Rabu, 23 Oktober 2019

Genmuda – Bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat buat kamu berburu pahala. Betapa istimewanya bulan Ramadhan sampe-sampe ibadah sunnahnya aja dihitung sampe 700 kali lipat.

Tapi sebagai cewek, kamu pasti gak luput sama hari dimana kamu gak suci dan gak bisa puasa saat lagi menstruasi. Meskipun lagi gak bisa menunaikan ibadah wajib, namun kamu tetep bisa dapet keberkahan Ramadhan dengan melakukan sunnah-sunnah dan kegiatan baik lainnya loh!

Baca shalawat nabi

Cara pertama yang paling gampang dan bisa dilakukan dimana aja kapan aja adalah shalawat. Ketika kita bershalawat ke Nabi Muhammad, maka jutaan malaikat akan ngedoain kita balik. Wah, bayangin dong rasanya didoain sama jutaan malaikat!

Dari sekian banyak manfaat, salah satu yang paling ngena manfaatnya adalah dihapuskannya 10 keburukan kamu, dan diangkatnya derajat kamu 10 kali lebih tinggi, kayak hadist yang diriwayatkan berikut ini.

Barang siapa yang bershalawat kepadaku satu kali, niscaya Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali dan dihapus darinya sepuluh kesalahan, diangkat baginya sepuluh derajat.“ (HR. An-Nasa’I no. 1296)”

Berdzikir kepada Allah

Berdzikir pun bisa dilakukan kapan aja dan dimana aja. Gak perlu pakai alat, kamu bisa pake tangan aja, dan baca Subhanallah, Alhamdulillah dan Allahu Akbar masing-masing 33 kali. Tambahin juga bacaan Laa ilaaha illallah sampe 100 kali. Meskipun kamu lagi dapet, baca dzikir tetep mesti jalan terus ya!

Banyak banget keutamaan dzikir, dan pahalanya dilipatgandakan dihari Ramadhan. Sesuai ayat Al-Quran surat Al-Ahzaab ayat 35:

“Laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.”

Cuma dzikir tapi dijanjiin ampunan dan pahala yang melimpah. Wah, mau!

Menjawab adzan

Ini penting, tapi sering kelewat dan banyak yang gak tau kalo ternyata menjawab adzan pun pahalanya sangat besar, apalagi dilakukan di bulan puasa. Salah satu janji Allah, kamu yang menjawab adzannya muadzin dari awal sampe akhir, bakal dijanjiin masuk surga.

Dengerin murrotal

Meskipun kamu gak bisa baca Al-Quran, tapi bukan berarti kamu sama sekali gak melakukan apa-apa ya. Ketika kamu mendekati orang yang lagi baca Quran, kamu aja dapet pahalanya loh, apalagi kalo kamu mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran, atau murotal. Selain dapet pahala yang gak kalah besar kayak kamu tadarusan, dengerin murotal juga ada manfaat dari segi kesehatannya loh.

Menurut sebuah penelitian, rajin ngedengerin murotaal ternyata bawa dampak baik buat kesehatan. Contohnya meningkatkan kemampuan konsentrasi, terapi ketegangan syaraf dan ketenangan jiwa, menambah kekebalan tubuh, dan manfaat-manfaat lain yang mesti kamu rasain sendiri.

Sodaqoh dan infaq

Udah tau dong kalo kamu banyak sedekah, kamu akan dapat ganjaran yang bahkan berkali-kali lipat dari apa yang kamu kasihkan? Nah, sesuai sama yang tertera di Al-Quran surat Al Hadid ayat 18 yang bunyinya:

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” 

Jadi jangan ragu lagi ya buat sedekah!

Menyiapkan makanan berbuka puasa

Kapan lagi kamu gak puasa tapi pahalanya sama seperti orang yang berpuasa tanpa dikurangi sedikitpun? Wah, ini sih enak banget. Syaratnya, kamu tingal menyiapkan makanan berbuka puasa buat orang-orang yang lagi puasa. Bisa dengan berjualan, atau bisa juga kamu nyiapin makanan berbuka buat orang-orang di rumah.

Ketika kamu menyiapkan makanan berbuka puasa dan mereka mendoakan kamu yang baik-baik, maka insyaallah loh doanya dikabul. Karena sesuai hadits riwayat Tirmidzi, ada tiga orang yang do’anya gak ditolak. Yang pertama adalah pemimpin yang adil. Kedua, orang yang berpuasa ketika dia berbuka, dan yang ketiga adalah do’a orang yang terdzolimi.

Tetep bangun sahur

Sama kayak pas nyiapin makanan untuk orang yang berbuka puasa, menyiapkan makanan untuk orang yang sahur juga jelas dapet pahala, karena perbuatan ini termasuk dalam kategori berbuat kebaikan. Selain itu, meskipun kamu gak sahur, kamu tetep bisa bangun sahur untuk mengejar keberkahan di sepertiga malam, tentunya di bulan Ramadhan. Kayak sabdanya Rasululllah SAW nih gengs,

“Makan sahurlah kalian. Sesungguhnya pada makan sahur tersebut terdapat keberkahan.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Mencari ilmu

via: Instagram
(Sumber: Istimewa)

Jangan biarin otak dan hati kamu kosong melompong gitu aja pas lagi gak bisa shalat dan baca Quran. Kamu bisa dapet pahala lewat cara lain, yaitu mencari ilmu. Udah jelas banget kan kalo Allah itu suka sama hambanya yang rajin menuntut ilmu, apalagi di bulan yang spesial yaitu bulan Ramadhan.

Kamu bisa baca buku-buku aqidah atau fikih yang bisa memperdalam pengetahuan kamu tentang ajaran Islam. Selain itu, kamu juga bisa ikut tausiyah atau kajian-kajian yang biasanya banyak diselenggarain sama mesjid-mesjid besar, dan khusus untuk cewek aja.

Mengingatkan kebaikan

Inget, surga itu terlalu luas buat ditempatin sama kamu seorang, maka gak ada salahnya kan buat ngajak orang lain berbuat baik juga dan bisa nemenin kamu di jannahnya Allah nanti. Caranya gampang, kamu tinggal ngingetiin temen, saudara atau keluarga kamu buat berbuat baik dan melakukan hal-hal yang wajib. Misalnya ngingetin mereka buat shalat di awal waktu pas habis adzan, atau ingetin ke mereka buat segera membatalkan puasanya. Gampang kan!

Baca Al-Ma’tsurat

via: Instagram
(Sumber: Istimewa)

Nah, selain berdzikir dan baca shalawat, hal lain yang bisa kamu lakuin ketika lagi gak bisa tadarusan adalah baca Al-Ma’tsurat. Doa-doa ini dibacakan di pagi dan sore hari aja, tepatnya bisa abis subuh, dan abis magrib. Ini adalah kumpulan doa-doa yang dibaca sama Rasulullah SAW.

Keutamaan baca ini? Wah jangan diraguin lagi. Dengan kamu baca ini di pagi hari, kamu bisa dapet perlindungan selama seharian itu, dan ketika dibaca di magrib, kamu dapet perlindungan dari magrib sampai pagi lagi.

Isi Al-Ma’tsurat ini banyak, gak cuma doa aja tapi juga ayat Quran, yang manfaatnya bisa mencukupi semua kebutuhan kamu di dunia dan juga diberikan nikmat sama Allah. Kamu juga pasti dapet keridhaan dari Allah dan juga pahala. Sedap gak tuh! (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.