Jum'at, 22 Februari 2019

Genmuda – Baru aja ada berita pernikahan anak umur 16 tahun sama nenek umur 71 tahun, eh media sosial digegerin lagi sama berita pasangan yang melangsungkan pernikahannya di umur 14 tahun. Keduanya 14 tahun loh gengs!

Jelas aja ini bikin netizen kaget, soalnya keduanya di nilai masih anak kecil banget buat ukuran orang yang udah siap menikah. Keduanya yang masih SMP mungkin cocoknya beli seragam baru sama rebutan bangku di hari pertama sekolah, eh tapi mereka malah menikah di hari liburan sekolah.

Emang siapa sih mereka?

via: giphy

Yang cowok namanya Awal Rahman dan istrinya adalah Awalia Mar’a. Keduanya beneran emang masih 14 tahun loh. Awal adalah warga asal Asayya, Borong Rappoa, Kecamatan Kindang atau sekitar 35 kilometer dari ibukota Bulukumba. Sedangkan Awalia adalah warga Patteneteang, Banyorang Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Bantaeng.

Keduanya melangsungkan pernikahan mereka di kediaman keluarga laki-laki di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Kamis 13 Juli kemarin. Pesta pernikahannya pun keliatan lumayan meriah, karena keduanya juga pake baju adat daerah sana yang cukup bagus.

Aduh, masih kecil kok udah nikah sih?

Eits, jangan salah. Meskipun keduanya masih berumur 14 tahun, Awal dan Awali ternyata udah pacaran sejak tahun 2015 loh. Berarti terhitung keduanya udah pacaran selama 2 tahun. Masih kecil bukannya sekolah kok malah pacaran sih? Langsung nikah lagi!

Keduanya emang mengaku kalo mereka sama sekali gak dijodohin sama orang tuanya, tapi melangsungkan pernikahan dini ini emang atas dasar suka sama suka. Kedua orang tuanya pun ternyata mendukung hubungan mereka ini loh!

“Sudah dua tahun pacaran memang dan suka sama suka jadi dikasih menikah, keduanya juga sudah direstui,” kata salah satu temannya, Kartini ke Tribun Bulukumba.

Bahkan, orang tua pengantin laki-laki ngasih uang panai, atau uang mahar ke si cewek sebanyak 30 juta. Gak cuma itu aja, mereka juga ngasih 400 liter beras, 2 ekor kuda dan 1 kerbau untuk dimasak sebagai makan untuk para tamu undangan.

Tapi, pernikahan mereka gak sah…

via: Tumblr

Jelas gak sah sih, soalnya mereka jelas juga melanggar UU Pernikahan yang udah berlaku di Indonesia. Keduanya juga gak mendaftarkkan pernikahan mereka di Kantor Urusan Agama (KUA), baik KUA di tempat tinggal si cowok, maupun KUA di tempat tinggal si cewek. Jadi untuk secara hukum, pernikahan keduanya gak diakui negara.

“Secara hukum positif Indonesia, pernikahan ini tidak sah karena tidak dicatat petugas KUA. Apabila diajukan ke KUA juga akan ditolak karena belum cukup umur. Mereka berdua menikah secara siri dan tidak punya surat nikah,” kata Kepala KUA Kindang, Kaimuddin ke Detik.

Sebenernya gak boleh nikah di usia dini

Secara kesehatan dan psikologi, sebenernya pernikahan dini itu gak boleh dilakukan. Buat cewek sangat beresiko karena beresiko kena kanker serviks. Kasian juga ceweknya kalo hamil di usia muda, mungkin rahimnya belum siap buat mengandung.

Selain itu, buat keduanya juga gak baik secara psikologis. Kalo mereka menikah di umur yang muda banget, berarti mereka harus putus sekolah, dan keduanya pun belum bisa juga kerja untuk cari uang menghidupi keduanya. Risiko perceraian pun sangat tinggi kalo pernikahan dilakukan sama mereka yang masih berumur di bawah 20 tahun.

Di Undang-undang nomor 1 tahun 1974 tentang pernikahan, pernikahan itu harusnya dilangsungkan ketika cowok berusia 19 tahun, dan cewek berusia 16 tahun. Tapi, adat di Indonesia sendiri memperbolehkan pernikahan dini.

Jadi buat Kawan Muda yang umurnya masih di bawah 20 tahun tapi pengen nikah muda, coba dipikir-pikir lagi ya. Mending kamu sekolah dulu, cari jati diri kamu, dan gapai cita-cita kamu dulu gengs, baru deh nikah. (sds)

Comments

comments

Fiany Intan Vandini
The youngest reporter on the 2nd floor of Gen Muda Office.