Rabu, 23 Oktober 2019

Genmuda – Buat Kawan Muda yang masih duduk di bangku sekolah pasti udah gak sabar dong nunggu liburan akhir tahun? Ujian akhir semester udah selesai, deretan tujuan wisata udah di list Cuma tinggal nunggu hari H nya liburan, yuhuuuu.

Tapi beda nih ternyata sama Kawan Muda yang berstatus mahasiswa. Soalnya Ujian Akhir Semesternya baru akan dimulai. FYI nih gengs, ada beberapa kebiasaan atau fenomena yang bakal kalian temuin pas musim UAS di kampus. Mau tau apa aja? Cekidot.

Jajaran ‘kutu buku’ jadi nambah

via: Google
(Sumber: Istimewa)

Kutu buku adalah julukan buat orang yang cinta sama jajaran buku, cintanya tuh ya semacem cinta kamu ke dia, eyyakkk. Rajin ke perpus, kartu perpusnya full saking rajin pinjem buku, dan doyan banget mojok pacaran sama tumpukan buku.

Kalo biasanya jumlah kutu buku cuma ada lima orang di satu kelas, pas musim UAS bisa jadi semua anak di kelas mendadak jadi kutu buku. Yang biasanya nongkrong di DPR (baca: bawah pohon rindang) sambil stalking mantan, tiba-tiba waktu istirahatnya jadi dipake buat baca buku di perpus. Wah emang deh yang namanya ujian itu bisa ngerubah orang ya, gengs!

Banyak mahasiswa diskusi

(Sumber: Istimewa)

Fenomena yang satu ini juga gak kalah seru nih. Kebiasaan nongkrong kalian sambil ngegosip ala kids jaman now pasti berkurang kan? Hobi bahas gosip terbaru dan terhangat bakal diganti sama ngegosipin materi yang kira-kira bakal keluar pas ujian.

Biasanya kalo lagi diskusi menjelang ujian, akan ada satu mahasiswa pinter yang dikerubingin sama mahasiswa lainnya buat jadi pemateri. Gak paham di kelas atau malah gak ngedengerin dosen saking asyiknya chat-an, bikin si mahasiswa pinter itu harus bagi waktunya buat ngajarin mereka, daebak.

Tukang fotocopy makin laris

Kalo kamu bilang, “bukannya gak musim ujian juga tukang fotokopi tetep laris ya?”

Nah, kalo hari biasa aja tukang fotokopi laris, pas musim ujian tukang fotokopi bakal jauh lebih laris. Why? Soalnya bagi para mahasiswa yang gak suka nyatet materi pas di kelas bakalan butuh banget nih sama tukang fotokopi.

Sebdlum hari H ujian, catetannya mahasiswa teladan yang lengkap kayak pasar Tanah Abang, bakal laku keras dipinjem sama temen-temennya. Kira-kira buat apa? Yups, catetan yang dipinjem tadi bakal dibawa ke tukang fotokopi dan diperbanyak buat jadi bahan kebetan belajar persiapan ujian. Bayangin deh kalo mahasiswa yang gak lengkap catetannya bisa sampe puluhan atau lebih, bakal bikin tukang fotokopi laris manis kan?

Agamis Dadakan

Nah, ini dia poin yang paling penting. Siapa sih yang gak mau dapet nilai bagus pas ujian? pasti semua mau dong? Fenomena dadakan pas musim ujian yang gak bakal kelupaan adalah mendadak jadi rajin ibadah.

Pinjem catetan temen yang pinter udah, sok ikut diskusi materi udah, fotokopi catetan dan beli buku juga udah. Nah, semua ritual yang udah dilakuin gak baka sempurna kalo gak ditambah sama doa gengs. Rajin ibadah dan doa, nurut sama ortu biar didoain jadi poin lebih menjelang ujian. Yah, semoga aja rajin ibadahnya bisa terus lanjut ya, gengs.

Setelah baca poin-poin kebiasaan di musim UAS, kira-kira kalo kamu termasuk yang ngejalanin ritual mana yah? Jawabannya tulis di komentar yah. (sds)

Comments

comments