Selasa, 23 April 2019

Genmuda – Sebagai makhluk yang punya akal, manusia sering ngerasa jadi paling tau terutama sama cara kerja benda-benda di dunia. Sotoy. Padahal, ada banyak benda yang sering ditemui tapi jarang orang tau fungsinya.

Misalnya aja ujung tutup pulpen yang ada lobang kecilnya. Atau, kayak kancing-kancing ga makna yang ada di ujung-ujung jaitan celana jeans. Atau, misalnya hati kamu yang ada perasaan tapi ga pernah punya jodoh.

Oke, canda. Ga usah galau, karena Genmuda.com akhirnya berhasil menguak misteri yang dari benda-benda ‘misterius’ itu (hati kamu ga termasuk). So, pantengin aja penjelasannya di bawah ini.

1. Mau tau engga fungsinya lubang kecil di ujung tutup pulpen?

via YouTube.com
(Sumber: YouTube.com)

Ada yang bilang kalo ujung tutup pulpen dilobangin supaya bolpennya engga cepet kering. Engga logis sih. (Kan, kalo kena angin justru makin cepet kering) Tapi ada yang bilang kalo hal ini bisa buat menjaga tekanan pulpen sehingga tintanya engga bocor.

Kedengerannya ilmiah emang, tapi aslinya bukan kayak gitu. Lubang kecilnya berguna buat mencegah anak kecil tersedak atau tertelan. Kalo pun engga sengaja ketelan, saluran pernapasan si anak masih tetap berfungsi. Tapi serem juga ngebayanginnya.

2. Lubang kecil di jendela pesawat buat apa ya?

via getty images
(Sumber: getty images)

Itu sama sekali bukan cacat produksi, kok. Setiap jendela pesawat ada lobang kecil yang berfungsi menyeimbangkan tekanan udara di dalam dan luar pesawat waktu lagi lepas landas atau mendarat.

Tujuan lainnya juga membuat jendela pesawat engga berembun sewaktu ada perbedaan ekstrim suhu di dalam dan luar pesawat. Tapi tenang, jendela pesawat kan dibuat lapis dua dan lubangnya ada di bagian dalam, jadi engga bahaya kok.

3. Kantong kecil di dalam kantong celana jeans pasti buat nyimpen kunci!

via buzzfeed.com
(Sumber: buzzfeed.com)

Ya, bisa buat nyimpen kunci sih kantong kecilnya. Tapi ada sejarah di balik kantong itu. Di Amerika Serikat abad 19, jeans merupakan celananya para pekerja tambang. Kantong kecil itu dibuat supaya para pekerja bisa dengan aman nyimpen cincin, jam, atau perhiasan mereka.

4. Terus, kalo kancing-kancing engga jelas di ujung jaitan Jeans fungsinya apa?

via buzzfeed.com
(Sumber: buzzfeed.com)

Ini ada hubungannya juga sama sejarah celana Jeans. Berhubung kerja di pertambangan tuh berat, otomatis celana jeans sering sobek di tempat tertentu. Oleh sebab itu kancing tersebut berfungsi sebagai penahan jeans supaya engga gampang sobek.

5. Tanda panah di penunjuk bahan bakar

via buzzfeed.com
(Sumber: buzzfeed.com)

Kamu yang pernah ngeliat dashboard mobil kemungkinan besar pernah ngeliat ada tanda panah di meteran bahan bakar. Panah itu nunjukin letak katup bensin kendaraan. Kalo panahnya nunjuk ke kanan, ya katupnya di kanan. Begitu juga sebaliknya. Jadi mendingan liat dulu dashboard mobil kamu sebelum isi bensin. Daripada salah, kan jadi malu. He-he.

6. Benjolan di charger laptop dan ponsel

via buzzfeed.com
(Sumber: buzzfeed.com)

Pasti suka liat dong benjolan antah-berantah di deket ujung charger laptop atau ponsel. Benjolan itu sama sekali bukan dinamo atau perangkat listrik yang ada hubungannya sama pengisian baterai. Melainkan untuk mencegah gangguan sinyal colokannya ditempatin deket barang elektronik.

Soalnya waktu ponsel kamu nerima telepon pernah engga monitor atau speaker di deketnya ngeluarin bunyi aneh? Nah, benjolan yang tadi kita omongin tuh fungsinya mencegah interupsi elektronik kayak gitu gaes. Kamu baru tau juga?

7. Benjolan di huruf F dan J pada keyboard

via buzzfeed.com
(Sumber: buzzfeed.com)

Mereka yang pernah belajar teorinya mengetik 10 jari pasti tau fungsi benjolan itu. Itu adalah penanda letak jari telunjuk seharusnya berada. Dengan benjolan itu, para juru ketik 10 jari bisa memposisikan jari-jari mereka di tombol yang benar tanpa perlu memalingkan muka dari monitor.

8. Lubang kecil di kamera belakang smartphone buat apan sih?

via buzzfeed.com
(Sumber: buzzfeed.com)

Gampang aja. Itu adalah speaker belakang ponsel kamu. Fungsinya buat nangkep suara dengan baik waktu ponselnya dipakai ngerekam gambar lewat kamera belakang.

9. Kenapa satu sisi penjepit rambut kenapa harus dibuat zig-zag?

via buzzfeed.com
(Sumber: buzzfeed.com)

Anak cewek biasanya masih ada aja yang kebalik menggunakan jepitan rambut bobby pin. Sisi yang zig-zag tuh harusnya berada menghadap kulit kepala. Yang lurus menghadap ke luar. Bagian lekuk-lekuk itu fungsinya sebagai penahan biar jepitannya engga geser. Hayo baru tau ya?

10. Sisi penghapus yang warna biru rumornya bisa menghapus tinta pulpen ya?

via buzzfeed.com
(Sumber: buzzfeed.com)

Emang bisa. Tapi, mediumnya harus tebal. Kalo sisi biru itu coba-coba dipakai buat ngapus pulpen di kertas biasa, bisa-bisa kertasnya ikut ilang alias robek. Kawan Muda engga percaya? Coba aja sendiri.

 

Sumber: Buzzfeed | (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.