Kamis, 18 Juli 2019

Genmuda – Mungkin kamu salah makan sahur. Mungkin juga kamu jajan sembarangan pas berbuka dan saat kamu Tarawih di Masjid. Apapun itu, diare sering dateng saat berpuasa sepajang Ramadhan.

Obat diare selalu bisa dibeli di warung dan jadi solusi gampang. Tapi, obatnya kadang terlalu kuat sehingga bikin perut malah susah buang air besar. Kadang, malah gak ada efeknya sama sekali.

Reaksi obat itu pasti bakalan lebih cepat apabila kamu juga lakuin teknik-teknik pengobatan diare di bawah ini. Jangan khawatir. Semuanya alami dan gampang kamu coba sendiri.

1. Pijat perut dengan botol air hangat

via lifehack.org
(Sumber: lifehack.org)

Coba deh berbaring telentang. Letakkan bantal di bawah lutut supaya kaki ada pada posisi santai. Perlahan-lahan, taruh botol air hangat di atas perut sambil mengguling-gulingkannya dengan lembut dari atas ke bawah. Pijatan itu bikin kamu rileks sehingga mengurangi rasa sakit perutnya.

2. Minum teh tanpa gula

Seduhan teh apapun punya efek nenangin pencernaan. Tapi, akan lebih baik campurin seduhan raspberry, mint, dan kayu manis ke dalam air teh. Dedaunan herbal itu punya efek mengurangi kejang pada pencenaan dan baik juga dikonsumsi setiap hari.

3. Menyeruput sup kaldu tulang

via riaubarometer.com
(Sumber: riaubarometer.com)

Sup kaldu yang terbuat dari tulang ayam atau sapi mengandung lelehan kolagen dan gelatin. Dua zat itu dibutuhin untuk memperbaiki sel yang rusak, termasuk sel-sel pada saluran pencernaan yang rusak karena sakit perut.

4. Konsumsi bakteri baik

Dari mana bakteri baik bisa diperoleh? Dari yoghurt, dong! Dari tempe juga ada. Dari kimchi juga bisa.

5. Minum sari lidah buaya

via Istimewa
(Sumber: Istimewa)

Sari lidah buaya tuh bagus banget buat melapisi usus biar gak diare terus menerus. Coba deh minum segelas sebelum makan buat membantu lancarin pencernaan.

6. Makan pisang dan apel

Meski gak menyembuhkan diare, paling enggak pisang dan apel gampang dicerna. Sehingga perut gak bakalan melilit kayak dipuntir-puntir. Soalnya, itu hal yang terjadi di perut saat mencerna makanan tertentu.

7. Kurangi susu, daging, lemak, dan gula

via kompas.com
(Sumber: kompas.com)

Nah, contoh makanan yang susah di cerna adalah susu, daging, lemak, dan gula. Kurangi itu semua, ya! Kalo butuh protein, kamu selalu bisa makan kacang-kacangan. Butuh lemak? Ada alpukat. Butuh pemanis? Ganti aja gula pasir dengan madu.

Nah, semoga sakit perut kamu cepat selesai dan kamu gak bolak-balik ke kamar mandi terus. Selamat mencoba, gaes! (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.