Minggu, 29 Maret 2020

Genmuda – Kawan Muda pastinya udah tau berita soal Dimas Kanjeng Taat Pribadi, si orang pinter yang dipercayai bisa menggandakan uang dan perhiasan, dong. Karena kabar aneh ini viral, netizen pun ngeluarin game Android yang ‘terinspirasi’ dari kasus penipuan tersebut.

Di Google Play Store, ada sejumlah game yang nge-bully soal Dimas Kanjeng. Misalnya aja game yang judulnya ‘Dimas Kanjeng Show,’ ‘Dimas Kanjeng Mantra,’ atau ‘Dimas Kanjeng Sedot Duit.’

Tapi, game ‘Dimas Kanjeng Gandakan Uang’ buatan developer DuwitTeko lah yang paling banyak di-download. Pada Senin (10/10), ada 691 orang yang download. Skornya pun paling tinggi, yaitu 4,2 bintang.

Gamenya bercandaan doang

via Google PlayStore
(Sumber: Google PlayStore)

Biarpun judulnya ‘Gandakan Uang,’ game ini engga ada hubungannya sama aliran sesat pikir ya. Soalnya Kawan Muda cuma jadi sosok Dimas Kanjeng yang lari-lari melewati halang-rintangan buat ngumpulin duit seratus ribu rupiah sebanyak-banyaknya.

Kamu yang pernah main ‘game dinosaurus’ di browser Google Chrome pastinya bakal ngerasa familiar sama game ini. Engga usah cerewet karena permainannya sama sekali engga sesuai sama judul. Kalo Genmuda.com sih ngeliatnya ini jadi cara para developer supaya aplikasi buatan mereka viral. Bisnis tcoy!

via reddit.com

Komentar kocak

Netizen yang udah download pun ngasih aneka ragam komentar. Bukan aplikasinya yang dikomentari, melainkan isu tentang Dimas Kanjeng itu sendiri. Mereka pada ngata-ngatain Dimas Kanjeng yang katanya bisa gandain harta benda pengikutnya.

Salah fokus dan emang OTT (out the topic), tapi namanya juga Indonesia komentarnya tetep seru dan kocak banget dibaca. Misalnya aja kayak akun bernama Handi Husen Senin (10/10) ngasih komentar “Game liar. Sangat liar. Sungguh ajaib. Saya install 1 game tetapi icon di home screen saya muncul 2.”

Ada lagi akun Menma Cwan yang ngasih komentar, “Mantap pokoknya. Bikin ketagihan. Duit, emas, istri, bahkan diri sendiri bisa berlipat-lipat ganda dengan jurus kagebunshin* no jutsu.” *Jurus menggandakan dirinya Naruto.

via Google PlayStore
(Sumber: Google PlayStore)

Mereka berdua ngasih skor tertinggi bintang lima buat game itu. Tapi, ada akun yang ngasih nilai 1 bintang. Meski begitu, komentar doi terasanya ngasih feedback positif dengan tetep ngekritik Dimas Kanjeng.

“Kembalikan kuota saya! Game macam apa ini, tidak ada manfaatnya sama sekali. (Saya kira), setelah didownload game ini bisa menggandakan uang. Dasar penipu :p” kata akun Rafly Naufaldy. Satu bintang yang doi kasih kayak jadi sandiwara doang biar orang tertarik baca komentarnya.

via PlayStore
(Sumber: Google PlayStore)

Eniwei, seperti itulah kasus Dimas Kanjeng Taat Pribadi si guru spiritual KW yang jadi inspirasi para developer game. Kawan Muda udah nyoba mainin gamenya? Tulis commentnya di bawah ini dong. Biar engga kalah nge-hype. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.