Sabtu, 20 Juli 2019

Genmuda – Sebuah fenomena astronomi menarik bakal berlangsung malam ini nih, Kawan Muda. Yup, peristiwa supermoon bakal kembali berlangsung pada hari Senin (14/11) ini.

Supermoon biasanya terjadi saat bulan sedang dalam fase penuh atau mencapai fase purnama di titik terdekat dari bumi atau perigee. Hal itulah yang bikin supermoon terlihat kayak bulan raksasa yang lebih terang dari bulan yang biasanya. Bahkan, supermoon yang berlangsung hari ini terbilang unik, soalnya bakal jadi yang terdekat, terbesar, dan paling terang sejak tahun 1948.

Yang lebih menariknya lagi, fenomena supermoon serupa kayak supermoon 14 November ini ternyata baru bakal terjadi lagi pada 25 November 2034 loh, Kawan Muda. Tapi, kamu engga perlu khawatir, soalnya supermoon yang sekarang bisa dilihat dengan mata telanjang, asalkan engga ada awan gelap.

Bukan cuma itu, kita yang berada di Indonesia (engga peduli lagi di wilayah mana) juga beruntung banget, soalnya puncak perigee dan puncak purnama pada supermoon 14 November 2016 bakal berlangsung di malam hari saat bulan udah berada di atas horison. Lebih tepatnya, puncak perigee bakal berlangsung lebih dulu pukul 19.27 WIB, disusul puncak purnama pada pukul 20.52 WIB.

Namun demikian, terlepas dari berbagai fakta menarik tersebut, masih ada beberapa hal lainnya yang perlu kamu perhatiin kalo kamu mau ngelihat supermoon nanti malam, Kawan Muda. Walau terbilang receh, seengganya berbagai hal itu bisa kamu manfaatin buat seru-seruan. Berikut ini 5 di antaranya:

1. Dengerin lagu ‘Moondance’ atau ‘Talking to the Moon’

Biar suasananya makin ngedukung, mending kamu ngelihat supermoon sambil diiringin lagu ‘Moondance’ dari Jonathan Rhys Meyers (soundtrack ‘August Rush’). Apalagi kalo kamu ngelihatnya bareng pacar atau gebetan, dijamin suasananya bakal makin romantis. Sebaliknya buat kamu yang (sorry to say) jomblo, mending kamu dengerin ‘Talking to the Moon’-nya Bruno Mars aja. Siapa tau pas kamu ikutan nyanyi, eh bulannya benar-benar nyautin kamu dan nyebutin nama jodoh kamu.

2. Jangan ajak teman kamu yang suka ‘Twilight’ atau ‘GGS’

via photobucket.com

Bukannya gimana-gimana, tapi ini demi keamanan dan keselamatan kalian bersama juga, Kawan Muda. Engga lucu ‘kan kalo misalnya pas kamu lagi asyik nikmatin pemandangan indah supermoon, terus tiba-tiba teman kamu malah berlaga layaknya manusia serigala? Yang ada, abis itu kalian malah bakal diteriakin orang karena udah bikin keributan atau justru dikira engga waras.

3. Engga perlu melipir ke genteng rumah orang

Iya Genmuda.com tau kamu pengen ngelihat supermoon-nya secara lebih jelas, bahkan lebih jelas dari ngelihat kayak gimana sebetulnya perasaan gebetan kamu ke kamu. Tapi, bukan berarti kamu jadi kayak ninja yang ngelompatin genteng rumah tetangga kamu begitu aja. Udah mah main ngelompatin genteng, pakai acara pegangan ke antena segala lagi. Emangnya kamu mau ganti rugi kalo genteng atau antenanya rusak? Lagi pula, ‘kan tadi udah dibilang kalo supermoon bisa dilihat di seluruh Indonesia.

4. Pakai baju yang sewajarnya aja

via tumblr.com

Buat kamu yang terobsesi buat pergi ke bulan, ditahan dulu ya obsesinya. Supermoon malam ini emang terbilang fenomenal, tapi kamu engga perlu ngerayain hal itu dengan pakai baju yang fenomenal juga, kayak misalnya pakai baju astronot. Engga peduli kamu masih punya hubungan darah sama Neil Armstrong atau engga, yang jelas kamu engga perlu sampai segitunya. Emangnya kamu lagi mau pesta Halloween sampai niat pakai kostum segala?

5. Siapin kolor bekas atau cabe, bawang, dan lidi

Nah, ini dia nih hal receh yang engga kalah penting. Kayak yang Genmuda.com bilang di awal, kamu sebetulnya bisa ngelihat supermoon tanpa bantuan teleskop, asal langitnya engga ketutupan awal gelap. Dengan kata lain, kamu otomatis engga bisa ngelihat supermoon dengan jelas kalo langit lagi mendung atau malah sampai ujan. So, buat ngehindarin hal itu, mending sekarang kamu buru-buru lempar kolor bekas ke genteng atau ngeletakin cabe dan bawang yang udah ditancepin ke lidi ke setiap sisi rumah kamu. Selamat mencoba, Kawan Muda!

Comments

comments

Gabrielle Claresta
Eccentric daydreamer