Rabu, 13 November 2019

Genmuda – Sampai sekarang ini Indonesia masih termasuk ke dalam daftar negara berkembang di dunia. Tentu dengan julukan negara berkembang, masih banyak yang harus diperbaiki di dalam negara kita yang tercinta ini.

Menurut Kawan Muda, kira-kira apa aja sih yang masih harus dibenahi di Indonesia ini? Nah, biar jadi referensi bagi kita semua, mungkin kita bisa belajar dari beberapa negara maju berikut ini supaya Indonesia bisa jadi lebih baik lagi sebagai salah satu negara berkembang. Yuk, cekidot gaes!

Tiongkok

Walaupun kita sering bilang Negara ini sebagai salah satu Negara KW, duplikat atau pembajak, namun harus kita akuin kalau Tiongkok menjadi salah satu negara dengan ekonomi terkuat di dunia.

Mungkin pelajaran buat Indonesia bukan dalam hal membajak, tapi bagaimana Tiongkok membangun ekonomi yang kokoh bersama masyarakatnya. Baidu search engine yang merupakan produk dari negeri ini pun diwajibkan digunakan oleh seluruh masyarakat di Negeri Tirai Bambu.

Singapura

Yup, Kawan Muda pasti tau dong sama negara satu ini. Sebagai sesama anggota negara ASEAN, Singapura justru menjadi Negara yang lebih maju dibanding Indonesia, padahal luas wilayahnya kurang lebih hanya seluas Pulau Bali aja. *serius

Menurut Kawan Muda apa yang bisa dipelajari dari Singapura? Bener banget! Yang penting adalah gimana caranya ngelola sumber daya manusia dan sumber daya alam yang minim tapi bisa jadi hasil yang maksimal. Percuma kalo sumber daya manusia banyak tapi kualitasnya rendah, justru akan menjadi beban buat diri sendiri dan negara.

Korea Selatan

Negara ini terkenal banget nih sama dunia musik dan perfilman yang mendunia. Hebatnya, Korsel bisa mendunia meskipun tetap bertahan dengan menggunakan bahasa asli mereka loh.

Lihat kan, Kawan Muda gimana kerennya ‘Negeri Gingseng’ memopulerkan nama mereka selayaknya indutri K-Pop yang selalu ditunggu tunggu oleh fans dunia. Belajar dari sana, mungkin Indonesia harus jeli dalam mengangkat industri kreatif Indonesia ke kancah internasional.

Kira-kira negara maju mana lagi nih yang bisa jadi ‘guru’ buat Indonesia? Yang penting, sebagai generasi muda kita juga punya andil besar loh buat jadiin Indonesia lebih maju lagi dari sekarang. Semangat Kawan Muda! (sds)

Comments

comments