Selasa, 22 Oktober 2019

Genmuda – Udah masuk musim panas nih! Biasanya para pendaki gunung akan mulai ngepak barang-barangnya ke dalam ransel, dan siap-siap buat naik gunung (kalo gunungnya udah buka ya). Tapi Kawan Muda udah pada tau belum cara packing ransel kamu?

Jangan anggap receh ya, soalnya ini persiapan penting sebelum kamu naik gunung, apa lagi kalo baru pertama kali. Emangnya kenapa sih Genmuda.com? Soalnya dengan packing tas dengan bener kamu engga bakal kerepotan buat bongkarnya dan tetep nyaman saat dipake. Terus barang apa aja yang mesti dibawa dan gimana cara packing-nya? Ini dia tipsnya!

Ini bagian-bagian dan ransel dan barang yang mesti ditaro di dalam ransel kamu.

1. Bagian paling bawah

Sebelum kamu naro semua barang sesuai susunanya, coba kamu tempatkan matras atau sleeping bag dengan cara melingkar di dalam carrier, setelah dilapisi trashbag. Kenapa engga ditaro di luar? Karena supaya kamu engga kesulitan kalo harus melewati jalur pendakian yang sempeit.

Selanjutnya tempatin semua bahan yang besar, empuk dan ringan. Tempat ini juga khusus menyimpan barang yang dipakenya nanti-nanti aja, alias engga terlalu penting buat digunain pas tracking. Misalnya aja pakaian ganti, handuk, atau bantal (kalo emang bawa).

2. Bagian tengah belakang

Bagian tengah ini buat barang-barang yang lumayan berat. Alasannya untuk menyeimbangkan kekuatan kamu saat berjalan. Ditaronya pun jangan di bagian depan, tapi belakang ya. Karena kalo barang berat ditaro di depan, yang ada nanti kamu akan ketarik kebelakang.

Nah, yang pertama ditaro setelah semua peralatan di paling bawah tadi adalah tenda dan flysheet. Tenda dan flysheet-nya aja ya, jangan sama frame dan pasaknya, –karena kedua barang itu akan ditaro di luar nanti. Kalo udah tingga tata aja peralatan logistik kayak cooking set, makanan, air minum, dan gas kaleng.

3. Bagian tengah depan

Bagian tengah depan ini fungsinya buat naro barang-barang yang lebih ringan, tapi lumayan penting. Kayak yang udah dijelasin di atas, benda yang ringan didepan ini emang engga ngeberatin kamu saat pendakian.

Yang harus ditaro di bagian tengah depan sini yaitu peralatan pribadi kayak handuk kecil, tas lipat, buff, sarung tangan, gaiter, lampu tenda, peralatan makan, hingga sendal gunung.

4. Bagian atas

Benda-benda yang paling penting dan paling dibutuhin di perjalanan harus taro di paling atas dari ransel ini. Karena kalo sewaktu-waktu dibutuhkan kamu bisa langsung ambil tanpa perlu ngacak-ngacak benda lain.

Yang wajib ditaro di bagian ini adalah kotak P3K, headlamp atau lampu penunjuk yang biasa dipake di kepala, handphone, power bank, dan jas hujan. Siapa tau tiba-tiba hujan, lebih baik sedia jas hujan kan. He-he.

5. Bagian luar ransel

Bagian luar ini meliputi bagian paling depan dan samping ransel, yaitu 2 kantong kiri dan kanan. Di bagian kantong kanan, kamu bisa taro frame tenda dan pasak,–terpisah dari tendanya di bagian paling bawah. Di bagian kiri, kamu bisa taro gelas atau rain cover.

Gitu deh tips dari Genmuda.com buat Kawan Muda yang baru mulai untuk naik gunung. Jangan lupa, keamanan dan kenyamanan saat pendakian itu penting banget buat keselamatan kamu saat mau naik dan turun lagi dari gunung. Selamat mencoba! (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.