Senin, 18 Februari 2019

Genmuda – Yang namanya kencan pertama atau first date emang jadi satu momen paling mendebarkan dalam hidup seseorang. Mulai dari strategi buat PDKT, ngajak nge-date, sampe bingung milih pakaian yang pas, pokoknya serba-salah dan tetap berbunga-bunga deh.

Kendati ini jadi momen terpenting buat kelanjutan hubungan kamu sama si gebetan, engga sedikit dari Kawan Muda yang ngerasa canggung atau engga ada bahan obrolan saat kencan pertama. Biar urusan asmara kamu lancar ada baiknya JANGAN memulainya dengan kalimat kayak gini:

Being late

“Sorry ya tadi telat!”

Genmuda.com sebelumnya udah pernah bahas kalo ‘telat’ adalah salah satu hal yang bisa ngerusak kencan pertama kamu. Tau sih, kamu dateng telat, tapi kebanyakan cewek engga butuh alasan kenapa kamu telat. Mereka lebih mikir kenapa kamu engga lebih siap dari mereka. Nah, daripada kamu dicap cowok ‘omdo’, mendingan dateng lebih awal deh saat kencan pertama.

“Ini aku sempet-sempetin loh ketemu kamu”

Duh! Jangan pernah bilang kayak gitu deh saat kencan pertama. Diksi (baca: pemilihan kata) kayak gitu tuh nimbulin kesan terpaksa. Wajar kalo kamu kikuk saat pertama kali nge-date, tapi diksi kayak gitu jelas bukan pilihan tepat buat ngebuka obrolan.

“Oia, ortu aku mau kenalan sama kamu..”

What? Ini judulnya baru kencan pertama loh. Kalo kamu udah bilang kalimat kayak gitu bisa jadi gebetan kamu udah resah duluan. Bahkan kalo doi engga kuat mental yang ada udah kabur atau sawan duluan habis nge-date.

YOLO

“Pacar gue terakhir itu..”

HARAM bawa-bawa mantan di kencan pertama. Tujuan kamu nge-date dengan orang baru kan membuka lembaran baru, bukan ceritain seluk beluk hubungan kamu sama mantan kamu. Jika masih kekeuh nyoba, penulis cuma bisa bilang, “Silakan menikmati kencan pertama basi!”

“Aku pengen serius sama kamu..”

Aih, kenalan di Tinder aja baru dua minggu terus langsung diajak serius. Kamu itu gebetan atau dosen yang suka kasih kuis dadakan? Santai gaes, kencan pertama kan proses mengenal diri satu sama lain. Toh, kamu juga belum kenal pribadi masing-masing kan? Kebelet nikah banget nih?

What do you mean

“Udah lama juga sih gue engga ketemu orang berdua kayak gini,”

Engga ada yang salah, tapi BASI aja. Syukur-syukur kalo gebetan kamu selow, kalo sebaliknya doi baperan dan ngerasa kesinggung mungkin bisa mikir kayak gini, “Jadi lo takut ketemu sama gue?” Makanya pikir dulu deh sebelum ngomong kayak gitu, daripada doi tersinggung.

“Kamu cantik, terlihat sederhana.”

Ambigu nih. Cantiknya mungkin terdengar enak, tapi kata ‘sederhana’ itu bisa jadi blunder buat kamu. Coba posisiin kamu yang jadi doi, bisa jadi doi udah mandi dari jam 1 siang, siap-siap make up, gambar, alis, atau pilih baju. Padahal kencannya baru jam 7 malam. Jelas itu bukan hal yang terlihat sederhana ya.

“Aku ini sekolah/kerja di bla..bla..bla..”

Mayoritas kencan pertama itu kandas karena ada salah satu yang merasa lebih dominan. Dalam kasus ini misalnya kamu tuh terlalu nyombongin pekerjaan atau status sosial kamu. Perlu digarisbawahi (pake spidol kalo bisa), engga semua orang (apalagi cewek) peduli akan status sosial atau perkerjaan seseorang saat kencan pertama. Namanya baru PDKT, cocok bisa lanjut, engga cocok ya jadi temen baik aja bisa kan?

“Kayaknya kalo kita married nanti enak ya.. bla..bla..”

Sama kayak poin sebelumnya. Belum tentu semua orang itu langsung tertarik pada kencan pertama mereka. Bayangin kalo kamu engga sengaja denger ada anak SMA yang bilang gitu pas mereka jalan di mal. Geli dan emosi engga?

Surprise Girl

“Kamu lucu deh kayak kucing aku di rumah.”

Lah? Ini gebetan kamu loh, jangan disamain sama peliharaan di rumah dong. Kita tuh engga bisa diginiin terus. *canda.

Gimana, jadi udah siap belum nih buat kencan pertama? Mumpung udah mau Lebaran kan, masih aja betah jadi jomblo? He-he.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.