Jum'at, 17 November 2017
HiburanMusik

Ngejazz dulu, Yuk! Ini 13 Lagu Andalan yang Harus Kamu Request di JGTC 26 November Nanti

©Genmuda.com/2017 TIM©Genmuda.com/2017 TIM

Genmuda – Festival musik Jazz gak pernah henti-hentinya digelar di berbagai daerah di Indonesia. Berbagai acara yang udah dihelat sepanjang tahun di antaranya, Java Jazz Festival Maret, Ramadhan Jazz Fest Juni, juga Jazz Gunung Bromo Agustus lalu.

November ini, masih ada lagi beberapa acara Jazz yang patut dikunjungi, misalnya Ngayogjazz (18 November) dan pastinya Jazz Goes to Campus (JGTC) yang dihelat di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UI, 26 November mendatang.

Dari website JGTC, panitia udah bocorin 13 nama besar yang siap mentas. Biar tetep update sama mereka dan bisa nyanyi bareng, ini beberapa lagu hits yang biasanya dibawain para artis. Kalo gak dibawain, request aja karena lagu-lagu ini fix banget enaknya.

1. “A Deacon’s Summer” – Mondo Gascaro

Dengan efek, lantunan kibor, dan nada vokal kayak lagu-lagu ciptaan Shoji Meguro buat berbagai soundtrack game “Persona,” lagu dalam album “Rajakelana” ini bercerita soal orang yang kaget dengan efek kasmaran pada dirinya. Sebuah karya yang patut ditunggu bareng gebetan atau pacar.

2. “Last Message” – Sentimental Moods

Misalnya kamu dateng bareng pacar dan pengen berdansa romantis, maka nantikanlah lagu “Late Nite Dance.” Tapi, lagu “Last Message” kayaknya paling cocok karena hentakannya menggila. Gak perlu mempermasalahkan liriknya karena lagu-lagu band Jazz yang agak Ska ini instrumental, kok.

3. “Khayalan” – The Groove

Pendapat pribadi penulis, sih, tapi di antara lagu-lagu The Groove yang paling bikin nge-groove adalah lagu “Khayalan.” Meskipun demikian, lagu-lagu yang lain juga gak kalah asik. Misalnya, “Satu Mimpiku,” “Dahulu,” dan “Sepi.” Engga bakalan nyesel deh dengerinnya.

4. “Dekat di Hati” – RAN

Akuin aja, deh. Lagu tahun 2014 ini pasti masih kamu hapal dan ada di salah satu playlist andalan kamu sampe sekarang. Emang lagu penutup album “Hari Baru” inilah yang bikin nama RAN melambung tinggi banget pada tahun-tahun itu. Lagu lain yang harus direquest pastinya “Pandangan Pertama.”

5. “Sakura” – Fariz Rustam Munaf

“Sakura” atau “Barcelona.” Itu dua lagu hits Fariz RM yang harus direquest kepada beliau saat JGTC nanti. Tapi, “Sakura” jadi pilihan di sini karena liriknya berbahasa Indonesia. Lain dari lagu “Barcelona” yang ada Bahasa Spanyol di sana-sini.

6. “Kicir Kicir” – Sri Hanuraga Trio feat Dira Sugandi

Para jagoan Jazz yang tergabung dalam kelompok ini kemungkinan besar nyanyiin lagu-lagu nasional yang diaransemen ulang dengan irama Jazz. Requestlah lagu “Kicir Kicir” asal Betawi yang diubah sehingga terdengar berat banget nada-nadanya.

7. “Ultraviolet” – Remi Panossian Trio (RP3)

Pengen dengerin Dream Theater versi ngejazz banget? Maka, band Prancis ini yang harus kamu pantengin. Jangan lupa nantikan lagu “Ultraviolet” biar ngerasain sendiri kalo lagu yang nyeni banget tuh segini beratnya. Request aja biar gak nyesel.

8. “Magic Mushroom” – Tomorrow People Ensemble

Band yang masuk sesi Sounds From The Corner edisi 22 ini beranggotakan beberapa nama besar dalam dunia Jazz kekinian Indonesia. Misalnya, Nikita Domas sang gitaris. Album self titled mereka tahun 2015 berisi lagu-lagu gila yang mindblowing. Misalnya, “Magic Mushroom.”

9. “Pemuda” – Chaseiro

Kalo Chaseiro dalam daftar musisi undangan JGTC adalah Chaseiro yang merupakan band anak-anak UI tahun 1970-1980an, maka lagu “Pemuda” pasti yang harus direquest. Kamu pasti pernah denger lagunya. Kalo belum, gak usah khawatir. Lirik reffnya mudah dihapal banget, kok.

10. “I Don’t Care” – Rendy Pandugo

Album “The Journey” Rendy Pandugo sebenernya berisi kompilasi beragam aliran, mulai dari Folk, Pop, hingga Jazz. Di antara 11 lagu yang bikin ketagihan itu, lagu “I Don’t Care” yang paling enak diikutin dan populer di berbagai platform streaming musik.

11. “Monokrom” – Tulus

Semua lagu Tulus pasti disukai. Tapi, sekarang saatnya mendengarkan lagu-lagu di album “Monokrom,” terutama hits “Monokrom” karena Gajah udah so 2014. Kalo gak lagu itu, ya lagu “Manusia Kuat” yang enak dan lirik tentang semangatnya dalem banget.

12. “Senang” – Maliq & D’Essentials

Genmuda.com yakin 1 juta persen kebanyakan pengunjung JGTC dateng demi Maliq. Namun demikian, plis banget jangan request lagu “Untitled” karena repertoire band kece ini bukan itu doang. Ada lagu “Bagaimana Kutahu” yang bikin sakit hati. Atau “Senang” yang asik banget.

13. “September” – Al McKay Earth, Wind & Fire

“Boogie Wonderland” dan “September” tuh dua musik andalan Earth, Wind & Fire yang bolak-balik dijadiin soundtrack film. Genmuda.com sih lebih suka “Boogie Wonderland” tapi kamu pasti lebih familiar sama “September.”

Namun demikian, daftar penampil JGTC nunjukin cuma Al McKay sang gitaris yang akan dateng. Semoga aja dua lagu itu beliau dibawain sehingga kita bisa berpesta bersama sambil nyanyi bareng. Amiiiiiinnnn! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.