Jum'at, 17 November 2017
Kekinian

Patricia AsNTM: Indonesia Fashion Week 2016, Ajang Berkarya Para Desainer Lokal Tanah Air

Patricia Gunawan di IFW 2016, Kamis (10/3) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)

Genmuda – Indonesia Fashion Week 2016 udah resmi digelar dari hari Kamis (10/3) kemarin di Jakarta Convention Center (JCC). Banyak pecinta fesyen pun hadir di acara bergengsi yang diadain sama Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) itu, engga terkecuali model Patricia Gunawan.

Ditemui Genmuda.com usai acara pembukaan IFW 2016, Patricia, yang tahun ini kebetulan lagi engga tampil di fashion show IFW, sempat ngungkapin pendapatnya soal tema yang diusung acara yang udah memasuki tahun kelimanya itu, yaitu ‘Reflections of Culture’. Menurutnya, tema tersebut sangat bagus, khususnya buat desainer maupun bahan-bahan lokal Tanah Air.

Menurut aku bagus banget. Indonesia Fashion Week benar-benar membawa desainer Indonesia, apalagi bahannya juga bahan-bahan lokal Indonesia kayak batik dan tenun. Itu sangat baik. Aku sendiri memang suka banget sama tenun,” kata Patricia, yang datang ke IFW 2016 hari pertama bareng desainer Kanaya Tabitha.

Pendapat Patricia itu pun senada dengan penjelasan Presiden IFW Poppy Dharsono terkait tujuan diadainnya IFW. Dalam konferensi pers usai pembukaan IFW 2016, beliau ngejelasin kalau IFW diadain buat nyiapin para desainer lokal supaya mereka bisa punya produk bernilai tambah, khususnya dalam era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) seperti sekarang ini.

Konferensi pers IFW 2016 di JJC, Kamis (10/3) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)
Konferensi pers IFW 2016 di JJC, Kamis (10/3) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)

Kami memakai tema ‘Reflections of Culture’ yang berarti bagaimana kita bisa menciptakan produk-produk Indonesia dengan basis atau inspurasi budaya kita sendiri. Mengapa? Agar produk kita di pasar Masyarakat Ekonomi  ASEAN bisa jadi lebih unik dibanding atau sejajar dengan negara-negara ASEAN lainnya,” tutur beliau.

Sementara itu, terkait dengan keterlibatannya di AsNTM 4, Patricia ngejelasin kalau awalnya doi sama sekali engga pernah pengen buat ikutan reality show pencarian model se-Asia itu. “Dari cycle 1 teman-teman aku udah nyuruh ikut, tapi aku engga mau. Terus, pada saat itu kebetulan memang aku pikir kenapa engga aku coba tahun ini dan aku juga abis putus sih, jadi ya udah ikut aja.”

Di samping itu, dulu Patricia ternyata juga engga pernah berniat buat jadi model loh, Kawan Muda. “Dulu tuh juga engga pernah pengen jadi model, tapi aku harus kerja untuk membiayai diri aku sendiri. Kebetulan dapat tawaran kerjanya di modeling, ya udah aku coba.”

Patricia Gunawan di IFW 2016, Kamis (10/3) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)
Patricia Gunawan di IFW 2016, Kamis (10/3) (Foto: Genmuda.com/2016 Gabby)

Hingga seiring berjalannya waktu, Patricia, yang juga pernah ikutan Miss Indonesia dan sampai sekarang masih suka jadi MC, akhirnya jatuh cinta sama industri modeling. “Sejujurnya, aku bukan tipe yang kontes kecantikan banget, jadi hati aku lebih ke model. Kalau MC, dulu orang-orang Femina ngelihat potensi aku pas tahun 2010. Aku selalu takut dan engga pedean orangnya, tapi ngebanyol iya selalu.”

Meski begitu, Patricia ngakuin pula kalau tujuan utamanya sekarang engga terbatas pada dunia modeling aja. “Tujuannya sih sebenarnya sekarang apa aja deh, yang penting halal. Aku juga ada bisnis sendiri, soalnya dari SMA aku jiwanya memang udah jualan banget. Bahkan, aku inget banget dulu show IFW di JCC aku bawa-bawa koper dan di backstage aku gelar jualan.”

Nah, buat kamu yang mau tahu sejauh mana perjalanan Patricia di AsNTM 4 — apakah doi berhasil ngikutin jejaknya Ayu Gani jadi juara AsNTM atau engga, kamu tonton aja saluran TV kabel Star World setiap hari Rabu pukul 20.00 WIB. Rabu (9/3) kemarin udah mulai episode pertamanya loh.

Sebaliknya, buat kamu yang mau lihat kayak gimana karya para desainer Tanah Air di IFW 2016, kamu buruan datang aja ke JCC. Total ada 480 brand, 32 fashion show, dan 12 ribu outfit yang bisa kamu lihat di IFW 2016 sampai hari Minggu (13/3) nanti. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer