Rabu, 20 Maret 2019

Genmuda – Seni membaca kepribadian dari tulisan tangan tetep jadi satu bidang kegiatan yang ditekuni meski makin banyak orang menulis dengan keyboard. Grafologi pun kini juga bisa dipakai dalam penyelidikan kepolisian.

“Sebanyak 5.000 ciri psikologis bisa ditemukan dengan membaca gaya tulisan seseorang,” tutur pakar grafologi Kathi McKnight, seperti dikutip businessinsider.co.id, 2015 lalu.

Ilmunya sendiri telah berkembang di ranah psikologi sejak 1870-an, dipelopori oleh Jean Michon dari Prancis. Emang gimana sih caranya? Ya kamu coba aja kuliah psikologi. Engga keterima waktu SBMPTN? Yaudah jangan sedih. *APAAN SIH.

Sekarang Genmuda.com kasih tau kamu ara membaca kepribadian secara sederhana aja dulu, siapa tau setelah baca ini kamu bisa jadiin bahan modus. Engga pakai lama, langsung sikat tjoy!

1. Ukuran huruf

via lifehack.org
(Sumber: lifehack.org)

Kalo tulisan tangan gebetan kamu hurufnya besar-besar itu nandain jika orang itu punya kepribadian ekstrovert. Doi senang berada di sekitar orang lain dan termotivasi setelah adanya interaksi. Sementara itu, yang tulisannya berhuruf kecil-kecil cenderung lebih introvert, fokus, dan sulit diganggu. Malah sampai terkesan suka nyuekin orang lain kalo udah sibuk sendiri.

2. Kemiringan

via lifehack.org
(Sumber: lifehack.org)

Tulisan miring kanan nandain seseorang punya emosi yang kuat. Doi ambil keputusan berdasarkan perasaan, terkesan sentimen, tapi sangat menghargai nilai pertemanan juga keluarga. Sedangkan yang tulisannya lurus boleh berbangga diri sebagai orang berlogika kuat. Emosi sama sekali engga mengganggu cara berpikir. Namun sayang, orangnya suka pragmatis, alias jago ambil kesempatan dalam kesempitan.

Sedangkan kalo tulisan gebetan kamu miring ke kiri, doi bisa dikatakan unik. Mereka suka kerja apapun, asalkan engga berhubungan sama orang. Misalnya aja, ngabisin waktu berjam-jam sendirian di depan komputer tanpa chating apa lagi ngobrol.

3. Kedalaman tulisan

via lifehack.org
(Sumber: lifehack.org)

Orang dengan emosi yang kuat juga ditandai dengan tulisannya yang ditekan. Hal kecil aja bisa dirasain dalem-dalem sama orang seperti ini. Pokoknya doi bisa baperan banget deh. Kebalikannya, mereka yang tulisannya tipis lebih bersifat masa bodo dan cepat mengatasi gejala emosinya, tapi sayangnya malah keliatan sebagai orang plin-plan.

4. Kerapatan samping

via businessinsider.co.id
(Sumber: businessinsider.co.id)

Kalo tulisan tangan gebetan kamu terlalu mepet atau malah nyambung itu nandain penulisnya adalah orang yang logis dan mampu mikirin solusi sesuai fakta yang ada. Sedangkan kalo doi lebih ngandelin intuisinya dalam mecari solusi udah pasti punya tulisan yang jarak hurufnya jarang-jarang. Mereka ini juga punya cara berpikir unik, gaes.

5. Kerapatan atas-bawah

via lifehack.org
(Sumber: lifehack.org)

Dalam MS Word, kerapatan atas-bawah disebutnya line spacing. Mereka yang tulisan baris atas dan bawahnya agak mepet cenderung susah mengatur waktu. Sementara yang jaraknya normal lebih pandai mengatur jadwalnya.

6. Kepala ‘L’ dan ‘T’ kecil

via businessinsider.co.id
(Sumber: businessinsider.co.id)

Ini masuk ke bagian yang agak tricky, karena butuh perhatiin detilnya menulis huruf ‘L’ dan ‘T’ kecil. Kalo bagian atas huruf ‘L’ nya ada ‘balon’ atau istilahnya ‘loop,’ mereka punya cita-cita tinggi. Sementara yang engga berbalon punya cita-cita realistis.

Nah, huruf ‘T’ berbalon engga nandain hal itu, gaes. Makin besar balonnya, semakin engga bisa juga doi terima kritikan. Sementara makin kecil balonnya, makin terkendali kepribadiannya. Gebetan kamu gitu engga?

7. Cara menulis huruf ‘Y’ kecil

via businessinsider.co.id
(Sumber: businessinsider.co.id)

Orang yang suka ngasih buntut panjang di huruf ‘Y’ kecilnya cenderung suka jalan-jalan. Kalo buntutnya pendek ya sebaliknya. Sementara itu, kalo buntutnya berbalon menandakan doi punya pertemanan luas. Begitu juga sebaliknya.

8. Menulis huruf ‘I’ kecil

via businessinsider.co.id
(Sumber: businessinsider.co.id)

Kalo gebetan kamu suka ngasih titik huruf “I” kecil dengan titik, doi bisa dibilang orang yang engga suka main-main dan detil. Tapi, ada juga yang mengganti titiknya dengan lingkaran kecil. Mereka itu yang punya jiwa kekanak-kanakan, kreatif, dan suka jadi yang menonjol.

9. Cara menulis ‘T’ kecil

via businessinsider.co.id
(Sumber: businessinsider.co.id)

Coretan di huruf ‘T’ kecil menandakan target cita-citanya, gaes. Makin tinggi doi menuliskan garis di hurufnya, makin tinggi pula cita-citanya.

Nah, itu dia sedikit cara membaca tulisan menurut berbagai studiTrik itu pun dipakai perusahaan buat mendeteksi kepribadian calon karyawannya, loh. Jadi, bagaimana kepribadian kamu? Tulis komentar di bawah ya, biar nanti kita godain. He-he. (sds)

Comments

comments

Charisma Rahmat Pamungkas
Penulis ala-ala, jurnalis muda, sekaligus content writer yang mengubah segelas susu cokelat hangat menjadi artikel.