Selasa, 18 Juni 2019

Genmuda – Setelah sekian lama dinanti, Walt Disney Animation Studios akhirnya kembali ngehidupin kisah klasik dan legendaris karya Rudyard Kipling nih, Kawan Muda. Kisah itu pun engga lain dan engga bukan berjudul ‘The Jungle Book’.

‘The Jungle Book’ pada dasarnya berkisah tentang petualangan penuh aksi dari Mowgli, seorang anak yang tumbuh dan besar di tengah kawanan serigala. Dari kecil, doi udah banyak berinteraksi sama berbagai jenis binatang dan hutan bahkan benar-benar udah kayak rumahnya sendiri.

Nah, dengan kisah yang universal banget tentang gimana seorang anak tumbuh dewasa, ‘The Jungle Book’ tentu jadi tantangan tersendiri bagi sutradara Jon Favreau dan timnya buat nampilin sesuatu yang baru dan ngegugah penonton. Favreau pun berharap film garapannya itu bisa jadi ajang nostalgi(l)a sekaligus bisa dinikmati pula sama penonton generasi baru.

Kisah Mowgli yang dibesarkan oleh kawanan serigala dan tumbuh di hutan merupakan salah satu cerita klasik yang dekat di hati banyak orang. Saya yakin kembalinya ‘The Jungle Book ke layar lebar akan mengangkat memori masa lalu serta mengenalkan lagi kisah ini ke generasi baru anak-anak di seluruh dunia,” Ujar Jon Favreau.

Namun demikian, ngomongin ‘The Jungle Book’, belum afdol rasanya kalau belum ngebahas karakter-karakter beserta pemeran dan pengisi suaranya. Versi life-action/CGI-nya yang kini tayang di bioskop engga cuma ngenalin seorang aktor muda pendatang baru sebagai pemeran Mowgli, tapi juga sejumlah pengisi suara papan atas buat ngasih kehidupan ke para karakter binatang.

So, penasaran dan mau kenal lebih dalam sama karakter-karakter yang ada di ‘The Jungle Book’? Well, berikut ini adalah karakter utama dan beberapa karakter pendukung yang terlibat dalam ngeramein film yang tayang di Tanah Air sejak 8 April itu (waspada spoiler!):

Mowgli

Shere Khan hendak menerkam Mowgli (Sumber: YouTube)

Sebagai tokoh utama, Mowgli yang diperanin sama Neel Sethi merupakan seorang anak manusia yang dari bayi udah diurus sama kawanan serigala. Pas doi udah engga diterima di hutan lagi, doi akhirnya memulai perjalanan luar biasa buat nemuin jati dirinya sebagai anak manusia, dengan dipandu seekor macan kumbang Bagheera dan Baloo sang beruang yang berjiwa bebas.

Bagheera

Ben Kingsley dan Bagheera (Sumber: movies.disney.com.au)

Bagheera adalah seekor macan kumbang yang nyelamatin Mowgli pas ditinggalin di hutan selagi masih bayi. Hal tersebut nyiptain kedekatan tersendiri di antara dirinya dan Mowgli. Sebagai mentor, doi ngerasa bertugas buat ngebantu Mowgli supaya bisa ninggalin hutan dan ngebaur dengan kawanannya, yaitu kalangan manusia.

Bagheera adalah orang tua angkat Mowgli ini. Perannya dalam kehidupan Mowgli adalah untuk mendidik, melindungi dan membimbing,” kata Ben Kingsley, aktor penerima Academy Award yang jadi pengisi suara Bagheera.

Raksha

Lupita Nyong’o dan Raksha (Sumber: movies.disney.com.au)

Raksha adalah seekor induk serigala yang penuh kasih dan bersifat sangat ngelindungin. Doi peduli banget sama anak-anak serigalanya, engga terkecuali sama Mowgli yang udah doi adopsi sebagai anaknya sendiri sedari kecil.

