Sabtu, 28 Maret 2020

Genmuda – Kata orang, sejahat-jahatnya manusia, pasti bakal ada sisi baiknya juga. Sebaliknya buat yang baik, percaya engga percaya mereka pun bisa punya sisi jahat loh, Kawan Muda.

Sebagai teman, kamu pada dasarnya pasti engga pengen dicap jadi teman yang buruk, dalam hal apapun itu. Akan tetapi, engga bisa diungkiri kalo dengan begitu bukan berarti selama ini kamu sama sekali engga pernah ngelakuin sesuatu yang bikin kamu terlihat demikian di mata teman kamu.

Lah, kok bisa? Well, ya namanya juga manusia, Kawan Muda. Ada kalanya pasti bakal tergoda buat ngelakuin hal-hal yang engga semestinya. So, biar kamu tetap bisa jadi teman yang baik, berikut ini adalah 5 hal yang engga kamu sadari udah bikin kamu jadi teman yang buruk dan perlu kamu hindari:

1. Pura-pura engga marah

via tumblr.com

Sama kayak kentut yang ditahan bisa jadi penyakit, nahan amarah pun sebetulnya engga baik. Oleh karena itu, kalo teman kamu nanya kamu marah apa engga dan kamu emang punya sesuatu yang pengen kamu luapin, kasih tau aja hal itu ke doi. Lagi pula, biasanya teman kamu pasti juga bakal ngerasa kalo ada yang engga beres di antara kalian, jadi kamu mending jujur aja. Jangan nyimpan perasaan yang engga baik kalo itu akhirnya cuma bakal kamu ungkit-ungkit aja di kemudian hari.

2. Kzl kalo BFF kamu punya sahabat baru

Kamu boleh aja marah kalo pacar kamu punya pacar baru lagi pas masih berhubungan sama kamu. Tapi, hal yang sama engga bisa kamu terapin kalo teman kamu punya teman baru. Ingat, kamu engga punya hak buat posesif sama mereka. Yang penting di sini adalah kamu ngehargain hubungan mereka dan engga nuntut supaya kamu ikut dilibatin pula dalam hubungan tersebut.

3. Keseringan ingkar janji

via giphy.com

Ngebatalin rencana apalagi di menit-menit terakhir itu nyebelin banget tau engga. Ini sama aja kamu engga ngehargain teman kamu, hubungan kalian, dan waktu yang udah disediain teman kamu buat ketemu kamu. Kalo emang kamu ternyata ada rencana lain, ya seengganya jangan nunggu sampai waktu mepet baru kamu ngehubungin lagi teman kamu. Usahain buat engga ngingkarin janji atau ngebatalin sesuatu cuma gara-gara hal itu engga sesuai sama kamu. Kuncinya adalah kamu harus berkompromi.

4. Suka ngomongin di belakang orangnya

Sama kayak hubungan asmara, hubungan pertemanan pun engga bakal terus-terusan mulus. Meski begitu, engga peduli sebete apa kamu sama teman kamu atau bahkan kalo kamu ngomongin teman kamu itu ke teman kamu yang lainnya, tetap aja apa yang kamu lakuin ini bukan hal yang tepat. Ibarat kata Patricia Gunawan, kalo ada masalah tuh ya diomongin.

5. Kecenderungan selalu negatif

via awesomelyluvvie.com

Entah kamu ngeremehin pencapaian dan ambisi teman kamu, ngedorong doi buat ngelakuin hal yang engga benar, atau selalu ngelihat hal buruk dari sesuatu, itu semua engga bakal ngasih pengaruh positif buat hubungan kamu dan teman kamu. Bukan berarti orang yang pesimis atau sarkas engga bisa jadi teman yang baik, tapi intinya adalah kamu cuma perlu tahu kapan dan di mana kamu bisa ngungkapin pendapat kamu. Ngapain juga ngebahas hal yang bisa nimbulin masalah di saat lagi senang-senang? (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer