Senin, 20 Mei 2019

Genmuda – Hidup udah susah, ternyata ada lagi nih yang bikin makin susah, Kawan Muda. Kelihatannya sih sederhana, tapi ternyata banyak yang engga bisa ngejawab.

Yang lagi Genmuda.com omongin di sini adalah sebuah soal matematika viral tentang buah-buahan yang udah bikin pusing banyak netizen (engga kalah musingin dari desas-desus pemblokiran Tumblr). Sebagian netizen pun menyebut soal asah otak tersebut sebagai ‘aljabar buah’.

Namun demikian, sampai sekarang masih belum diketahui dari mana sebenarnya soal tersebut berasal. Yang jelas, gambar soal itu udah berulang-ulang kali dibagiin sama para netizen di media sosial dari tahun lalu. Berasa kayak Jelangkung gitu deh(Baca: Datang engga dijemput, pulang engga diantar).

Lantas, kayak gimana sih soalnya? Well, siapin otak dan kalkulator, sempoa, kecrekan, atau apapun itu alat bantu yang mau kamu pakai, berikut ini adalah soalnya. Kamu ‘cuma’ perlu ngejawab berapa hasil dari kelapa ditambah apel ditambah pisang.

(Sumber: Facebook)

Gimana, Kawan Muda? Kelihatannya sih memang mudah dan jelas banget jawabannya. Tapi, bocoran dikit aja nih ya, banyak netizen ternyata ngasih jawaban yang beda-beda dan engga sedikit pula yang jawabannya salah alias engga tahu jawabannya.

(Sumber: Facebook/BuzzFeed)

Coba deh kamu amatin dan hitung ulang. Yang pasti, jawabannya bukan 16, kayak yang diyakinin sama sebagian besar netizen. Jawaban yang benarnya engga lain dan engga bukan adalah 14. Lah, tapi kok bisa-bisanya jawabannya 14? Gimana ceritanya tuh?

Ayo kita hitung bareng-bareng, Kawan Muda. Di baris pertama, ada 3 apel dengan total 30, yang artinya masing-masing apel bernilai 10. Selanjutnya di baris kedua, 1 apel ditambah 1 sisir pisang jumlahnya 18, jadi masing-masing pisang bernilai 4. Kemudian di baris ketiga, 1 sisir pisang dikurang 1 kelapa yang dibagi 2 hasilnya adalah 2.

(Sumber: Facebook/BuzzFeed)

Nah, ini dia bagian tricky-nya. Di baris terakhir ada ½ kelapa, 1 apel, dan 1 sisir pisang. Kalau kamu perhatiin baik-baik, jumlah kelapanya engga sama kayak di baris sebelumnya, sehingga kelapa tersebut cuma bernilai 1. Sebaliknya, jumlah pisangnya juga cuma 3 dan otomatis nilainya bukan 4.

So, kalau semuanya ditambahin, hasilnya tentu 1+10+3 = 14. It’s okay kalau kamu engga setuju dengan jawaban tersebut. Genmuda.com pun ngerasa kalau jawabannya itu seharusnya 14,5, soalnya pisang yang keempat kelihatan kayak agak ngintip sedikit di samping pisang yang ketiga (Oke, #abaikan). (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer