Rabu, 17 Juli 2019

Genmuda – Selain jadi orang nomor satu di Republik Indonesia, sosok Presiden Joko Widodo dikenal sebagai orang yang humoris dan merakyat. Bahkan setiap perbuatan kecil Pak Jokowi, seakan langsung jadi viral di dunia maya.

Belum lama ini aja, saat digelar aksi demonstrasi Super Damai (2/12), netizen turut membicarakan sosoknya. Ada yang serius ada juga yang bercanda. Salah satunya adalah payung biru yang Pak Jokowi kenakan turut menginspirasi para pedagang payung buat menjualnya secara masal. Kreatif kan?

via: Instragram
Kaesang aja sempat ngebecandain payung yang dipakai oleh bapaknya. (Sumber: Instagram)

Nah, belum ada seminggu, Minggu (4/12), sekarang Pak Presiden pamerin sendal yang doi beli waktu mampir ke Balikpapan. Pada laman Facebook beliau dituliskan bahwa sendal bermerk Fladeo tersebut punya kualitas dan harga yang terjangkau.

Tak ayal, kabar satu ini jadi viral di kalangan netizen. Sejak berita ini diturin sama Genmuda.com, tercatat udah ada sekitar 2.500 komentar, 3500 di-shared, dan 35.000 likes dari postingan tersebut. 

Salah satu netizen, Gardini A. Kurnia menulis, “Sering-sering bantu promo produk lokal pakdhe, biar bisa mendukung karya anak bangs, untuk perekonomian rakyat sejahtera.. selalu sabar dan tabah nggih Pakdhe… Semangat.”

Eniwei, selain ‘sendal biru’ tersebut sebenarnya beberapa barang-barang yang dipakai Pak Jokowi itu hampir selalu buah bibir, dan trend. Tapi sebagai Generasi Muda, sejatinya ada banyak hikmah yang bisa kamu ambil dari sendalnya Pak Jokowi. (bukan cuma label merk atau harga ya!). Yuk, simak baik-baik artikel di bawah:

Cintai dan bangga pakai produk lokal

produk-indonesia.gif

Semboyan ini sejatinya bukan cuma milik om Alim Markus dan oma Titiek Puspa doang. Dari Orde Baru hingga Reformasi semboyan ini emang jadi jargon supaya industri lokal bisa bersaing sama produk luar. Di tengah maraknya produk-produk luar, Pak Jokowi justru ngasih contoh, supaya produk lokal bukan cuma dicintai, tapi juga dibanggain. Di captionnya postingan beliau aja ditulis kalo kualitasnya bagus. Jadi jangan cuma bangga pakai produk luar buat nongkrong dong. “Yuk, cintailah produk-produk Indonesia.”

Jadilah diri kamu sendiri

via: Figure
Engga perlu berubah jadi Kamen Rider Black, itu cukup Bang Kotaro Minami aja (Sumber: Istimewa)

Revolusi karakter dan mental di Indonesia itu pun bisa tergalangkan sama kecintaan Kawan Muda akan produk lokal. Dalam poin ini, bisa dilihat kalo Pak Jokowi tetap bangga mengenakan produk-produk Indonesia meski beliau adalah orang nomor satu di Indonesia. Pesan moralnya, jadi diri kamu sendiri itu terbukti penting banget kan buat ngebentuk karakter Indonesia di masa depan. Ntap!

Tetap nyaman sama pakaian yang kamu punya, jangan gengsi!

via Republika Online
Pak Jokowi dan bomber jacket-nya (Sumber: Istimewa)

Percaya, engga sedikit anak muda yang minder atau kurang pede mengenakan pakaian yang mereka punya. Apalagi kalo itu buatan, Indonesia. Ngaku aja deh! Coba kamu liat sosok Pak Jokowi, mulai jaket bomber, payung biru, dan sendal biru, semuanya tetap kece dipakai beliau. Dan yang paling penting beliau tetap nyaman pakai itu semua, bahkan jadi tren buat anak muda pula.

Indonesia itu kaya sob, jadi jangan cuma beli ‘oleh-oleh’ yang itu-itu doang

©Genmuda.com/2016

Oke, kesampingkan dulu Pak Jokowi-nya, soalnya doi emang lagi ada tugas negara pas pergi ke Balikpapan. Tapi mari sekarang kamu bayangkan kalo kamu wisata ke Balikpapan, Bali, atau daerah lainnya? Pernah engga kepikiran beli sendal buatan lokal? Engga? Yaudah, berarti kamu perlu banyak piknik dan cari hal-hal baru di penjuru Indonesia. Yuk, banggalah menjadi Indonesia!

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.