Senin, 14 Oktober 2019

Genmuda – Mitos penyebab putus soal percintaan itu unik. Dilihat sekilas, gak masuk akal. Giliran diperhatiin lebih jeli, ternyata banyak yang mengalami peristiwa putus hubungan seperti kata mitosnya.

Percaya gak percaya, sih. Meski gak terjelaskan secara ilmiah, inilah mitos khas Indonesia soal gaya berpacaran yang bikin hubungan cepat berakhir sebelum waktunya.

1. Kasih pacar pakaian

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Di antara semua barang hadiah, pakaian disebut sebagai hadiah terlarang karena bikin hubungan cepat berakhir. Itu salah satu mitos paling populer di Indonesia. Ada yang menafsirkan mitos ini hanya berlaku untuk pemberian hadiah pakaian, tapi ada yang menafsirkannya lebih luas. Topi, atasan, bawahan, jam, dan sepatu termasuk.

2. Kasih parfum

via drparfume.com
(Sumber: drparfume.com)

Secara romantis, parfum diberikan supaya doi selalu beraroma menenangkan. Menurut mitos, memberi hadiah parfum ke doi sama aja berdoa supaya hubungan itu berjalan seperti efek parfum. Harum di awal lalu hilang tak berbekas di akhir. Tapi alasan paling masuk akal kenapa parfum bikin cepet putus, karena secara gak langsung pacar kamu jadi ngerasa bau badan.

3. Duduk di pelaminan sebelum waktunya

©Genmuda.com/2018 TIM
Salah satu dekorasi kue pernikahan dalam Indonesia International Wedding Festival, Sabtu (3/2). ©Genmuda.com/2018 TIM

Pemercaya mitos yakin kalo sepasang bukan suami-istri yang duduk di pelaminan orang lain sama aja kayak mendahului takdir. Belum sah kok sudah duduk di pelaminan? Karena Tuhan gak suka orang yang mendahului ketentuan-Nya, orang itu dibikin putus dari pacar.

4. Simpan foto pacar di dompet

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Penjelasannya gak ada, tapi orang-orang tua zaman dulu percaya kalo menyimpan foto pacar di dompet adalah penyebab putus nomor dua setelah memberikan kado baju.

5. Beraktivitas di depan pintu

(Sumber: Istimewa)

Kata kepercayaan masyarakat Jawa Barat, jodoh seseorang akan jauh bila dia duduk di depan pintu. Bila duduk di depan pintu bareng pacar, jodoh keduanya yang akan jauh.

6. Pacaran di candi

(Sumber: Youtube)

Candi adalah tempat melaksanakan kegiatan ritual dan religius, bukan tempat pacaran. Karena itu, ada mitos yang bilang bahwa hubungan gak bakalan bertahan lama bila pacaran di candi, terutama Candi Prambanan dan Candi Borobudur.

7. Pacaran di Tanah Lot Bali

via adventuresofagoodman.com
(Sumber: adventuresofagoodman.com)

Masyarakat sekitar percaya kalo Tanah Lot Bali dijaga ular suci. Konon, ular itu akan menyebabkan putus apabila tempat tinggalnya dikunjungi dua orang bukan suami-istri.

8. Double date

via kelascinta.com
(Sumber: kelascinta.com)

Kalo gak dua-duanya, salah satu pasangan dalam sebuah double-date pasti akan putus. Itulah sebabnya sebagian orang Indonesia merasa malas melakukannya. Kencan itu berdua, dong. Masa kencan berempat. Emang mau main gaple. *canda

9. Umbar kata cinta

via Istimewa
Sumber: Istimewa)

Apa yang terbersit di pikiran kamu saat ada orang umbar kata cinta di depan umum atau di medsos? Pasti kamu mikir, “Halah, nanti juga putus. Gak jadi nikah.”

10. Menulis nama pacar di pembukaan skripsi

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Kalo gak ditulis, disangka gak cinta. Ditulis, takut menyesal karena sebagian nama-nama kekasih yang dicantumkan pada pembukaan skripsi hanya berakhir sebagai memori. Hiks.

Puk-puk-puk. Genmuda.com berdoa, kok, supaya kamu yang gak sengaja ngalakuin 10 mitos itu dijauhkan dari segala konsekuensinya. Amiin. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.