Saya amat menyukai karakter ini. Dia adalah pelindung, ibu yang kekal.  Kata Raksha sendiri sebenarnya berarti perlindungan dalam bahasa Hindi,” kata pemenang Oscar Lupita Nyong’o, yang bertindak sebagai pengisi suara Raksha.

Akela

Giancarlo Esposito dan Akela (Sumber: movies.disney.com.au)

Akela adalah serigala jantan alfa yang kuat dan memikul tanggung jawab sebagai seorang ayah sekaligus kepala yang berusaha buat pertahanin ketertiban dan negakkin hukum rimba. Walau doi nyambut Mowgli sebagai salah satu dari kawanan serigalanya, doi tetap khawatir bahwa pas Mowgli tumbuh, hal tersebut bakal ngebahayain keselamatan mereka semua.

Akela adalah patriark sengit dari serigala. Dia tahu jika mereka tetap bersama-sama, mereka bisa bertahan hidup. Dia seorang pemimpin besar, seorang guru yang bijaksana. Saya bercita-cita untuk menjadi seperti dia,” kata Giancarlo Esposito, aktor pengisi suara Akela.

Shere Khan

Shere Khan dan Idris Elba (Sumber: movies.disney.com.au)

Misi harimau benggala ini adalah buat mastiin Mowgli dan manusia lainnya engga bakal nimbulin ancaman di masa depan. Jauh di lubuk hati, doi berusaha buat balas dendam atas perbuatan manusia terhadap dirinya dahulu,  dengan nyawa Mowgli sebagai harganya.

Shere Khan memerintah dengan memberikan rasa takut, terlebih ditambah dengan teknologi yang luar biasa dalam film ini, hingga aku harus bertanya kepada Jon [Favreau] apakah harimau itu nyata,” kata Idris Elba, aktor yang jadi pengisi suara Shere Khan.

Kaa

Scarlett Johansson dan Kaa (Sumber: movies.disney.com.au)

Kaa nemuin Mowgli pas bocah itu lagi tersesat sendirian di tengah hutan. Ular piton besar ini ngegunain suaranya yang menggoda dan tatapannya yang mampu ngehipnotis buat ngebawa Mowgli ke dalam belitannya yang mematikan.

Bagi saya, kesempatan untuk memainkan Kaa yang diusulkan oleh Jon [Favreau] begitu menarik. Ular dari film animasi adalah karakter laki-laki. Dia ramah, dan cenderu jenaka. Dalam film ini, Kaa menggoda dan menjebak Mowgli dengan cerita dan suaranya. Dia memberikan sekilas cerita mengenai masa lalu Mowgli dan hal tersebut sangat mendebarkan untuk menemukan kembali karakter ini dengan penampilan yang berbeda,” kata Scarlett Johansson, aktris pengisi suara Kaa.

Baloo

Mowgli dan Baloo (Sumber: screenrant.com)

Baloo adalah seekor beruang berjiwa bebas yang nemuin Mowgli setelah bocah itu terusir dari hutan. Baloo punya gaya yang terbilang unik dan doi pun ngajarin gaya hidupnya tersebut kepada sang anak manusia.

Saya hanya tidak bisa mengatakan tidak untuk bermain Baloo, terutama karena saya adalah seorang penggemar besar dari cerita aslinya. Kipling menulis banyak hal menakjubkan. Saya membaca buku itu ketika saya masih berusia sekitar 22 tahun dan saya selalu berpikir bahwa Kipling telah menulis hal yang luar biasa,” kata Bill Murray, aktor pengisi suara Baloo.

King Louie

King Louie dan Christopher Walken (Sumber: movies.disney.com.au)

King Louie adalah penguasa Bandar-log, sebuah koloni monyet yang liar dan licik. Orangutan raksasa ini pengen punya kekuatan tangguh lewat rahasia mematikan dari ‘Bunga Merah’ milik manusia. Doi mahir banget dalam berbicara dan doi berusaha keras buat bikin Mowgli ngasih ‘Bunga Merah’ ke doi. Aktor pemenang Oscar  Christopher Walken pun minjemin suara ikoniknya buat doi. (sds)

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer