Minggu, 22 Oktober 2017
Gaya HidupTeknoTeknomotive

Pantesan Baterai HP Kamu Cepet Rusak, Sering Sepelein Hal Receh Ini, sih!

©Genmuda.com/2016 TIM©Genmuda.com/2016 TIM

Genmuda – Di dunia itu gak ada yang abadi, mau itu usia, harta, tahta, dan baterai handphone. Kok gitu? Yaudah, kita anggap aja kamu masuk generasi kekinian yang gak bisa lepas dari smartphone.

Perkara baterai handphone sering cepet habis atau rusak jelas bisa ganggu kesenangan kamu. Mau telponan sama pacar jadi susah, mau cari barang diskon di Instagram repot, atau mau kepoin mantan sama pacar barunya juga udah gak bisa. Sedih kan.

Tapi gengs, kalo sebelumnya Genmuda.com pernah bahas 7 cara aman ngecas smartphone kamu supaya tahan lama, sekarang kami bakal kasih tau kebiasaan receh yang justru bikin baterai smartphone kamu pensiun dini. Berikut rangkumannya!

1. Ngecas pake powerbank

©Samsung
©Samsung

Tau gak, powerbank itu sebenernya gak dianjurin buat dipake rutin buat smartphone kamu, apalagi pas ngecas sambil dimainin. Selain pengisian dayanya gak maksimal, baterai kamu bisa cepet panas hingga rusak. Yang paling parah, baterainya bisa aja meledak.

2. Colok bukan pada adaptornya

Thino Pocket Charger mudahkan kamu dalam mengisi baterai handphone (Sumber: indiegogo.com)

Kamu pikir modal kabel usb doang udah cukup nyelesain masalah? BIG NO! Belum tentu daya adaptor lainnya sesuai sama baterai smartphone kamu. Ditambah lagi kalo kapasitas baterainya besar. Cara ini juga berlaku di USB port kendaraan atau laptop ya. Jadi kalo emang gak kepepet-kepet banget mendingan selalu ngecas pake charger bawaan kamu aja.

3. Selalu diisi sampe 100 persen

via istimewa
(Sumber: Istimewa)

Ini kebiasaan yang suka salah diartikan oleh kebanyakan dari Kawan Muda. Menurut direktur Argonne Collaborative Center for Energy Storage Science (ACCESS), Venkat Srinivasan, pengisian baterai hingga 100 persen justru akan menurunkan kandungan elektrolit baterai sehingga dayanya cepat habis. Doi sih menganjurkan untuk mengisi baterai di angka 30-80 persen.

4. Kebanyakan aplikasi dan notifikasi gak penting

via lifehack.org
(Sumber: lifehack.org)

Bayangin deh, di satu smartphone kamu punya 3 aplikasi chatting, dan notifikasi ketiganya sama-sama banyak. Gimana gak cepet habis baterai kamu? Kalo emang ada aplikasi yang jarang dipake mendingan dihapus aja.

5. GPS aktif

via: Google
Main Pokemon Go yang boros baterai misalnya (Sumber: Istimewa)

GPS emang berguna banget di saat kamu cari rute jalan atau pesen ojek online. Tapi perlu diinget, GPS juga bikin baterai kamu makin cepat habis. Penting juga buat cari tau aplikasi apa yang butuh dukungan GPS di smartphone kamu. Kalo cuma buat update status location di medsos kamu doang, kayaknya itu gak perlu-perlu banget deh.

Comments

comments

Saliki Dwi Saputra
Penulis dan tukang gambar.