Senin, 24 Februari 2020

Genmuda – Yang namanya lapar apapun alasannya memang sebaiknya engga ditahan-tahan, Kawan Muda. Namun demikian, engga berhenti-berhenti makan di sisi lain juga engga baik loh.

Gara-gara lapar mata, lapar perut biasanya jadi suka engga kekontrol. Ngelihat makanan ini mau, ngelihat makanan itu juga mau. Alhasil, saat udah mulai ngunyah , kamu akhirnya jadi kebelenger sendiri dan baru nyadar kalau kamu udah makan secara berlebihan.

Nah, kabar gembira buat kamu yang suka khilaf saat makan, sebenarnya masih ada sebuah trik sederhana yang bisa ngebantu kamu buat ngatasin masalah tersebut. Dengan kata lain, kamu udah engga perlu lagi tuh yang namanya harus ngebuka kancing celana gara-gara kebanyakan makan.

FYI, Brandon Nguyen, pendiri dari blog gaya hidup ChillPill udah ngebagiin sebuah tips berguna dalam sesi tanya jawab di Quora mengenai life hacks. Menurut doi, kalau kamu mau nyegah atau bahkan berhenti makan berlebihan, ada baiknya kamu coba makan pakai tangan kamu yang engga dominan.

Satu cara sederhana untuk makan secara lebih hati-hati dan lebih lambat adalah dengan memaksa diri Anda untuk makan dengan tangan Anda yang tidak dominan. Mungkin terlalu berlebihan untuk melakukannya di setiap waktu makan, namun sebagai permulaan cobalah hal ini untuk makan malam karena di saat itulah kita cenderung makan paling banyak,” jelas Brandon.

Dengan kata lain, kalau kamu lebih sering makan pakai tangan kanan, sekali-sekali kamu sebaiknya coba makan pakai tangan kiri dan sebaliknya. Brandon pun nambahin bahwa cara tersebut terbilang efektif banget soalnya kamu bakal butuh lebih banyak waktu buat makan, sehingga perut kamu bakal ngasih tanda ke otak kamu kalau kamu udah kenyang.

Yang lebih menariknya lagi, para ahli ternyata juga ngedukung penjelasan Brandon. Susan Hepburn, seorang psikoterapis yang berfokus pada pola makan sehat dan penurunan berat badan, misalnya, beliau ngungkapin bahwa hal tersebut udah dibuktiin dalam riset.

“Riset telah menunjukkan bahwa makan dengan tangan Anda yang tidak dominan bisa mengurangi jumlah yang Anda makan sampai sekitar 30%. Tindakan ini secara aktif mengacaukan pola makan Anda yang telah ditetapkan. Ini tidak hanya sulit, tapi ini juga membuat Anda memikirikan hal-hal seperti ‘Apakah saya lapar?” Jika jawabannya tidak, Anda akan berhenti makan,” papar Susan.

So, gimana nih, Kawan Muda? Kamu tertarik engga buat nyoba trik makan pakai tangan yang engga dominan itu? Atau jangan-jangan sekarang kamu udah mulai latihan makan dengan trik tersebut? Walau agak ribet, kalau diniatin pasti bisa kok, selamat mencoba! (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer