Kamis, 25 April 2019

Genmuda – Blibli.com bersama Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, pagi ini (3/2) telah meresmikan 2 RPTRA sekaligus yang berlokasi di pinggir rel dekat stasiun Duri, Jl. Krendang Barat, Tambora, Jakarta Barat, dan di wilayah Kedoya, Jakarta Barat.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan, ruang publik yang ia gagas ini fungsinya melebihi taman tematik, yang diketahui banyak dibangun di Bandung oleh Ridwan Kamil. “RPTRA bukan taman. Taman bisa ada di dalam RPTRA, tapi RPTRA engga ada di dalam taman. RPTRA itu dibangun biar masyarakat sekitar mempunyai sarana untuk saling mengenal, memperdulikan, dan memperhatikan warga sekitar.” kata Ahok.

IMG_4616
Pak Ahok sedang melempar bola basket. (Foto: Genmuda.com/2016 Bobi Brilyan Bastenjar)

Sebelumnya, menanggapi pembangunan ini, Kusumo Martanto selaku CEO dari blibli.com menyampaikan, “Di Jakarta, ketersediaan ruang publik yang masih bersih itu sangat sedikit. Kami, mendukung penuh program dari PemProv, terutama Gubernur,” jelasnya. Ia pun menambahkan, “Kemajuan teknologi dan informasi bisa memberi  dampak positif bagi kita, jika kita benar melakukannya. Manfaatnya sendiri pun bisa dirasakan oleh semua golongan masyarakat.”

Kiri (putih): Kusumo Martanto, Kanan: Ahok (Foto: Genmuda.com/2016 Bobi Brilyan Bastenjar)
Kiri (putih): Kusumo Martanto, Kanan: Ahok (Foto: Genmuda.com/2016 Bobi Brilyan Bastenjar)

Buat ngatasin perilaku menyimpang yang bisa terjadi di taman-taman, Pak Ahok mengumumkan bahwa dirinya akan menempatkan orang untuk menjaga kebersihan tiap RPTRA dan menempatkan kamera pengintai, “Pake CCTV, monitornya ada di ruangan saya. Jadi engga bakal lagi ada yang iseng, mesum atau segala macem lah. Saya sudah membentuk dan menggaji pengurus, tentunya butuh kerjasama juga masyarakat sendiri. Kalo lurahnya engga mau laporin, nanti saya cuci gudang. Mending jangan suudzon atau paranoid,” tambahnya.

FYI nih, RPTRA Krendang memiliki fasilitas Wi-Fi, aula serbaguna, lapangan bermain, taman toga, ruang menyusui, PKK Mart, perpustakaan, toilet umum dan disabilitas, taman interaksi, amfiteater, dan komposting atau tempat pemilahan sampah. Semua fasilitas yang tersedia di RPTRA merupakan hasil rembuk bersama warga sehingga pemprov DKI dan blibli.com menampung aspirasi dan kebutuhan untuk mewujudkan ruang yang nyaman.

RPTRA krendang berdiri di atas tanah seluas 1.692 meter pergesi (m2). Kemudian, RPTRA Kedoya Utara dibangun di atas lahan seluas 1.700 meter persegi. Blibli.com merupakan satu-satunya perusahaan e-commerce di antara sejumlah perusahaan swasta yang menjalin kerja sama dengan Pemprov DKI untuk membangun RPTRA. (adv)

Comments

comments

Bobi Brilyan Bastenjar
Valar Morghulis