Selasa, 22 Oktober 2019

Genmuda – Minggu ketiga Ramadhan udah hampir berakhir nih, Kawan Muda. Kamu masih semangat engga buat ngejalanin aktivitas sambil puasa?

Ngejalanin puasa lebih dari 12 jam sehari selama sebulan penuh pada dasarnya emang engga mudah. Selain terhalang tamu bulanan bagi para cewek, ada pula halangan lainnya yang lebih umum, kayak misalnya sakit atau bahkan niat dan semangat puasa yang udah mulai kendor.

Nah, buat kamu yang puasanya udah mulai males-malesan, yuk kembaliin lagi semangat kamu supaya Lebaran kamu nanti jadi makin berkesan. Walau saat ini otak kamu mungkin udah lebih fokus ke THR, berikut ini adalah 5 hal yang bisa kamu lakuin supaya kamu tetap produktif di hari-hari terakhir puasa:

1. Makan sahur dan buka puasa yang baik

Mentang-mentang puasanya udah mau kelar, eh kamu makan sahur dan buka puasanya jadi sembarangan. Ingat, engga semua makanan baik buat kamu konsumsi saat sahur atau buka puasa loh ya. Kalo kamu kebanyakan makan gorengan atau makanan berminyak misalnya, kamu ujung-ujungnya bakal ngerasa lesu dan malas di sepanjang hari.

Singkatnya, pilih makanan yang kaya nutrisi dan bakal ngasih kamu energi, baik buat makan sahur maupun buka puasa. Saat sahur khususnya, kamu antara lain bisa makan oatmeal, buah-buahan, dan segelas susu. Sebaliknya buat buka puasa, pilih aja makanan yang ringan. Kalo nantinya kamu masih lapar, ya kamu tinggal makan lagi abis tarawih.

2. Lakuin kegiatan setelah sahur

Abis makan sahur, tentu kamu masih punya banyak energi buat digunain. Manfaatin energi kamu itu buat ngelakuin hal yang penting, entah itu ngecek email atau nyelesain kerjaan rumah. Tapi, kalo ternyata kamu yang masih pada kerja perlu tidur lagi sebelum ke kantor, setelah bangun kamu lakuin dulu aja hal-hal yang menurut kamu butuh banyak energi (sebaiknya sih bukan olahraga). Dengan begitu, kamu bakal lebih mudah buat nyelesain lebih banyak hal di sepanjang hari.

3. Bikin target harian buat hal-hal yang belum tercapai

Banyak di antara kamu mungkin kemarin-kemarin belum kesampaian buat baca Al-Quran secara rutin setiap malam selama bulan puasa. Mumpung masih ada waktu, yuk di hari-hari yang tersisa ini minimal kamu udah bisa nyicil baca Al-Quran. Kamu engga perlu kok maksain diri buat harus bisa hapal satu surat baru dalam sehari. Yang penting adalah dengan nyicil satu dua surat per hari, kamu bisa lebih termotivasi buat sampai ke tujuan itu atau bahkan sampe khatam Al-Quran.

4. Hindari kerja rodi

Sebagian dari kamu di bulan puasa ini mungkin masih beraktivitas layaknya kamu beraktivitas di hari-hari biasa. FYI, hal tersebut justru bisa bikin kamu makin lelah dan kurang produktif. Oleh karena itu, usahain buat tetap realistis dengan kondisi tubuh maupun ekspektasi kamu terkait apa yang bisa kamu selesain di sepanjang hari. Jangan kerja rodi seakan besok udah mau kiamat.

5. Iseng-iseng berhadiah

Jelang buka puasa, terkadang waktu rasanya jadi kayak ngelambat. Daripada kamu loyo mandangin jam dan gabut doang engga ada yang dikerjain, mending kamu gunain waktu kamu buat iseng-iseng lihat video-video lucu di YouTube atau Facebook, lihat resep masakan di internet, atau mainin game di hp. Tanpa kamu sadari, nanti tiba-tiba pasti udah buka puasa aja deh. Lumayan loh, kegiatan ini bisa sekalian buat nyegarin otak kamu lagi setelah seharian mikir. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer