Senin, 11 Desember 2017
Wadaw!

Pasti Ada Banget! 7 Efek “Demam Korea” Ini Selalu Muncul di Sekitar Kamu

via Twitter.com(Sumber: Twitter.com)

Genmuda – Pecinta ahjussi rasa oppa mana suaranya? Yuhuu! Demam Korea melanda kaum muda di berbagai penjuru dunia, termasuk kamu yang lagi baca ini. Ckckck. Bahkan lirik soundtrack “Descendants of the Sun” ini kayaknya juga dihapal di luar kepala.

You are my everything, byeolcheoreom ssodajineun unmyeonge

Geudaeraneun sarameul mannago, meomchwobeorin nae gaseumsoge

Dan hanaui sarang, you are my everything

Kalo sebagian cewek kurang suka pacar main game kayak lagi selingkuh, cowok kurang suka kalo pacarnya keseringan nonton drama Korea. Katanya sih, takut ceweknya lebih cinta sama ahjussi dan oppa ketimbang sama mereka yang lagi teriak-teriak sambil online Mobile Legends.

Oke! Kembali ke laptop! Saat ini, Genmuda.com mau ngebahas sejumlah dampak “Demam Korea” yang efeknya makin terasa sepanjang tahun, jauh lebih terasa daripada kali pertama istilah Korean Wave atau Korean Hallyu diperkenalkan bertahun-tahun lalu. Check this out!

1. Wajah Tampan Oriental Bertebaran dimana-mana!

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Hanya ponsel, earphone, dan pastinya drama Korea yang bisa menyelamatkan seseorang (biasanya cewek) dari sadisnya ‘kekerasan’ penuh-sesak angkutan umum di jam sibuk. Lebay, sih. Tapi, kenyataan emang gitu. Coba aja lihat.

Banyak kok penumpang nonton “Goblin,” “Strong Woman Do Bong Soon,” “While You Were Sleeping,” dan judul lain yang kalo dijabarin jumlahnya melebihi list mantan pacar. Yah, paling enggak, hiburan yang mempengaruhi standar kegantengan itu bikin penumpang tenang tanpa khawatir emosi lalu jambak-jambakan karena rebutan tempat duduk.

2. Makanan Asem yang Dicintai

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Kimchi dibuat dari sayuran terfermentasi dan diberi bumbu pedas khas Korea. Rasanya asam, tapi gak seasam diputusin pacar. Sebaliknya, kalo dimakan sambil mikirin Gong Yoo oppa, asamnya hilang. Anyway, Menu wajib orang Korea itu sering disajiin di tiap waktu makan.

Kalo berkunjung ke warung makan pun, kimchi tersaji sebagai salah satu menu pembuka. Se-addict itu orang Korea dengan makanan pedas-asam tersebut. Penggemar Korea di Indonesia pun maksain diri mulai suka sama makanan yang rasanya terbilang unik itu.

3. K-Resto

(Sumber: Istimewa)

Restoran atau cafe penuh nuansa ke-Koreaan mulai jadi tren. Para kids zaman now, baik berpasangan atau sama temen (hadeh, kasian. Jomblo) pun nongkrong di K-Resto, seperti halnya mereka berbondong-bondong dateng ke cafe dan resto bernuansa Western.

Selain kimchi, berbagai makanan seperti tteokpokki, ramyeon, odeng, kimbab, jjajangmeyon dan bibimbap adalah deretan makanan khas Korea yang paling sering dipesan. Abis itu, bokek dan agak-agak menyesal. *Canda.

4. “Aigoo! Jinja? Saranghaeyo”

Bahasa bisa dipelajari lewat banyak cara, salah satunya dengan membaca subtitle. Dan, orang yang ketularan “Demam Korea” akan menemukan frasa ungkapan khas macam aigoo, jinja, araseo, saranghaeyo, dan masih banyak lagi.

Kosakata itu akhirnya dipakai pada keseharian. Saat jatuh, teriaknya “Aigoo, sakit” gak lagi “sial!” Ketika terkejut atas cerita temen, ngomongnya “Jinja!?” gak lagi “Sumpah lo? Susu tumpah di muka lo!”

5. Girl Band & Boy Band

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Nah, ini dia yang bukan hanya disukain cewek tetapi juga cowok. Yups, yang dimaksud tak lain adalah girl band dan boy band. Nama besar kayak Twice, SNSD, Sistar, G-Friend, dan Red Velvet adalah beberapa list girl band ternama yang bikin cowok ngeces tiap nontonin tarian mereka. Huft!

Boy band-nya sebut aja BTS, EXO, SUJU, BIGBANG, juga Wanna One. Wah, kalo udah denger nama mereka, bakalan ada cewek yang menjerit, “Awww, aigoo, saranghaeyo oppa,” sambil berjingkat-jingkat dengan semangat.

6. Fashion Style

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Kalo buka Instagram, berbagai jenis olshop lewat di timeline dengan aneka produk, mulai dari kosmetik, baju setelan, celana, rok, topi hingga outfit lainnya. Coba perhatiin lagi. Sebagian besar produknya bergaya Korea. Bahkan modelnya pun berwajah kayak orang Korea.

Olshop juga pinter manfaatin momen. Contohnya, ketika drama “Descendant of The Sun” nampilin sang aktris wanita Song Hye Kyo menggunakan sebuah model sepatu. Gak lama, Olshop munculin jenis sepatu berbentuk sama, tapi dengan tingkat kualitas dan harga beda.

Peminat sepatu KW Super itu juga terbilang banyak. Emang yah, kalo punya otak bisnis, apapun bisa diduitin. Yaudah, gitu aja.

7. Tren Make Up

Di dunia kampus, fenomena ini udah mewabah banget, gengs. Dulu banyak anak muda yang pergi kemana-mana pake make-up yang tebel kayak mau kondangan, kalo kids zaman now lebih suka sama make up tipis-natural kayak eonnie drama Korea.

Perhatiin deh make-up mereka yang cenderung alami. Wajah putih kemerah-merahan itu dihasilkan oleh blush-on dengan pewarna bibir yang kalem jadi ciri khas para pemain wanita drakor. Alhasil, merajalelah tren make up kayak gini di anak muda.

Nah, kira-kira efek “Demam Korea” apa nih yang paling kamu rasain? Atau jangan-jangan, kamu sampe demam betulan begitu liat jogetnya anak-anak SISTAR yang cetar? (sds)

Comments

comments