin ‘OPPO Raisa Handmade Tour’ mulai bulan Oktober mendatang.

‘OPPO Raisa Handmade Tour’ merupakan tur perdana Raisa dalam enam tahun perjalanan karirnya. Sebelumnya, penyanyi yang baru aja ngerilis single baru berjudul ‘Tentang Cinta’ itu udah lebih dulu ngegelar konser ‘Pemeran Utama’ di Jakarta dan Surabaya (2015) serta ‘Handmade Showcase’ (2016) dalam rangka peluncuran album ketiganya itu.

Secara garis besar, ‘OPPO Raisa Handmade Tour’ merupakan bentuk apresiasi Raisa atas seni yang begitu dicintainya sekaligus rasa syukur dan terima kasihnya kepada para penggemar setianya, YourRaisa. Lewat tur promo album terbarunya itu, doi pun pengen kembali ngasih pengalaman nonton dan nikmatin musik yang engga bakal bisa dilupain.

Namun demikian, masih ada lagi nih sejumlah hal menarik seputar ‘OPPO Raisa Handmade Tour’ yang perlu kamu tau, Kawan Muda. Mulai dari konsep, lokasi, tiket, dan segala macamnya, berikut ini Genmuda.com rangkumin 7 hal di antaranya, yang terungkap di konferensi pers ‘OPPO Raisa Handmade Tour’ di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (9/9):

1. Awal mula

©Genmuda.com/2016 Gabby
Business Development Manager PT Juni Suara Kreasi, Adryanto Pratono dan Raisa di konferensi pers ‘OPPO Raisa Handmade Tour’ di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (9/9) ©Genmuda.com/2016 Gabby

‘OPPO Raisa Handmade Tour’ pada dasarnya merupakan proyek keempat dari PT Juni Suara Kreasi. Meski begitu, keinginan buat ngewujudin tur tersebut sebetulnya udah ada dari lama, bahkan dari saat Raisa baru ngeluncurin album self-titled di tahun 2011.

“Tur ini adalah cita-cita saya dan Raisa. Dari pertama Raisa punya album self-titled di 2011, kami sudah pengen banget ngejalanin tur. Sambil kami memupuk cita-cita itu akhirnya di tahun lalu waktu lagi godog album ‘Handmade’ tercetuslah ide tur,” ungkap Business Development Manager PT Juni Suara Kreasi, Adryanto Pratono, yang akrab disapa Boim.

2. Konsep kayak ‘Handmade Showcase’

Secara konsep, ‘OPPO Raisa Handmade Tour’ engga bakal jauh beda dari ‘Handmade Showcase’. Dengan konsep yang “intimate“, Raisa bakal berusaha buat tampil lebih dekat dengan para YourRaisa, entah itu dengan ngajak nyanyi atau selfie bareng di atas panggung kayak yang terjadi di showcase yang berlangsung di Ciputra Artpreneur pada tanggal 27 April lalu tersebut.

Kami akan mengusung konsep intimate dengan penonton, yang dikembangkan dengan visual, lighting, dan sound system yang baik. Kami membuat konsep yang sama tanpa ada perbedaan di tiap kota,” kata Project Officer Juni Concert, Chairi Ibrahim.

Di samping itu, di ‘OPPO Raisa Handmade Tour’ Raisa juga bakal kerja sama lagi bareng Isha Hening, seorang motion artist yang sempat ngegarap visual di konser ‘Pemeran Utama’. Isha nantinya bakal kembali ngehadirin deretan visual indah lewat media layar LED buat nyempurnain penampilan Raisa.

“Konsep emang dari aku, karena sekarang Alhamdulillah punya kendali untuk mewujudkan apa visiku, jadi aku benar-benar bawel. Kami berusaha mewujudkan semaksimal mungkin dengan tempat dan harga tiket yang akan kami jual,” tambah Raisa.

3. Persiapan

©Genmuda.com/2016 Gabby
Raisa di konferensi pers ‘OPPO Raisa Handmade Tour’ di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (9/9) ©Genmuda.com/2016 Gabby

Menurut Raisa, persiapan rangkaian ‘OPPO Raisa Handmade Tour’ udah dimulai dari awal tahun ini. “Dari pas sebelum launching album ‘Handmade’ itu kami udah mulai mengkonsepkan,” ujar Raisa. Sedangkan buat persiapan lainnya, yang pasti sih doi rutin latihan dan jaga kesehatan.

“Secara fisik pastinya kalo buat di panggung harus latihan kardio. Walaupun aku sebel banget, itu semua pasti harus dilakukan, karena ‘kan untuk napas dan song list-nya lebih panjang dari manggung biasa. Terus, ya pastinya cukup tidur. Mungkin mendekati tanggal turnya aku akan lebih banyak waktu kosong untuk persiapan off stage,” jelas Raisa.

4. Waktu dan tempat

Rencananya, rangkaian konser ‘OPPO Raisa Handmade Tour’ bakal berlangsung selama sebulan penuh, dengan jeda seminggu buat pertunjukan spesial Raisa di Sydney. Ada 5 kota yang bakal didatangin Raisa, yaitu Bandung (El Dorado, 7/10), Surabaya (The Hall, 19/10), Malang (UMM Dome, 22/10), Solo (Best Western Hotel, 26/10), dan Yogyakarta (Sahid Hotel, 29/10).

FYI, Jakarta sengaja engga dimasukin dulu di ‘OPPO Raisa Handmade Tour’ karena Raisa juga pengen berbagi pengalaman sama YourRaisa di luar Jakarta. “Semoga ke depannya bisa ngasih pengalaman yang merata. Kadang aku suka engga enak kalo misalnya main di kota ini bisa maksimal, tapi begitu pindah kota aku engga bisa [maksimal],” beber Raisa.

Sementara itu, buat kamu para YourRaisa di luar Jawa, sekarang kamu mungkin masih harus sabar dulu. Menurut Boim, ‘OPPO Raisa Handmade Tour’ di Pulau Jawa merupakan “etape pertama” dan pihaknya pengen banget ngebawa tur tersebut ke pulau-pulau lain di Indonesia. “Kami masih cari waktu dan ngumpulin semuanya biar infrastruktur yang jadi tantangan kita bisa kami lewatin.”

5. Harga tiket

©Genmuda.com/2016 Gabby
Raisa di konferensi pers ‘OPPO Raisa Handmade Tour’ di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (9/9) ©Genmuda.com/2016 Gabby

Secara keseluruhan, harga tiket ‘OPPO Raisa Handmade Tour’ sebenarnya hampir sama di tiap kota, dengan Festival dibandrol sekitar 175 ribu rupiah, VIP 615 ribu rupiah, dan VVIP 890 ribu rupiah. Yang agak beda palingan cuma di UMM Dome, Malang. Meski begitu, Raisa dan Juni Concert bekerja sama dengan elevenia sebagai official online ticket box bakal ngasih penawaran early bird mulai Senin (12/9) depan pukul 12.00 WIB, dengan tiket VIP dijual 395 ribu rupiah dan VVIP 725 ribu rupiah.

6. Rencana kolaborasi

Terkait siapa yang pengen doi ajak buat kolaborasi di ‘OPPO Raisa Handmade Tour’, Raisa ternyata pengen banget ngundang Afgan biar mereka bisa duet di lagu ‘Percayalah’. Walau demikian, doi pengen pula berkolaborasi dengan paduan suara anak yang berasal dari kota di mana doi ngelangsungin tur.

“Soal choir kebetulan aku pengen banget ngehadirin choir anak-anak lokal di setiap kota. Itu akan jadi pengalaman yang bermanfaat banget buat aku. Ngasih pengalaman ke anak-anak itu akan jadi hal yang penting juga buat mereka. Semoga semua lancar-lancar aja,” kata Raisa.

7. Kekhawatiran dan harapan Raisa

©Genmuda.com/2016 Gabby
Penampilan Raisa di konferensi pers ‘OPPO Raisa Handmade Tour’ di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (9/9) ©Genmuda.com/2016 Gabby

Kalo ditanya khawatir atau engga, Raisa ngakuin bahwa dirinya justru semangat banget buat ngejalanin ‘OPPO Raisa Handmade Tour’. “Kekhawatiran mungkin lebih ke arah teknis, karena ini satu hal besar yang belum pernah kami lakukan sebelumnya. Cuma Insya Allah engga akan gimana-gimana banget.”

“Untuk semua YourRaisa yang ada di 5 kota [‘OPPO Raisa Handmade Tour’], tunggu kedatangan Raisa. Saya akan berusaha ngasih spirit yang sama di tiap kota, pokoknya kita akan seru-seruaan banget,” tandas Raisa. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer