Rabu, 1 April 2020

Genmuda – Percaya atau engga, dalam satu sekolah pasti ada satu nama panggilan yang unik. Walau ada istilah “Apalah arti sebuah nama,” tapi kalo nama kamu sama kayak teman kamu atau pasaran di sekolah jelas itu jadi masalah.

Anehnya, ada beberapa nama yang ternyata juga ditemui di setiap geng di sekolah lainBerdasarkan pengalaman Genmuda.com, berikut ini nama-nama panggilan ‘pasaran’ yang sering ditemui di tiapgeng sekolah.

1. Bocil

via tenor.co

Pasti deh ada temen yang lebih pendek, kurus, dan kayak bocah. Nah, mereka nih yang biasanya jadi korban bully-‘becanda’ terus dipanggil bocil sama temen-temen seumur hidupnya. Mau bocil, ucil, atau acil, ending-nya harus ada kata ‘cil’, –yang berarti bocah kecil.

2. Ica

Nama-nama macam Riska, Siska, Clarisa, Jesika, Nisa, atau nama-nama lain yang menggunakan huruf ‘i’ diikuti ‘a’ di akhirnya biasanya dipanggil Ica. Katanya sih, mereka pengen dipanggil Ica biar lucu. Emang ngaruh gitu?

3. Mamat

Mamet AADC
(Sumber: YouTube)

Nasib yang menimpa siapapun bernama Rahmat atau Muhammad adalah dipanggil Mamat di geng. Ada juga yang nama panggilannya bergeser jadi ‘Mamet’ gara-gara film ‘Ada Apa dengan Cinta.’

4. Nana

Kasus serupa juga sama halnya buat pemilik nama berakhiran -Na. Mau itu Ratna, Cristina, Jana, atau Sukirna, mereka lebih gampang dipanggil dengan nama Nana. Niatnya sih emang gampang diucapin waktu jadi anak kecil. Eh, pas udah gede malah keterusan dipanggil Nana.

5. Kiki

Sementara yang namanya Rifky, Rizky, atau apapun yang berakhiran ‘ki’ pastinya engga bisa nolak kalo dipanggil Kiki. Nama ini berlaku universal buat cowok atau cewek. Engga percaya? Coba aja cari orang bernama Rizky di salah satu sekolah di Indonesia, pasti kemungkinan besar bakalan ada satu orang.

6. Koko

Umumnya Koko dipakai buat manggil laki-laki beretnis Tionghoa atau keliatan seperti etnis Tionghoa. Terkadang, panggilan ini juga dipakai waktu manggil orang yang kebanyakan main game online. Kalo kamu penasaran coba aja masuk ke toko-toko game atau komputer di Mangga Dua, pasti dipanggil, “Cari Apa Ko?” padahal kamu asli orang Batak. Bingung kan?

7. Cici

11-12 sama panggilan ‘Koko’, panggilan ini bisa dipakai buat manggil perempuan yang keliatan beretnis Tionghoa, bisa juga buat manggil orang yang namanya mengandung unsur ‘Ci.’ Misalnya, Cintami, Citra, atau ‘Cinta Engga Sama Gue?’ *fix garing.

9. Jamet

via tumblr.com

Dia hitam, logatnya medok Jawa, tapi kelakuannya ‘unik’ sama sekali engga mencerminkan budaya Jawa. Jangan heran kalo akhirnya doi dipanggil Jamet alias ‘Jawa Metal.’ Selera musiknya tapi belum tentu metal ya. Bisa aja Jazz atau kroncong.

Ada nama panggilan pasaran lain yang kamu tau? Jangan lupa tulis komentar kamu di bawah ini, ya. Nanti kita godain. He-he. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.