Rabu, 1 April 2020

Genmuda – Viralnya foto adu bodi mobil LCGC sama gerobak-motor roda tiga bikin netizen ngakak berjamaah setelah sebelumnya pada patah hati nasional bahkan dunia akhirat. Soalnya, bodi samping mobil itu sampai terkelupas karena keserempet gerobak motor.

Sejauh ini, merk “mobil murah” dan motornya belum diketahui pasti. Fotonya diunggah Oki Andrealasson ke FB, sekitar Rabu (13/7) dan langsung viral di kalangan pecinta otomotif, terutama pengguna mobil LCGC. Postingan itu juga langsung dibanjiri komentar becanda.

Kejadian yang keliatan lucu itu sebenernya wajar banget terjadi loh, gaes. Bukannya mau ngebela atau gimana. Tapi, salah satu petinggi divisi Marketing Product Planning PT Astra Daihatsu Motor, Priyo Wisaksono pernah bilang alasan bodi mobil sengaja dibuat gampang penyok kayak kaleng minuman ringan.

Jadi, apa alasannya?

via giphy.com

Kata Priyo, bodi mobil gampang ringsek itu merupakan fitur pedestrian protection. Karena gampang penyok, bodi mobil bisa nyerap benturan. Itu berguna banget supaya pejalan kaki gak terluka parah saat tabrakan terjadi (amit-amit).

Setiap mobil jaman sekarang harus banget memiliki teknologi itu kata Priyo. “Jadi, memang harus gampang penyok untuk tujuan keselamatan,” tuturnya. Dengan kata lain, semua mobil buatan pabrik tuh gampang penyok, bukan “mobil murah” doang.

Terus, penumpang mobilnya gampang celaka dong?

via kompas.com
(Sumber: kompas.com).

Meskipun bodi sengaja dibuat gampang rusak, penumpang mobil masih terlindungi rangka besi yang gak mudah rusak. Rangkanya terletak di balik bodi kaleng, lebih tepatnya di area bernama reinforcement zone.

Coba deh liat rangka warna kuning di pintu samping. Nah, itu adalah rangka tambahan yang berfungsi lindungi isi mobil dari guncangan parah saat tabrakan samping. Tapi, tetep aja nyawa penumpang bisa terancam kalo tabrakannya sama kereta api.

Lalu, kenapa bodi gerobak motornya gak penyok?

via quickmeme.com
(Sumber: quickmeme.com).

Alasannya, karena bodi motor gerobak itu kuat. Yaudah, oke. Jawabannya sama sekali gak memuaskan. Tapi, semua box atau bak kendaraan dagang, bisnis, dan niaga kan emang sengaja dibuat keras oleh perakitannya.

Kalo kamu emang pengen banget punya kendaraan dengan bodi keras, berarti kamu harus beli kendaraan dagang. Atau gak, beli metromini atau kopaja sekalian karena bodi mereka masih dibuat dari besi beton.

Apabila punya uang lebih, mungkin sebaiknya beli mobil klasik yang belum ada airbagnya karena bodi mobil itu keras banget. Intinya sih, kamu harus terus waspada kiri, kanan, depan, belakang, atas, bawah supaya tetep selamat saat bawa kendaraan. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.